Home Jenis Mobil City Car City Car Terlaris Kuartal 1 Tahun 2015 di Indonesia

City Car Terlaris Kuartal 1 Tahun 2015 di Indonesia

2109
0

OTONITY.com – City Car Paling Laris di Januari-Maret 2015. Meskipun penjualannya tidak sebesar MPV namun segmen city car di tanah air terbilang cukup bagus berkat semakin ramainya model-model terbaru yang diluncurkan oleh para pabrikan. Biasanya mobil berjenis ini memiliki tampilan sederhana dengan mesin kecil dan tentu saja dibanderol cukup murah. Mobil kota ini juga dikenal sebagai kendaraan yang mampu dengan lincah untuk menembus kemacetan sehingga tidak mengherankan kalau permintaan pada kendaraan ini terus mengalami peningkatan. Sayangnya city car di tanah air hanya memiliki sedikit pilihan sehingga masyarakat pun hanya berkutat di merek-merek tertentu saja.

Di kuartal 1 tahun 2015 ini setidaknya ada lima model yang paling banyak diminati oleh masyarakat dan rata-rata memang buatan pabrikan Jepang, produk terlaris dalam tiga bulan awal kemarin adalah Honda Brio Satya versi rakitan lokal. Mobil mungil andalan PT Honda Prospect Motor (HPM) tersebut sudah terjual sebanyak 2.796 unit dan meraih hasil cukup memuaskan di pasar LCGC. Bahkan pada bulan Januari hingga Maret 2015 Honda Brio Satya sukses masuk daftar 10 besar mobil terlaris di Indonesia. Meskipun persaingan di segmen ini sangat ketat namun nyatanya Honda Brio Satya masih mampu memberikan konstribusi yang cukup baik bagi HPM.

Toyota Etios Valco 2014

Di urutan berikutnya ada city car PT Toyota Astra Motor (TAM) yaitu Toyota Etios, mobil dengan desain yang cukup elegan ini ternyata juga menuai hasil penjualan cukup positif selama kuartal pertama di tahun 2015. Meskipun tidak masuk dalam pasar LCGC namun Toyota Etios mampu memberikan kontribusi cukup bagus dengan mengandalkan 4 varian bagi calon konsumennya. Total selama tiga bulan awal kemarin Toyota Etios berhasil terjual hingga 2.392 unit, sayangnya angka tersebut masih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2014 silam. Toyota Etios sendiri sudah cukup lama tidak mengalami perubahan dan bisa dikatakan masih kalah dengan Toyota Agya di segmen hatchback yang kini masih merajai pasar LCGC.

Mitsubishi Mirage menyusul di urutan berikutnya, mobil mungil yang baru saja diluncurkan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors ini sebenarnya tampil lebih fresh dan elegan serta dibekali beberapa tambahan fitur baru yang siap memanjakan para penggunanya. Namun sayang hingga tiga bulan setelah diluncurkan mobil asal Jepang ini masih belum mampu menarik perhatian banyak pecinta otomotif tanah air. Di kuartal pertama tahun 2015 saja New Mitsubishi Mirage terjual sebanyak 1.933 unit saja, jadi bisa dikatakan masih jauh dari target yang telah ditetapkan oleh pihak PT KTB. Meskipun demikian pabrikan berlogo tiga berlian tersebut optimis pada bulan-bulan berikutnya mobil mungil andalannya tersebut mampu meraih sukses hingga akhir tahun 2015.

Di posisi ke empat ada Nissan march mesin 1.2 liter. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sepertinya juga belum mendapatkan hasil penjualan yang memuaskan dari salah satu city car andalannya tersebut. Salah satu alasannya adalah mobil ini didatangkan secara impor dari luar negeri sehingga harganya pun juga tergolong cukup tinggi untuk ukuran sebuah kendaraan kota di Indonesia. Apalagi harga dari Nissan March tergantung pada nilai tukar rupiah terhadap dolar yang saat ini terus mengalami penurunan hingga menyentuh angka Rp 12.900. Kelebihan dari city car dari NMI ini adalah memiliki tampilan sporty dengan didukung fitur-fitur keamanan maupun kenyamanan yang cukup lengkap.

Terakhir ada All New Daihatsu Sirion 2015 yang hanya terjual sebanyak 930 unit saja selama kuartal 1 ini, mobil berkapasitas 1.3 liter dengan pilihan transmisi manual dan otomatis ini sebenarnya merupakan kembaran dari Perodua Myvi yang ada di Malaysia baik secara fitur maupun desain karena memag Daihatsu Sirion terbaru yang ada di Indonesia ini didatangkan langsung dari negara tetangga tersebut. Perbedaannya hanya terdapat pada perubahan lambang saja, mobil mungil yang dibanderol cukup murah ini sudah dilengkapi dengan fitur keamanan seperti airbags sehingga membuat pengemudi maupun penumpang di bagian depan merasa lebih aman selama perjalanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here