Sunday, May 17th, 2015 - Motor, Oto Guide

OTONITY.com – Cara Memperbaiki Rem Motor Berbunyi. Rem pada sepeda motor adalah perangkat yang paling penting dan mempunyai peran sangat vital demi menjaga keselamatan dan keamanan selama berkendara. Biasanya rem bawaan pabrik sudah disesuaikan dengan kondisi jalan di negaranya dan juga disesuaikan dengan jenis motor tersebut sehingga sudah sesuai standar keamanan.

Hanya saja dengan semakin berjalannya waktu, rem tersebut bakal mengalami beberapa masalah dan yang paling sering timbul adalah terdapat suara berdecit dari sistem pengereman sehingga cukup mengganggu pendengaran dari pemilik maupun pengendara lain.

Banyak pemilik kendaraan tidak mengetahui penyebab dari timbulnya suara tersebut sehingga lebih memilih membiarkannya, padahal tanda suara berdecit pada rem merupakan hal yang cukup membahayakan dan harus segera dilakukan perbaikan. Menurut M. Abidin selaku GM Service dan Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan bunyi berdecit tersebut timbul karena adanya gesekan antara dua benda yang keras dengan licin. Kemungkinan besar suara pada rem tersebut disebabkan oleh kampas rem yang memang sudah aus sehingga perlu diganti dengan kampas baru.

Abidin menambahkan jika terus dibiarkan bukan tidak mungkin pelat logam pada rem tersebut akan terus terkikis dan akibatnya bisa menimbulkan panas berlebih pada pengereman sehingga bisa mengakibatkan kecelakaan. Untuk menghilangkan suara berdecit tersebut sebenarnya banyak sekali hal yang bisa dilakukan oleh pemilik. Menurut Abidin langkah yang paling tepat adalah lakukan pengecekan terlebih dulu apakah kampas masih dalam keadaan baik atau memang sudah aus, apabila masih tebal namun menimbulkan suara berdecit cukup dengan mengamplas atau melakukan pengikiran secara halus pada permukaan kampas sehingga permukaan menjadi lebih halus.

Penyebab Rem Motor Berdecit

Selain itu dengan dikikir maka membuat gigitan pada cakram juga lebih sempurna. Namun apabila kampas cakram memang sudah aus lebih baik untuk segera menggantinya dengan yang baru dan disarankan membeli part tersebut di dealer resmi bawaan pabrik karena selain terjamin kualitasnya juga bakal mendapatkan garansi. Tentu saja secara harga jauh lebih mahal dibandingkan dengan anda harus membeli komponen tidak orisinal di bengkel biasa dengan resiko mendapatkan barang tidak berkualitas serta memiliki umur pendek.

Khusus untuk rem tromol biasanya disebabkan oleh bagian dalam yang terdapat kotoran atau berkarat akibat terkena air hujan, untuk mengatasinya anda cukup membongkar tromol tersebut secara keseluruhan dan bersihkan menggunakan sikat kawat agar kotoran di sela-sela tromol bisa dihilangkan. Bisa juga dengan menggunakan bensin khusus untuk bagian tutup tromol, namun untuk kampas rem dan tromol inti sebaiknya jangan mencuci memakai bensin karena bisa cukup dilap menggunakan kain yang sudah diberi air maka kotoran pun sudah hilang seketika.

Baca juga: Cara Mengatasi Rem Motor Masuk Angin

Rem tromol sering sekali mengalami suara berdecit apalagi setelah digunakan pada saat musim hujan, sebenarnya hal tersebut cukup wajar karena biasanya terdapat kotoran yang tersangkut di roda sehingga membuat kinerja dari rem itu sendiri kurang sempurna. Sebaiknya segera cuci motor anda setelah terkena air hujan untuk menghindari masalah lebih parah, selain itu apabila tidak segera dilakukan penanganan maka bukan tidak mungkin kotoran tersebut akan semakin sulit dihilangkan dan akibatnya jika sudah rusak parah anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli part rem yang baru.

Tips Mudah Memperbaiki Rem Motor Yang Masuk Angin

Tips Mudah Membersihkan Master Rem Cakram Sepeda Motor

tips rem motor pakem 2014

3 Cara Upgrade Rem Motor Agar Lebih Pakem

Tips Menjaga Kondisi Rem Motor Agar Tidak Cepat Rusak

Sistem Pengereman ABS Pada Motor, Ini Kelemahannya!

Yamaha Jupiter MX 135 Harga, Fitur, Kelebihan Dan Kekurangan

Cara Mengurus Perpanjang SIM A, SIM C Dan SIM B

Yamaha MT-25 2017 Harga, Fitur Dan Kelebihan

Harga Moge Indian 2017 Di Indonesia Mulai Rp 400 – 800 Jutaan

Spesifikasi Mobil Porsche Macan Terbaru 2017 Indonesia