Home Mazda Lampu Baru Mazda6 dan Mazda CX-5 2015, Terang Tapi Tak Silau?

Lampu Baru Mazda6 dan Mazda CX-5 2015, Terang Tapi Tak Silau?

1190
0

OTONITY.com – Mazda CX-5 dan Mazda6 2015 Dilengkapi Teknologi ALH. Dua mobil terbaru dari PT Mazda Motor Indonesia (MMI) yaitu New Mazda6 dan Mazda CX-5 kini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih dan mutakhir, salah satu yang paling banyak mendapatkan perhatian adalah fitur bernama Adaptive LED Headlamps (ALH). Teknologi tersebut mampu memberikan penerangan yang sangat baik serta menghasilkan pandangan semakin jelas ketika malam hari dan akan nampak seperti pandangan saat siang hari. Dengan demikian pengemudi pun menjadi lebih nyaman saat berkendara meskipun minim lampu penerangan jalan.

Secara teknologi memang sistem ALH jauh lebih sempurna dibandingkan dengan High Beam Control (HBC) yang sebelumnya disematkan pada Mazda6 model lama. Melalui video di youtube yang baru saja dirilis dengan durasi sekitar 2.57 menit nampak menampilkan berbagai kelebihan dari teknologi Adaptive LED Headlamps dan sekaligus menerangkan bagaimana fitur tersebut berfungsi di malam hari. Bisa dilihat pula bagaimana lampu bagian depan pada New Mazda6 mampu menghasilkan cahaya yang jauh lebih baik namun tidak membuat silau pengemudi mobil lainnya.

Setidaknya ada tiga komponen dari ALH yang diterangkan di video tersebut diantaranya adalah Fire High Beam, fitur ini mampu mendeteksi posisi kendaraan lain yang berada di depannya maupun dari arah berlawanan. Dengan didukung kamera yang terdapat di bagian kaca depan, lampu pada mobil terbaru Mazda ini mampu menyesuaikan diri sesuai dengan kebutuhan serta mematikan beberapa bagian dari lampu multi LED tersebut sehingga secara otomatis lampu jauh tidak akan membuat silau pengendara lain. Berbeda dengan mobil yang belum dilengkapi ALH, cahaya lampu jauhnya sangat mengganggu penglihatan pengendara di depannya.

Lampu Mazda6 dan Mazda CX-5 2015

Ada juga fitur Range Low beam yang mampu membuat LED aktif di kedua sisi mobil dengan jangkauan lebar sesuai kebutuhan serta menambah jarak penglihatan pengemudi ketika berada di tikungan saat malam hari. Dengan demikian fitur tersebut mampu membantu pengendara untuk mengetahui kendaraan lain yang berasal dari arah berlawanan. Dari kejauhan bisa melihat secara jelas seluruh bodi mobil, sedangkan apabila lampu LED tidak dilengkapi dengan ALH hanya nampak cahaya lampu kendaraan lain saja.

Bahkan ketika berkendara di kecepatan 50 km/jam teknologi ALH mampu memberikan cahaya dengan jangkauan yang jauh lebih luas, dalam video tersebut nampak mobil Mazda6 terbaru mampu melihat hewan yang berada di bahu jalan dengan sangat jelas meskipun masih berada di kejauhan, tentu saja membuat pengendara memiliki waktu cukup banyak untuk melakukan pengereman atau menghindari hewan tersebut. Sementara itu jika tidak dilengkapi ALH hewan tersebut hanya terlihat ketika jarak sudah sangat dekat atau kemungkinan besar sekitar 30 meter saja.

Yang terakhir yaitu fitur Highway Mode berfungsi membuat lampu lebih melebarkan jangkauan penglihatan bagi pengendara dan pada saat kecepatan tinggi mampu meningkatkan poros cahaya. Selain itu fitur ini membuat benda-benda di samping mobil Mazda menjadi terlihat sangat jelas. Tentu saja membuat pengemudi lebih siap apabila ada sesuatu yang muncul dari arah kanan maupun kiri kendaraan.

Cara kerja dari free high beam ini sendiri adalah mampu melakukan penyebaran cahaya sesuai dengan kebutuhan dan apabila ada kendaraan lain yang datang dari arah berlawanan cahaya tersebut mampu menimalisir cahaya silau bagi mobil di depannya. Sedangkan untuk range low beam lampu mampu memberikan cahaya yang sangat baik dan dengan jangkauan lebih jauh baik pada kecepatan rendah maupun saat kecepatan tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here