Tuesday, May 19th, 2015 - Aksesoris, Motor, Oto Guide

OTONITY.com – Tips Bedakan Kampas Rem Motor Palsu Atau Asli. Salah satu komponen kendaraan yang juga paling sering mengalami kerusakan adalah kampas rem. Karena fungsinya sangat vital bagi keamanan dan kenyamanan berkendara, sebaiknya pemilik harus melakukan penggantian dengan segera apabila sudah mengalami kerusakan. Jika terus dibiarkan bukan tidak mungkin akan mengakibatkan kecelakaan yang tidak hanya merugikan diri sendiri namun juga bagi orang lain. Sangat dianjurkan sekali untuk membeli berbagai macam part termasuk kampas rem langsung dari pabrikan yang tentu saja memiliki kualitas bagus serta terjamin keasliannya. Untuk itulah sangat tidak disarankan bagi anda yang berminat membeli perangkat rem kendaraan di bengkel biasa atau penjual part bukan resmi karena terkadang barang yang mereka jual belum memiliki kualitas yang bagus.

Menurut Muhammad Abidin selaku GM Motorsport and Aftersales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan bahwa sebenarnya untuk membedakan part yang asli dan KW atau palsu itu sangat sulit sekali apabila dalam bentuk jadi dan hanya dilihat sekejap saja. Namun jika anda melihatnya dengan jelas dan seksama sebenarnya ada beberapa perbedaan diantara keduanya. Memang setelah dalam bentuk jadi sangat sulit dibedakan karena teknik pembuatannya tidak jauh berbeda yaitu dari sebuah serbuk halus lalu direkatkan di cetakan kemudian dipanaskan. Hanya orang yang sudah ahli atau sudah terbiasa bekerja di pabrik onderdil kendaraan saja yang bisa membedakan mana kampas rem asli dengan kampas palsu.

Cara Membedakan Kampas Rem Asli Dan Palsu

Abidin menambahkan ada satu bagian yang menjadi pertanda apakah aksesoris tersebut asli atau tidak yaitu dengan cara melihat kode-kode di bagian part tersebut. Jika kampas rem itu adalah buatan pabrik resmi maka akan terdapat pain indicator yang bisa diketahui oleh quality control dan teknisi, sedangkan barang palsu maupun KW tidak memiliki kode tersebut dan biasanya dijual dengan harga lebih rendah.

Untuk itulah Abidin menyarankan bagi pengguna kendaraan yang ingin mengganti sparepart seperti kampas rem sebaiknya datang langsung ke toko yang menjadi suplier resmi dari produk produsen kendaraan tersebut agar bisa mudah mengetahui kualitas maupun kode dari komponen tersebut. Tidak hanya untung dari segi pemakaian saja namun sparepart asli juga bisa menghemat pengeluaran karena tidak akan mudah rusak. Sayangnya masih banyak konsumen yang menghiraukan hal tersebut, padahal komponen palsu biasanya lebih merugikan pembeli karena mudah sekali mengalami kerusakan serta akan membahayakan apabila digunakan.

Alasan utama mengapa masyarakat lebih memilih untuk membeli kampas rem yang tidak ori adalah karena biaya lebih murah. Padahal secara kualitas tentu jauh lebih buruk yang justru sangat membahayakan bagi pengendara itu sendiri. Sebagai contoh adalah apabila rem kampas palsu terpasang di sebuah kendaraan dan tiba-tiba mengalami kerusakan atau pecah tentu bisa mengakibatkan kecelakaan fatal.

Sebenarnya dengan membeli sparepart resmi dari pabrikan, para pemilik kendaraan akan mendapatkan banyak sekali kelebihan, misalnya saja dari segi kualitas tentu jauh lebih unggul. Selain itu konsumen pun juga akan mendapatkan garansi yang berlaku sehingga apabila terdapat cacat pada komponen tersebut dengan mudah bisa ditukar kembali di tempat yang anda beli sebelumnya. Untuk itulah mulai biasakan diri dengan membeli langsung dari dealer, meskipun memiliki harga lebih tinggi namun anda akan merasakan kenyamanan dan keamanan yang jauh lebih baik. Baca Juga, Cara Mengatasi Rem Motor Berdecit, Cara Upgrade Rem Motor Agar Pakem dan Tips Menjaga Kondisi Rem Motor.

Tips Mudah Memperbaiki Rem Motor Yang Masuk Angin

Tips Mudah Membersihkan Master Rem Cakram Sepeda Motor

tips rem motor pakem 2014

3 Cara Upgrade Rem Motor Agar Lebih Pakem

Tips Menjaga Kondisi Rem Motor Agar Tidak Cepat Rusak

Sistem Pengereman ABS Pada Motor, Ini Kelemahannya!

Yamaha Jupiter MX 135 Harga, Fitur, Kelebihan Dan Kekurangan

Cara Mengurus Perpanjang SIM A, SIM C Dan SIM B

Yamaha MT-25 2017 Harga, Fitur Dan Kelebihan

Harga Moge Indian 2017 Di Indonesia Mulai Rp 400 – 800 Jutaan

Spesifikasi Mobil Porsche Macan Terbaru 2017 Indonesia