Home Aksesoris Tips Membersihkan Cakram Rem Motor Dengan Mudah

Tips Membersihkan Cakram Rem Motor Dengan Mudah

2545
0

OTONITY.com –  Cara Membersihkan Rem Sepeda Motor. Saat ini baik motor sport, matik maupun bebek model terbaru kebanyakan sudah memakai sistem pengereman cakram dan mulai meninggalkan rem tromol, bahkan ada pula yang sudah memadukannya dengan teknologi ABS.

Namun apabila rem tidak dilakukan perawatan secara serius dan berkala sepertinya akan mengurangi kinerja dari rem itu sendiri meskipun sudah disematkan teknologi canggih sekalipun. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa fungsi dari rem sendiri sangat mempengaruhi keselamatan pengendara. Apalagi jika kendaraan digunakan pada saat musim hujan, tentu beban dari rem  tersebut bertambah berat karena harus terkena air hujan dan juga kotoran.

M. Abidin selaku GM Motor sport dan After Sales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan bahwa saat motor digunakan pada kondisi hujan atau untuk melewati genangan banjir, kinerja dari rem ini akan menjadi tidak stabil karena piringan cakram maupun kampas pada rem menjadi licin. Tentu saja logam maupun besi yang tanpa dibekali dengan lapisan akan sangat mudah sekali berkarat.

Sekedar informasi kebanyakan kendaraan roda dua di Indonesia memakai rem cakram yang terbuat dari bahan logam karena dianggap lebih kuat, namun ada juga yang sudah memakai bahan karbon akan tetapi dari segi kekuatan dan juga kenyamanan kurang begitu baik.

Abidin menambahkan ada beberapa tips mudah dalam merawat rem cakram setelah digunakan saat musim hujan. Misalnya saja apabila usai dipakai sebaiknya rem cakram langsung dibersihkan menggunakan kain bersih atau bisa juga dengan menyemprotkan cairan pembersih rem agar menjadi lebih pakem.

Cara membersihkan Rem Cakram

Untuk cairan pembersih kini sudah bisa dibeli di toko otomotif. Namun anda juga bisa mencucinya dengan air bersih yang mengalir dan tidak perlu memakai sampo, cukup anda lap dengan kain bersih lalu langsung keringkan dengan menggunakan kanebo. Jangan lupa untuk menyingkirkan kotoran seperti lumpur yang biasanya terdapat di sela-sela cakram. Apabila anda tidak segera menghilangkan kotoran tersebut bisa saja suatu saat ketika digunakan rem cakram menjadi macet karena piston kaliper tersumbat oleh kotoran.

Tentu saja sangat berbahaya sekali apabila saat digunakan dengan tiba-tiba rem cakram langsung macet, sebaiknya lakukan perawatan secara berkala agar tidak timbul karat dan apabila piringan cakram maupun kampas sudah tidak layak digunakan sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Rem cakram yang berkarat ternyata tidak hanya disebabkan oleh air hujan saja namun apabila motor sudah cukup lama tidak dipergunakan maka secara otomatis piringan tersebut akan mengalami korosi.

Khusus bagi pecinta modifikasi yang suka sekali sering mengganti cakram atau piringan variasi sebaiknya jangan asal membeli dan harap teliti saat memeriksa cakram baru tersebut. Apabila anda sampai salah memilih bahan dari cakram tersebut maka akibatnya cepat mengalami rusak atau tidak akan berumur panjang.

Baca juga: Cara Merawat Rem Cakram Dengan Tepat

Rem cakram yang tidak berkualitas biasanya akan sangat mudah sekali berkarat, untuk itu agar tidak mengalami kerugian sebaiknya beli spare part ataupun aksesoris sepeda motor di dealer resmi, meskipun secara harga memang jauh lebih tinggi namun kualitas yang diberikan sudah terjamin dan tentu saja mendapatkan garansi apabila terdapat cacat atau pun kerusakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here