Home Aksesoris Tips Mudah Mengganti Shockbreaker Pada Sepeda Motor

Tips Mudah Mengganti Shockbreaker Pada Sepeda Motor

5354
0

OTONITY.com – Tips Mengganti Shockbreaker Motor Dengan Aman. Seperti halnya komponen lain yang terdapat pada sepeda motor, sokbreker pun juga memiliki batas usia sehingga apabila sudah terdapat tanda-tanda kerusakan sebaiknya segera dilakukan perbaikan atau penggantian dengan yang baru. Ada banyak penyebab mengapa sokbreker tersebut mengalami kerusakan selain karena faktor usia, penyebab lainnya yaitu dikarenakan terlalu sering digunakan untuk membawa barang yang berat dan bisa juga karena motor masuk ke lubang jalan dengan keras. Suspensi pada sepeda motor memang harus dilakukan perawatan secara berkala jadi sebaiknya selalu cek terlebih dulu setiap ingin digunakan.

Tentu saja pihak pabrikan menyarankan kepada pemilik yang ingin mengganti sokbreker baru sebaiknya memakai produk asli agar ukuran dan kualitasnya bisa terjamin, selain itu dengan memakai sokbreker rekomendasi pabrikan biasanya bakal mendapatkan garansi. Namun bagi yang memakai sokbreker aftermarket tentu saja tidak memiliki berbagai kelebihan seperti yang dimiliki sokbreker ori, tidak hanya itu saja bahkan menggunakan sokbreker yang tidak resmi juga sangat rentan sekali mengalami kerusakan karena secara harga memang jauh lebh murah.

Ada banyak sekali perbedaan antara suspensi resmi atau orisinil dengan suspensi aftermarket. Misalnya saja dari segi ketinggian kualitas jelas sangat berbeda, selain itu tingkat kelenturannya pun juga tidak sama karena versi aftermarket biasanya terlalu keras sehingga mengurangi rasa nyaman bagi pengendara. Berikut beberapa tips sederhana bagi anda yang ingin mengganti sokbreker motor :

Tips Sederhana Mengganti Shockbreaker

Yang pertama adalah pilih sokbreker yang memiliki panjang sama dengan sokbreker sebelumnya. Disarankan untuk membeli sokbreker maupun suku cadang lainnya di dealer resmi, namun jika anda ingin menggunakan sokbreker dengan berbagai varian yang tentu saja didapat dari versi aftermarket sebaiknya pilih dengan ukuran panjang sama pula agar saat pemasangan menjadi lebih mudah serta membuat motor tetap stabil ketika digunakan.

Cara Merawat Sok Breaker

Berikutnya apabila anda memang berkeinginan membeli sokbreker bekas karena keterbatasan dana sebaiknya periksa secara teliti dan lakukan secara menyeluruh apakah masih dalam kondisi bagus atau sudah mengalami kerusakan. Hindari melakukan pembelian apabila sokbreker tersebut memiliki tanda-tanda seperti pengelupasan lubang pada baut bawah maupun sudah dilakukan pengecetan ulang. Setelah anda beli lakukan pemasangan secara tepat dan setel ketinggian serta jarak ulir per. Disarankan jangan memasang terlalu tinggi atau rendah supaya motor tetap seimbang.

Saat anda membeli sokbreker aftermarket di toko biasa atau melalui bengkel tidak resmi sebaiknya lakukan pemasangan di tempat tersebut dan pastikan setelah terpasang motor menjadi lebih stabil, apabila tetap merasa tidak nyaman disarankan untuk mencari suspensi lainnya hingga sesuai dengan spesifikasi motor.

Baca juga: Perbedaan Shock Biasa Dengan Upside Down

Khusus untuk motor matik tentu memiliki jenis sokbreker yang berbeda dibandingkan dengan motor bebek maupun sport. Pada varian skuter memiliki tingkat kesulitan yang lebih besar sehingga penggantian suspensi pun tidak boleh sembarangan karena bisa saja mengakibatkan kecelakaan atau mempersulit laju kendaraan ketika berboncengan.

Itulah beberapa tips mudah dan sederhana yang bisa anda lakukan ketika ingin mengganti suspensi pada sepeda motor. Perlu anda ketahui tidak semua sokbreker yang dijual bebas di pasaran adalah baru namun terkadang adapula yang merupakan hasil rekondisi dengan berbagai sentuhan dan modifikasi dari penjual sehingga sokbreker tersebut bisa tampil seperti baru lagi. Sebaiknya anda sebagai konsumen harus jeli dan bisa membedakan antara yang baru dan hasil rekondisi. Baca Juga, Cara Merawat Shockbreaker Motor dan Cara Setting Shockbreaker Belakang Motor Sport.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here