Home Mobil Cara Mudah Merawat Mobil Pribadi

Cara Mudah Merawat Mobil Pribadi

1356
0

OTONITY.com – Cara Merawat Mobil Yang Baik. Sebenarnya sangat mudah sekali merawat kondisi mobil pribadi tanpa harus membawa ke bengkel, kendaraan roda empat memang memiliki komponen lebih banyak dan mempunyai dimensi lebih besar dibandingkan dengan sepeda motor, inilah yang kemudian membuat pemilik mobil malas untuk merawatnya sendiri dan memilih membawanya ke bengkel atau membiarkannya terlebih dulu. Padahal apabila tahu cara merawat sendiri tentu saja akan menekan biaya pengeluaran sekaligus membuat mobil anda semakin terjaga kualitasnya baik secara mesin, eksterior, interior maupun fitur-fitur di dalamnya.

Hal penting pertama yang harus dan selalu wajib dilakukan oleh pemilik mobil adalah melakukan pengecekan berkala pada bagian oli, jika mobil sering sekali digunakan sebaiknya segera lakukan penggantian dengan oli baru tepat waktu agar kondisi mesin tetap bagus, gunakan pelumas yang sesuai dengan kendaraan anda dan memiliki kualitas bagus supaya tidak merusak komponen di dalam dapur pacu. Selain itu periksa pula bagian filter udara dan apabila memang sudah kotor alangkah baiknya ganti dengan yang baru. Satu bagian lain yaitu busi juga harus dicek karena part yang satu ini sering sekali mengalami aus dan akibatnya mengganggu pengapian.

Untuk memberikan kinerja mesin yang lebih optimal lakukan pengurasan pada radiator mobil dan ganti dengan coolant yang baru dengan perbandingan 50:50 dengan air, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya karatan dan korosi di dalam radiator. Dan supaya pergerakan mobil anda tetap halus jangan lupa ganti oli transmisi setidaknya setiap tiga bulan sekali atau tergantung pemakaian dan tanda-tanda kerusakan pada transmisi, apabila memang sudah merasa berat dan seret itu berarti oli pada transmisi sudah dalam keadaan yang kotor atau berkurang, pakai oli transmisi sesuai dengan buku panduan kendaraan supaya tidak mengurangi kinerja transmisi tersebut.

Cara Mencuci Mobil Sendiri

Untuk merawat bagian eksterior sebenarnya tidak perlu dibawa ke tukang cuci karena bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan peralatan yang mudah didapatkan, misalnya saja sampo khusus mencuci mobil, sikat halus, kain bersih & halus, kaneboo dan tentu saja air mengalir dari selang. Jangan lupa sebelum anda menyiram air sebaiknya singkirkan terlebih dulu kotoran yang terdapat di atasnya dengan menggunakan kemoceng, setelah itu baru disiram dengan air hingga menyeluruh lalu gunakan sampo untuk mencuci memakai busa atau kain lembut. Jika sudah segera bilas kembali dan keringkan memakai kanebo supaya bercak air tidak membekas setelah mengering.

Untuk merawat eksterior mobil agar tetap terlihat bersih dan mengkilap sebaiknya hindari parkir di tempat yang terkena sinar matahari langsung, ada banyak masalah apabila anda terlalu sering menaruh mobil di tempat panas dan lapang misalnya saja cat mobil cepat memudar, lalu bagian karet pada wiper depan menjadi mengeras sehingga apabila digunakan dapat merusak kaca. Selain itu apabila di dalam interior mobil anda memakai jok berbahan kulit akan timbul pecah-pecah dan mengurangi tingkat elastisitas akibat terlalu lama terkena sinar matahari. Jika ingin meninggalkan mobil dalam waktu yang lama di tempat umum sebaiknya parkir di gedung seperti mall.

Baca juga: Penyebab Mobil Berbunyi Pada Saat belok

Jangan lupa setiap ingin digunakan periksa pada bagian kaki-kaki terutama ban apakah tekanan angin sudah tepat atau masih kurang, selain itu cek juga kondisi permukaan ban dan apabila sudah mulai menipis sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Jika ban sudah mulai gundul sebaiknya jangan memaksa untuk tetap digunakan karena sangat berbahaya sekali bagi anda dan juga pengendara lainnya. Pilih ban baru sesuai dengan kondisi lingkungan anda karena setiap jenis ban memiliki fungsi yang berbeda-beda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here