Home Aksesoris Ini Kegunaan Rompi Motor Bagi Kesehatan!

Ini Kegunaan Rompi Motor Bagi Kesehatan!

4040
0

OTONITY.com – Keuntungan Memakai Rompi Motor Bagi Pengendara. Sebagai seorang biker yang sering terkena paparan debu, sinar matahari maupun angin kencang di malam hari pasti sudah mengerti berbagai aksesoris pelindung tubuh untuk menjaga kesehatan. Pengendara motor yang tahu tentang keamanan dan kenyamanan selalu memakai helm, masker, sarung tangan hingga rompi pelindung tubuh. Untuk yang terakhir yaitu rompi mungkin belum banyak orang atau pengendara motor mengenal aksesoris ini. Padahal fungsi rompi sangatlah vital karena bertugas melindungi dada dari terjangan angin yang berasal dari depan.

Rompi atau bernama lain Body Protector ini seharusnya wajib digunakan oleh para biker yang suka bepergian di malam hari atau sedang menempuh perjalanan jauh. Alat ini berfungsi untuk mencegah penyakit paru-paru maupun masuk angin akibat terpaan angin yang langsung berhadapan dengan tubuh, meskipun sudah memakai jaket tebal namun demi keselematan dan kesehatan tidak ada salahnya menggunakan aksesoris yang satu ini.

Menurut dr Nandika Nurfitria yang merupakan salah satu petugas di klinik K24 Hankam Bekasi, Jawa Barat menjelaskan bahwa angin yang menerpa tubuh manusia sebenarnya tidak langsung berdampak besar bagi kondisi kesehatan, namun bagi seseorang yang tidak kebal atau tidak tahan terhadap angin malam bisa membuat tubuh menjadi lebih rentan. Dirinya menambahkan justru angin yang masuk melalui hidung dan mulut memiliki resiko lebih besar karena kualitas udara kini sudah tidak lagi baik akibat terpapar kandungan zat berbahaya.

Fungsi Memakai Rompi bagi Pengendara

Sebaiknya setiap ingin bepergian dengan menempuh jarak jauh atau di malam hari harus selalu pakai body protector supaya badan tetap terlindungi, alangkah baiknya rompi tersebut juga harus dirawat dengan baik dan jangan sampai terkena matahari terlalu lama karena bisa merusak busa yang terdapat di dalamnya. Selain itu rompi juga harus dicuci untuk menghilangkan kuman akibat terkena keringat dari pemilik saat digunakan.

Jika tidak segera dicuci dan terus dipakai akibatnya adalah badan mengalami gatal-gatal karena rompi tersebut sudah mengandung banyak keringat. Cara mencuci yang benar adalah dengan merendam di air sabun dalam waktu sekitar 30 menit, setelah itu baru gosok menggunakan sikat baju baik di bagian dalam maupun luar. Apabila sudah bersih segera bilas menggunakan air yang mengalir supaya kotoran bisa mudah dihilangkan. Untuk penjemuran sebaiknya jangan terkena sinar matahari langsung atau bisa juga saat cuaca pagi hari dan siang hari.

Bagi anda yang berminat membeli rompi pelindung tubuh sebaiknya jangan asal membeli dan jangan mudah tergoda karena harganya yang murah, pilih rompi dari bahan lembut dan empuk supaya tetap ringan. Perhatikan pula ketebalan busa didalamnya jika semakin tebal maka itu semakin baik digunakan. Hindari membeli rompi yang terbuat dari bahan plastik karena tidak tahan terhadap panas dan mudah sekali robek.

Saat ini rompi motor sudah banyak terjual di toko perlengkapan kendaraan maupun toko pinggir jalan, selain itu juga para produsen juga sudah menciptakan beberapa rompi dengan bentuk sesuai selera pengendara. Sebaiknya pilih rompi yang tidak hanya berwarna gelap saja, misalnya perpaduan antara hitam dan putih atau bisa juga orange dan hitam. Hal tersebut bertujuan apabila digunakan di malam hari masih bisa terlihat dengan mudah oleh pengendara lain. Dalam membeli rompi pilih sesuai dengan ukuran tubuh supaya tetap terasa nyaman saat digunakan. Apabila anda memakai pelindung tubuh yang terlalu kecil atau besar maka akan mengganggu kenyamanan selama berkendara. Baca Juga, Manfaat Memakai Jaket Saat Berkendara Sepeda Motor dan Manfaat Memakai Masker Saat Berkendara Sepeda Motor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here