Home Mobil Faktor Penyebab Ban Mobil Cepat Aus/Gundul

Faktor Penyebab Ban Mobil Cepat Aus/Gundul

2845
0

OTONITY.com – Penyebab Ban Mobil Cepat Aus. Karena merupakan bagian yang sangat vital pada sebuah kendaraan, ban harus selalu dilakukan pengecekan dan sekaligus untuk memastikan apakah dalam kondisi normal atau sudah mengalami kerusakan. Ban menjadi faktor penting dalam sebuah keselamatan dan keamanan selama berkendara dan bagi pemilik disarankan untuk selalu memberikan perawatan secara khusus serta menjaga cara berkendara agar ban menjadi lebih awet. Seperti yang dijelaskan oleh Adry Adam selaku Sales Training Manager PT Goodyear Indonesia Tbk bahwa ban menjadi komponen yang memiliki kerja paling berat karena tidak hanya menopang bobot dari kendaraan saja namun juga harus menahan beban dari para penumpang maupun pengemudi.

Khusus untuk ban pada mobil tentu memiliki tekstur dan ukuran yang berbeda dengan ban motor, menurut Andry setidaknya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab ban menjadi cepat mengalami kerusakan, baik itu karena faktor alam atau disebabkan oleh kesalahan pemilik itu sendiri. Penyebab yang pertama yaitu kesalahan pengemudi atau pun pemilik karena tidak memahami simbol yang tertera pada ban tersebut. Biasanya para pabrikan sudah merancang ban dengan kode atau simbol tertentu untuk bisa mengatur kecepatan maksimal yang boleh dilakukan oleh pengemudi. Seperti contoh untuk simbol M hanya boleh dipacu pada kecepatan puncak 130 kilometer per jam sedangkan untuk yang tertinggi adalah simbol Y dan biasanya banyak digunakan di ajang balap karena jenis ban ini dapat digunakan hingga kecepatan puncak mencapai 300 km/jam.

Tips Pilih Ban Mobil

Kesalahan pemilik mobil yang selanjutnya yaitu tidak mengetahui bagaimana cara melakukan rotasi pada ban.Biasanya untuk kendaraan yang sudah berjalan hingga 10.000 km sudah tidak lagi memberikan kenyamanan yang sama seperti saat baru. Ada beberapa tips sederhana dalam melakukan rotasi pada ban, misalnya saja untuk kendaraan berpenggerak roda belakang maupun semua roda bisa dilakukan perpindahan dari ban depan kiri ke ban belakang kanan, sedangkan untuk ban depan kanan bisa dipindah ke ban sebelah belakang kiri. Sementara itu khusus untuk mobil penggerak roda depan bisa memindahkan ban belakang kanan ke tempat roda kiri depan. Begitu pula dengan ban belakang kiri ditempatkan ke ban kanan depan.

Penyebab ban cepat mengalami aus biasanya juga karena ulah pengemudi yang tidak mematuhi peraturan bagaimana cara berkendara yang benar, sering kali menginjak gas dengan cepat namun secara tiba-tiba langsung dilakukan pengereman. Selain itu penyebab lainnya juga bisa terjadi akibat pemilik terlalu sering melewati jalan yang berlubang atau jalan rusak. Jika dibiarkan tidak hanya ban saja yang cepat mengalami aus namun shock breaker pun juga bakal cepat rusak.

Penyebab terakhir yang selalu dianggap sepele oleh banyak orang adalah tidak memperhatikan kondisi tekanan angin pada ban mobil, padahal apabila terus dibiarkan tentu saja akan merusak komponen pada ban itu sendiri dan juga mempengaruhi pada mengemudi karena bertambah berat saat melakukan akselerasi. Sebaiknya selalu periksa terlebih dulu sebelum anda gunakan dan apabila merasa kempes segera lakukan pengisian dengan angin kompresor. Agar tetap memiliki kualitas dan bisa berumur panjang ban pun juga perlu untuk dibersihkan dari kotoran lumpur yang menempel, khususnya setelah digunakan pada saat musim hujan. Baca Juga, Tips Agar Ban Mobil Tidak Cepat Rusak, Tips Membeli Ban Bekas dan Cara Mengganti Ban Mobil Yang Bocor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here