Home Aksesoris Kelebihan-Kelebihan Velg Alloy Mobil

Kelebihan-Kelebihan Velg Alloy Mobil

2897
0

OTONITY.com – Keunggulan Velg Mobil Alloy. Dalam beberapa tahun terakhir velg alloy menjadi semakin terkenal dan mulai banyak digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru. Bahkan saat ini sudah banyak pabrikan yang menciptakan velg alloy khusus untuk mereka pecinta modifikasi. Padahal sebelum velg jenis ini beredar di pasaran pabrikan otomotif banyak yang memakai velg jenis kaleng guna menekan biaya agar semakin murah. Secara kualitas tentu velg alloy jauh lebih unggul berkat kombinasi dua elemen menjadi satu yang terkenal tahan terhadap benturan dan juga sangat ringan sekali sehingga membuat kendaraan menjadi lebih mudah dalam berakselerasi.

Sebenarnya bahan alloy ini merupakan campuran dari besi dan alumium yang kini tidak hanya digunakan pada velg saja namun juga sudah mulai merambah hingga ke perangkat lain seperti casing pada smartphone dan beberapa benda lainnya. Selain kuat masih banyak lagi kelebihan-kelebihan dari velg alloy tersebut, seperti yang dikutip dari Top Cars Pick pada hari Selasa (28/4) setidaknya ada empat keunggulan dari velg alloy ini sehingga menarik perhatian banyak pecinta otomotif untuk memakai velg jenis tersebut.

1. Kelebihan pertama tentu saja adalah memiliki bobot yang sangat ringan pada unsprung, dengan demikian mobil dapat bermanuver dengan baik di aspal jalanan dan sekaligus memperbaiki traksi atau gaya gesek maksimal yang dihasilkan sehingga mobil pun mampu dikendalikan dengan mudah. Selain itu suspensi kendaraan yang memakai velg alloy ini pun mampu bereaksi dengan lebih cepat dibandingkan dengan velg kaleng.

2. Yang berikutnya adalah turut meringankan beban sparepart karena dengan memakai velg alloy maka kendaraan pun memiliki berat keseluruhan yang lebih ringan, hal tersebut secara tidak langsung juga mempengaruhi terhadap konsumsi bahan bakar, pengereman, cara berakselerasi dan juga kecepatan atau performa mobil itu sendiri.

3. Perlu anda ketahui velg alloy memiliki efektifitas yang jauh lebih baik dalam meredam panas saat melakukan pengereman dibandingkan dengan velg kaleng berkat unsur dan kandungan di dalamnya. Tentu saja hal tersebut membuat pengereman menjadi lebih baik dan mengurangi resiko kecelakaan di jalan akibat kegagalan rem. Jadi velg alloy ini membuat pengendara merasa lebih nyaman dan stabil ketika berada di kecepatan tinggi.

4. Kelebihan terakhir adalah velg alloy sangat cocok sekali digunakan pada kendaraan yang memakai ban lebar karena mampu mengurangi distorsi sudut camber dan dapat membuat respon setir menjadi lebih baik. Selain itu dengan memakai ban lebar juga dapat mengurangi rolling resistance yang tentu saja membuat tingkat efisiensi bahan bakar semakin baik.

Selain keempat kelebihan yang sudah diterangkan di atas sebenarnya masih banyak lagi keunggulan-keunggulan dari velg alloy ini, misalnya saja tidak mudah berkarat karena terbuat dari bahan dasar aluminium dan besi. Dengan demikian cara perawatannya pun juga menjadi lebih mudah meskipun mobil baru saja digunakan saat turun hujan. Kelebihan lainnya adalah memiliki bentuk yang lebih baik dan mempunyai banyak sekali varian sehingga calon konsumen pun bisa menentukan mana velg alloy yang sesuai dengan mobilnya.

Hanya saja velg alloy dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan velg kaleng mengingat kualitasnya pun juga berada di atasnya. Di Indonesia sendiri sudah banyak pabrikan dan yang menciptakan berbagai variasi velg alloy dengan harga mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Penggunaan velg mobil sebenarnya juga tergantung pada selera dari pemilik itu sendiri dan tidak sedikit pula yang masih percaya pada velg berbahan kaleng karena dibanderol dengan harga lebih murah, kekurangan dari velg ini adalah mudah sekali berkarat, lebih berat sehingga menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi semakin boros dan terakhir yaitu bentuknya sederhana dan memiliki pilihan lebih sedikit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here