Home Mobil Ini Cara Modifikasi Mobil Tanpa Gugurkan Garansi!

Ini Cara Modifikasi Mobil Tanpa Gugurkan Garansi!

2912
0

OTONITY.com – Tips Agar Garansi Tidak Hilang Saat Modifikasi Mobil. terlihat tampil beda banyak pemilik mobil melakukan berbagai cara untuk mengubah desain eksterior maupun interior kendaraannya tersebut. Namun sayangnya banyak pemilik tidak menghiraukan peraturan bahwa stelah melakukan berbagai modifikasi secara ekstrem garansi pun menjadi hangus sehingga secara otomatis juga bakal merugikan dirinya sendiri. Meskipun demikian sebenarnya ada beberapa tips bagi yang ingin melakukan modifikasi agar garansi tidak hilang.

Seperti yang dijelaskan oleh Widyawati Soedigdo selaku GM Corporate Planning and Public Relation PT Toyota Astra Motor (TAM) sebaiknya sebelum melakukan ubahan atau modifikasi pada mobilnya terlebih dulu harus tetap memperhatikan fungsi dari kendaraan tersebut. Maksudnya adalah setelah dilakukan ubahan mobil masih tetap nyaman dan aman ketika digunakan di jalan raya sesuai dengan garansi dari pabrikan. Widyawati menambahkan sebenarnya garansi akan tetap berlaku apabila beberapa komponen seperti sistem kelistrikan dan fungsional tetap tidak dilakukan ubahan.

Widyawati mencontohkan kalau modifikasi mobil tersebut hanya di sekitar tampilan saja dan tetap memakai warna maupun bentuk asli dari pabrikan dapat dipastikan garansi tetap berlaku, akan tetapi apabila sudah menyentuh ke bagian-bagian yang mengurangi kenyamanan maupun keamanan maka secara otomatis garansi pun akan di hapus. Untuk itu disarankan sebelum melakukan modifikasi sebaiknya konsultasi terlebih dulu ke dealer resmi untuk mendapatkan pengarahan seperti apa ubahan yang bisa dilakukan supaya garansi tidak hilang.

Tips Modifikasi Mobil Supaya Garansi Tidak Hilang

Selain itu bisa juga dengan membaca buku panduan manual pemilik kendaraan sehingga mendapatkan petunjuk dengan jelas bagian mana saja yang tidak boleh dilakukan ubahan. Banyak pemilik mobil merasa khawatir apabila melakukan modifikasi maka garansi pun secara otomatis akan hilang, namun sebenarnya jika sesuai dengan peraturan garansi tetap masih berlaku. Sebagai contoh apabila kerusakan mobil diakibatkan oleh pemasangan aksesoris yang belum divalidasi oleh pabrikan tentu garansi secara dipastikan akan hilang, namun bila kerusakan tidak berhubungan dengan modifikasi maka garansi masih tetap berlaku.

Melakukan modifikasi yang paling tepat adalah dengan menggunakan aksesoris asli atau dari pihak ketiga yang sudah disetujui oleh pabrikan. Dengan demikian sudah di jamin tidak akan berdampak negatif terhadap kendaraan karena aksesoris tersebut telah memenihi standar kualitas. Sebenarnya aksesoris dari pihak ketiga untuk mendapatkan validasi dari pabrikan otomotif tidaklah mudah dan memerlukan waktu cukup lama, hal itu dilakukan karena supaya mendapatkan kualitas yang benar-benar terbaik serta memberikan peningkatan pelayanan terhadap para konsumennya.

Ada beberapa tips modifikasi sederhana bagi anda yang ingin melakukan modifikasi namun tidak ingin kehilangan garansi, apabila anda ingin mengubah lampu pencahayaan sebaiknya pilih yang tidak melanggar aturan seperti warna harus sesuai standar dan tidak memakai cahaya terlalu terang. Sedangkan jika ingin melakukan ubahan di bagian bodi alangkah baiknya pakai teknik cutting stiker sehingga apabila sudah merasa sudah tidak digunakan dengan sangat mudah bisa di lepas.

Disarankan jika garansi mobil masih berlaku jangan pernah melakukan ubahan warna bodi menggunakan airbrush, meskipun bisa tahan lama namun dapat dipastikan garansi anda akan hilang. Selanjutnya untuk bagian kaki-kaki jangan melakukan ubahan pada ketinggian yang sudah ditentukan oleh pabrikan, selain itu pakai roda maupun velg tidak terlalu ceper supaya kenyamanan berkendara tetap terjaga. Tidak disarankan pula melakukan kompresi pada bagian dapur pacu untuk meningkatkan kecepatan mobil. Jadi sebaiknya untuk bagian mesin jangan dilakukan ubahan sama sekali dan lebih baik sesuai dengan aturan pabrikan saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here