Home Motor Penyebab Gas Sepeda Motor Nyangkut

Penyebab Gas Sepeda Motor Nyangkut

3286
0

OTONITY.com – Penyebab Tali Gas Motor Nyangkut. Bagi sebagian orang pasti pernah mengalami kejadian gas motor tersangkut ketika di tarik, tentu saja hal tersebut sangat berbahaya sekali apabila tidak segera diperbaiki karena ketika gas tersangkut pada kecepatan tinggi dan sulit untuk dikembalikan maka kecelakaan pun sangat sulit untuk dihindari. Bagi yang pernah mengalaminya pahami apa saja penyebab tuas gas tersangkut dan salah satunya adalah karena usia pakai motor sudah cukup tua namun jarang sekali dilakukan perawatan baik itu motor bebek, matik atau bahkan motor sport.

Andri Irwan selaku salah satu mekanik di bengkel Chemonk Modified menjelaskan semua jenis motor bisa saja mengalami kejadian seperti ini dan rata-rata adalah motor lawas. faktor penyebab tuas gas menyangkut adalah karena tali pada bagian gas terdapat kotoran atau bisa juga disebabkan karatan akibat terkena air. Untuk itu Andri menyarankan bagi pemilik kendaraan selalu merawat motornya secara rutin dan tidak hanya fokus pada bagian mesin saja namun juga pada tuas gas dan beberapa part lain yang letaknya berada di depan.

Untuk menangani permasalahan seperti ini sebaiknya bagi anda yang belum ahli jangan dilakukan sendiri karena justru akan memperparah keadaan, cukup bawa ke bengkel dan minta untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh, apabila tali pada gas juga sudah mengalami kerusakan sebaiknya ganti dengan yang baru karena sudah tidak dapat diperbaiki kembali. Sebenarnya cara membersihkan grip pada tuas gas motor cukup mudah jika anda memiliki alat yang lengkap, tinggal buka baut di bagian pengunci kanan pada setir lalu lepas grip secara perlahan kemudian bersihkan kotoran yang terdapat di dalamnya. Apabila sudah bersih jangan lupa oleskan sedikit pelumas lalu pasangkan kembali dengan posisi pas seperti semula.

Bagi pengguna motor yang pernah mengalami hal ini pada saat motor digunakan, sebaiknya jangan panik atau terburu-buru lompat dari kendaraan apabila mengalami kejadian gas tersangkut. Satu-satunya cara untuk bisa menghentikan adalah yaitu dengan mematikan mesin melalui kontak, setelah itu injak atau tekan kopling agar motor masih bisa tetap melaju dan gunakan rem secara perlahan untuk mengurangi kecepatan. Yang perlu anda ingat adalah segera menepi ke pinggir jalan agar tidak mengganggu pngendara lain dan menghindari terjadinya kecelakaan.

Khusus untuk motor matik yang tidak memiliki kopling apabila mengalami kejadian gas tersangkut segera matikan mesin dan mulai menepi, jangan lupa nyalakan sein agar pengendara di belakang melihat dan untuk mengurangi kecepatan tarik tuas rem secara perlahan baik depan maupun belakang.

Apabila lokasi bengkel masih jauh untuk melakukan perbaikan anda bisa mengantisipasinya dengan cara tempatkan gigi ke posisi normal lalu putar-putar grip dengan cepat agar tidak tersangkut lagi, jika sudah nyalakan mesin dan pastikan gas benar-benar normal. Setelah itu tarik gas secara perlahan dengan posisi gigi 1 atau 2 lalu bawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan penanganan dan perbaikan.

Bagi yang belum terlanjur mengalami hal serupa sebaiknya selalu rawat kendaraan anda secara berkala terutama setelah digunakan saat musim hujan, komponen yang terdapat pada tuas gas mudah sekali mengalami korosi atau berkarat karena terkena air. Untuk itu segera lap menggunakan kain kering setelah terkena hujan dan jangan lupa bersihkan pula sela-sela tuas gas untuk menghindari kotoran masuk kedalamnya. Itulah beberapa tips mudah untuk mengatasi dan memperbaiki gas motor yang menyangkut baik itu untuk motor matik, bebek atau motor sport.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here