Home Mobil Ini Mobil Toyota Buatan Indonesia Yang Laris Terjual di Luar Negeri

Ini Mobil Toyota Buatan Indonesia Yang Laris Terjual di Luar Negeri

1340
0

OTONITY.com – 8 Mobil Buatan Toyota Indonesia Yang Diekspor. Meskipun penjualan dalam negeri sedang mengalami penyusutan namun ternyata Toyota Indonesia justru meraih hasil yang positif dalam urusan ekspor dan tercatat selama kuartal 1 tahun 2015 saja pihak PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah mengekspor mobil mereka sebanyak 44.000 ribu unit atau naik sekitar 30,3 persen dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2014 lalu. Setidaknya ada delapan varian yang dipasarkan oleh pihak TMMIN ke seluruh penjuru dunia seperti Asia Tenggara, Amerika Selatan, wilayah timur tengah, Afrika dan bahkan ada pula yang diekspor ke Jepang.

I Made Dana Tangkas selaku Director of Corporate and External Affair PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia menjelaskan jumlah ekspor kali ini memang lebih banyak dan ada dua model yang menjadi pendongkrak penjualan yaitu Toyota Vios dan Toyota Fortuner. Made menambahkan Toyota Vios dan juga Toyota Fortuner menjadi varian yang paling banyak digemari oleh konsumen di luar Indonesia. Terhitung sejak bulan Januari hingga Maret 2015 kemarin TMMIN berhasil mengekspor Toyota Fortuner sebanyak 13.763 unit atau menyumbang sebesar 31,1 persen.

Sekedar informasi di tahun 2014 silam pada bulan Januari hingga Maret Toyota Motor Manufacturing Indonesia mampu mengekspor sebanyak 33.800 unit saja, menurut I Made Dana meskipun saat ini kondisi perekonomian di dalam negeri masih belum membaik namun setidaknya selama kuartal pertama di tahun ini sudah membuktikan bahwa Toyota Indonesia mampu mendapatkan hasil yang positif dari ekspor. Made menambahkan pencapaian Toyota yang diraihnya saat ini membuat TMMIN berkontribusi sebesar 85 persen dari seluruh total nilai ekspor mobil asal Indonesia yang kini berada di angka 51.500.

Toyota Fortuner G 4X4 VNT Diesel 2014

Pihak Toyota Indonesia sendiri berharap untuk bulan-bulan berikutnya jumlah ekspor yang mereka lakukan bisa semakin banyak. Hal ini membuktikan bahwa mobil buatan Indonesia ini memiliki kualitas yang sudah standar internasional serta mempunyai SDM (sumber daya manusia) cukup bagus dan tidak kalah dibandingkan negara Asia lain seperti Jepang maupun Thailand. Made menjelaskan dalam beberapa tahun terakhir ini memang Toyota Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan ekspor.

Tidak hanya itu saja TMMIN juga sudah melakukan penambahan kapasitas produksi yang diharapkan turut menambah jumlah ekspor. Perlu anda ketahui TMMIN setidaknya sudah mengekspor sebanyak 8 model diantaranya adalah Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner, Toyota Yaris, Toyota Avanza, Toyota Agya, Toyota Vios dan Toyota Rush. Khusus untuk Toyota Agya sepertinya bakal terus melakukan ekspor yang cukup besar mengingat permintaan dari negara Filipina saat ini tergolong tinggi.

Mobil hatcback yang di Indonesia sendiri berada di segmen LCGC ini memang memiliki desain sporty dengan didukung ruang kabin nyaman dan disematkan pula berbagai fitur modern. Hanya saja untuk pasar Filipina tentu tidak sama dengan Toyota Agya versi Indonesia, pasalnya di negara tetangga tersebut menganut sistem kemudi kiri seperti di negara Eropa sehingga pihak TMMIN harus melakukan ubahan untuk dapat dijual di negara tersebut.

Sayangnya hasil positif yang diraih oleh Toyota untuk pasar ekspor ini tidak diikuti oleh penjualan dalam negeri, bisa dikatakan penjualan mobil Toyota di Indonesia pada tiga bulan awal tahun ini jauh lebih rendah dibandingkan periode sama tahun lalu. Selain karena nilai tukar rupiah terhadap dolar yang terus mengalami penurunan, juga disebabkan oleh sering berubahnya harga bahan bakar dalam negeri. Tentu saja secara otomatis membuat masyarakat merasa enggan untuk membeli mobil baru, namun dengan melihat bulan Maret kemarin yang mulai membaik bisa saja dalam bulan-bulan berikutnya penjualan mobil di tanah air bakal kembali normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here