Home Aksesoris Ini Cara Mengetahui Karet Pada Body Mobil Sudah Rusak

Ini Cara Mengetahui Karet Pada Body Mobil Sudah Rusak

2060
0

OTONITY.com – Tanda-Tanda Kerusakan Karet Bodi Mobil. Biasanya kebanyakan pemilik mobil hanya memperhatikan detail bagian yang besar saja seperti cat eksterior maupun dashboard dan jok. Sayangnya bagian penting seperti karet bodi mobil jarang sekali dilakukan pemeriksaan dan tidak jarang pula banyak pemilik merasa risih atau terganggu dengan getaran suara yang berasal dari luar. Perlu diketahui bahwa karet bodi itu sendiri melindungi ruang kabin dari masuknya air ketika hujan serta membuat mobil kedap suara sehingga pemilik pun bisa merasakan kenyamanan tanpa mendengarkan suara bising dari luar mobil.

Seperti yang dijelaskan oleh salah satu pemilik toko spesialis karet mobil di daerah Kemayoran bernama Leonardo bahwa karet pada mobil seharusnya menjadi bagian yang harus selalu dilakukan pengecekan dan kalau perlu dibersihkan secara berkala agar tidak mengalami kerusakan. Dirinya menambahkan biasanya kendaraan yang memiliki usia di atas 3 tahun terdapat beberapa bagian maupun komponen yang sudah aus dan harus dilakukan penggantian. Salah satunya adalah karet bodi mobil karena sangat mudah sekali mengalami kerusakan seperti getas dan tidak elastis lagi.

Menurut Leonardo ada beberapa cara mengetahui apabila karet mobil sudah mengalami kerusakan yakni :

  • Karet Kaca

Bagian yang satu ini terletak di bagian paling luar dan berfungsi sebagai pembatas antara kaca depan atau belakang. Tanda-tanda karet kaca mengalami kerusakan adalah pada saat terguyur hujan atau setelah dicuci, terlihat air bisa masuk kedalam kabin. Hal tersebut disebabkan karena karet sudah tidak lagi elastis terkena panas serta terdapat retak pada karet sehingga menyebabkan air bisa merembes masuk ke dalamnya.

  • Penjepit kaca pintu samping

Bagian tersebut terletak di pengapit kaca pintu dan menempel pada bodi mobil. Dengan adanya karet tersebut bisa membuat ruang menjadi kedap suara dan kaca pun minim getaran. Tanda-tanda apabila karet penjepit kaca pintu mengalami kerusakan adalah apabila kaca sedang dinaikkan atau turun akan terjadi beret dan terdapat gelembung di bagian karet pelipit itu sendiri. Jika terus dibiarkan kaca bisa pecah akibat getaran apabila melewati jalur yang tidak rata.

  • Karet pintu

Bagian yang satu ini terletak paling luar dari daun pintu, namun ada juga yang letaknya dipasangkan pada bodi. Fungsinya adalah untuk mencegah air hujan masuk ke dalam serta menjaga kekedapan di dalam ruang kabin. Ciri-ciri apabila karet pintu mengalami kerusakan adalah air hujan bisa masuk dengan mudah serta suasana kabin tidak lagi kedap seperti sebelumnya.

  • Channel

Alat tersebut terletak di bagian ujung kaca mobil dan biasanya berbentuk segitiga yang berfungsi sebagai rel kaca pintu samping. Untuk mengetahui jika channel mengalami kerusakan adalah kaca tidak lagi rapat dan terasa longgar, selain itu kaca akan terasa seret ketika dinaik turunkan.

Leonardo menyarankan untuk melakukan perbaikan pada karet mobil yang sebaiknya diganti seluruh set supaya bisa mengetahui bagian mana yang mengalami kerusakan, sebenarnya bisa juga mengganti satu bagian saja namun terkadang hasilnya kurang maksimal. Biaya penggantian karet juga tergolong mahal yaitu mencapai Rp 2-9 juta untuk satu set. Sebaiknya lakukan pemasangan karet tersebut pada bengkel maupun toko yang sudah memiliki nama dengan pekerja yang sudah ahli juga tentunya agar hasil lebih memuaskan

Selain itu sangat dianjurkan juga untuk tidak parkir di tempat yang panas karena bisa membuat karet cepat mengalami kerusakan seperti retak dan tidak elastis lagi karena sifat karet yang tidak tahan terhadap sinar matahari. Selalu lakukan pemeriksaan pada karet tersebut dan pastikan tidak ada bagian yang mengalami kerusakan. Baca Juga, Perbedaan Karet Mobil Eropa dan Jepang, Cara Merawat Mobil Pribadi dan Penyebab Kaca Mobil Berembun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here