Thursday, June 4th, 2015 - Mobil, Oto Guide

OTONITY.com – Tips Agar Tidak Cepat Capek Saat Berkendara. Salah satu penyebab kecelakaan yang sering terjadi di Indonesia adalah karena faktor kesalahan manusia itu sendiri, tidak jarang pengemudi masih tetap nekad untuk bepergian meskipun tubuh dalam keadaan kurang fit atau masih merasa lelah akibat berbagai aktivitas seperti bekerja, kurang tidur dan lain sebagainya. Selain itu meskipun tubuh merasa fit namun kelelahan bisa saja terjadi akibat jarak yang ditempuh tergolong cukup jauh bahkan harus memakan waktu hingga berjam-jam seperti mudik dan lain sebagainya. Untuk menghilangkan rasa lelah saat perjalanan ada beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan dan mungkin saja berguna bagi anda yang sering melakukan perjalanan jauh.

Pertama yaitu apabila anda sering mengemudi menuju luar kota sebaiknya pilih jalur yang lebih mudah dilewati tanpa hambatan agar waktu tempuh bisa semakin efisien. Anda bisa menggunakan navigasi peta jika tersedia pada mobil atau smartphone anda supaya bisa mengetahui jalur mana yang paling mudah dan dekat. Jika perjalanan harus memakan waktu hingga 6 jam lebih disarankan setiap 2 jam sekali beristirahat untuk menghilangkan ketegangan pada otot-otot tubuh sekaligus bisa makan atau hanya sekedar berbaring.

Yang kedua tidak ada salahnya saat beristirahat anda melakukan sedikit peregangan atau semacam pemanasan, terkadang terlalu lama mengemudi mobil bisa mengakibatkan tangan dan beberapa bagian tubuh lainnya terasa sangat pegal, untuk itu manfaatkan waktu istirahat anda untuk melakukan pemanasan. Setidaknya pemanasan bisa anda lakukan lima menit sebelum kembali memulai perjalanan.

Supaya Tidak Lelah Saat Mengemudi

Ketiga apabila anda sedang terjebak macet sebaiknya tahan emosi dan hibur diri anda dengan beberapa lagu yang menyenangkan, selain itu ada juga bisa melakukan sedikit peregangan agar otot-otot tidak kembali kaku. Pengemudi akan merasa cepat lelah ketika terjebak macet dibandingkan dengan ketika melakukan perjalanan karena ketika macet orang akan merasa jenuh dan emosi karena waktu yang mereka gunakan terbuang dengan percuma.

Keempat selalu sediakan air minum di dalam mobil untuk menghindari dehidrasi ketika menempuh perjalanan jauh. Tubuh tetap membutuhkan cairan meskipun sedang melakukan perjalanan apalagi saat siang hari. Selain itu dengan minum air putih bisa menghilangkan rasa kantuk sehingga tubuh kembali fit, sebaiknya perbanyak konsumsi air putih yang banyak daripada harus meminum cairan yang sudah dicampur dengan bahan lain seperti penghilang rasa kantuk maupun kopi.

Tips yang kelima untuk menghindari lelah saat perjalanan jauh yaitu setiap 4 jam sekali sebaiknya paksa tubuh anda  untuk tidur selama kurang lebih setengah hingga 1 jam. Hal tersebut bisa membantu anda agar bisa terus fit saat kembali melakukan perjalanan. Saat ini sudah banyak tempat peristirahatan khusus untuk para pengemudi yang kelelahan atau bisa juga dengan beristirahat di tempat pengisian bahan bakar (SPBU).

Itulah beberapa trik dan tips mudah untuk menghilangkan rasa lelah saat perjalanan jauh, dengan melakukan berbagai cara di atas mungkin saja bisa membantu anda menjaga keamanan dan keselamatan selama perjalanan. Banyak kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh kecerobohan pengemudi karena tetap memaksa untuk melakukan perjalanan terutama di malam hari meskipun kondisi tubuh kurang fit. Sebaiknya apabila sebelum berangkat sudah merasa kurang enak badan tunda terlebih dulu perjalanan anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika ingin selalu fit selama perjalanan perbanyak konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi baik ketika siang maupun malam hari. Semoga tips di atas bisa membantu anda yang sering merasa kelelahan saat perjalanan jauh. Baca Juga, Cara Mengendarai Mobil Agar Hemat Bahan Bakar dan Tips Mengajari Anak Mengemudikan Mobil.

Ini Bahaya Bermain Pokemon Go Saat Mengemudi

Tips Usir Kantuk Ketika Mengemudi Saat Bulan Puasa

Ini Penyebab Kelelahan Saat Mengemudi Mobil

Ini Posisi Tubuh Yang Benar Saat Mengemudi Mobil

Mudik Lebaran Gunakan Mobil? Perhatikan Hal Ini!

Yamaha Jupiter MX 135 Harga, Fitur, Kelebihan Dan Kekurangan

Cara Mengurus Perpanjang SIM A, SIM C Dan SIM B

Yamaha MT-25 2017 Harga, Fitur Dan Kelebihan

Harga Moge Indian 2017 Di Indonesia Mulai Rp 400 – 800 Jutaan

Spesifikasi Mobil Porsche Macan Terbaru 2017 Indonesia