Ini Tanda-Tanda Transmisi Mobil Bermasalah

0

OTONITY.com – Ciri Sistem Transmisi Mobil Terjadi Kerusakan. Ada banyak penyebab mengapa transmisi pada mobil bisa mengalami kerusakan, selain karena faktor kesalahan pengemudi dalam penggunaan, juga disebabkan karena sudah aus dan perlu diganti dengan yang baru tentunya. Apabila mengalami kerusakan tentu saja biaya untuk memperbaikinya tidak sedikit dan tidak boleh menggunakan part yang sembarangan karena bisa saja kinerjanya nanti tidak akan optimal dibandingkan dengan transmisi bawaan pabrik. Perlu diketahui bahwa transmisi merupakan penghantar tenaga yang dihasilkan mesin menuju ke roda, namun sebenarnya ada banyak sekali tanda-tanda untuk mengetahui secara dini mengenai kerusakan transmisi sehingga bisa diatasi dengan cepat sebelum transmisi tersebut semakin parah.

Yang pertama adalah dengan melihat lampu check engine, jika lampu pada indikator tersebut ada yang menyala itu berarti ada kesalahan pada kelistrikan atau transmisinya. Untuk mengatasi hal tersebut segera bawa ke bengkel guna mendapatkan pemeriksaan yang lebih jelas, sayangnya lampu check engine tersebut biasanya hanya terdapat pada mobil jenis terbaru saja sedangkan untuk model lama masih belum dilengkapi fitur tersebut sehingga sedikit mengalami kesulitan.

Yang berikutnya adalah pastikan transmisi tidak bergeser dari tempatnya, normalnya transmisi yang tidak mengalami masalah tentu tetap ada pada tempatnya apabila dilakukan pemindahan, akan tetapi jika terdapat masalah seperti itu biasanya transmisi kurang oli. Selain itu jika transmisi tidak merespon setelah anda pindahkan mungkin saja bagian kopling sudah mulai aus untuk tipe manual, sedangkan jika itu terjadi di mobil matik kemungkinan besar adalah karena kurang oli. Untuk mengatasinya cek keadaan oli transmisi lalu ganti dengan yang baru dan silahkan coba kembali.

Tanda-tanda kerusakan berikutnya adalah apabila terdengar suara aneh yang berasal dari transmisi sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke bengkel terdekat, biasanya banyak pemilik mobil mengabaikan gejala-gejala seperti itu sehingga apabila terus dibiarkan justru merusak beberapa bagian lain karena terdapat gesekan yang tidak stabil seperti di CVT joint maupun differential. Selain itu ada juga tanda-tanda lain seperti terdapat bau terbakar yang menyengat dan biasanya disebabkan oleh kopling mengalami overheat akibat bekerja terlalu keras. Sebaiknya periksa bagian oli kopling karena biasanya overheat akan mengurangi volume oli di dalamnya.

Berikutnya yaitu apabila anda sedang memacu kendaraan dengan kencang biasanya akan terdapat getaran-getaran yang timbul secara tiba-tiba, bisa jadi masalah tersebut terdapat pada transmisi yang sudah mulai tidak stabil. Jangan lupa selalu periksa bagian bawah mobil dan pastikan tidak ada rembesan oli, apabila terdapat oli yang menetes biasanya itu berasal dari bagian transmisi maupun minyak rem. Segera bawa ke bengkel untuk mengatasi hal tersebut dan setelah itu selalu lakukan perawatan secara berskala agar tidak mengalami kejadian serupa.

Tanda-tanda di atas hanyalah sebagian saja dan sebenarnya masih banyak lagi penyebab lain yang membuat transmisi mobil mengalami kerusakan. Apabila sudah merasakan atau mendapatkan ciri-ciri seperti di atas segera lakukan tindakan seperti langsung di bawa ke bengkel agar mendapatkan perbaikan secara tepat, alangkah baiknya pilih bengkel yang sudah memiliki nama atau bisa juga ke bengkel khusus sesuai brand kendaraan anda. Meskipun biayanya terkadang sedikit lebih mahal namun tindakan yang diberikan dapat dipertanggung jawabkan dibandingkan dengan bengkel-bengkel biasa dengan menawarkan biaya murah akan tetapi tidak memberikan garansi sehingga apabila kembali terdapat masalah tentu saja konsumen yang diragukan karena harus mengeluarkan biaya lagi untuk memperbaikinya.

akibat oli transmisi kurang, ciri transmisi matic bermasalah, ciri ciri persneling mobil rusak, cara mengetahui kerusakan pada transmisi manual, ciri mobil matic bermasalah, ciri ciri transmisi mobil rusak, ciri oli transmisi harus ganti, ciri-ciri oli matic harus diganti, akibat oli transmisi habis, ciri ciri transmisi rusak

SHARE
Previous articleNissan Indonesia Sabet 4 Penghargaan Sekaligus di Otomotif Award 2015
Next articleIni Kebiasaan Buruk Wanita Saat Mengendarai Motor
Sudah memiliki hobi menulis dari SD, tembok kamar dan tembok tetangga pun sudah pernah jadi sasaran. Sekarang lebih baik mengetik saja tidak perlu tipe-X dan sudah pasti bisa dibaca! Keep Riderhood!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY