Home Aksesoris Tips Mudah Merawat Bodi Mobil Yang Dibalut Stiker

Tips Mudah Merawat Bodi Mobil Yang Dibalut Stiker

2531
0

OTONIT.com – Cara Merawat Bodi Mobil Berlapis Stiker Agar Awet. Banyak orang lebih memilih memberikan stiker mobil di bodi mobil mereka supaya tampilannya menjadi lebih segar, selain itu dengan menyematkan stiker juga bisa melindungi cat asli dari mobil itu sendiri sehingga terhindar dari lecet maupun goresan saat digunakan. Memasang stiker memang memiliki banyak sekali kelebihan seperti tampilan mobil terlihat lebih keren dan warnanya pun dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik. Selain itu stiker kini juga sudah menjadi tren baru bagi kalangan pecinta modifikasi karena bisa memasangkan desain secara instan tanpa harus melakukan pengecatan secara permanen. Bahkan kini juga sudah mulai beredar stiker dengan berbagai macam bentuk maupun karakter seperti mirip tokoh idola atau pemeran dalam sebuah film animasi.

Meskipun demikian bukan berarti stiker mobil tidak memerlukan perawatan, Menurut Rendi dari Dice Sticker Jakarta ada beberapa jenis stiker yang beredar di Indonesia dan masing-masing terbuat dari bahan berbeda sehingga secara perawatannya pun juga tidak sama.

Misalnya saja stiker mobil dengan warna glossy, biasanya stiker seperti ini tidak memerlukan perawatan khusus dan paling sering digunakan oleh pemilik kendaraan. Namun untuk menghilangkan kotoran yang menempel pemilik cukup mencucinya seperti biasa. Sebaiknya tetap hindari penggunaan kain kasar agar kualitas dari stiker tersebut tetap bagus.

Selanjutnya ada stiker dengan warna matte atau doff, untuk yang satu ini juga tidak memerlukan perawatan khusus, namun untuk menjaga kualitas warna sebaiknya jangan sampai stiker tersebut terkena cairan poles kendaraan karena bisa menimbulkan bercak pada stiker dan sangat sulit sekali untuk dihilangkan apabila sudah terlanjur lama tidak dihilangkan.

Jenis ketiga adalah stiker chrome yang memerlukan perawatan khusus ketika melakukan pencucian, sebab bodi kendaraan harus dibilas dengan kain sintetik yang bersih dan juga harus menggunakan air mengalir secukupnya agar kotoran bisa ikut mengalir. Tidak disarankan untuk menyemprot stiker dengan tekanan air terlalu keras karena bisa merusak perekat di dalamnya. Jika kotoran yang menempel sulit dihilangkan sebaiknya cuci dengan shampo mobil lalu biarkan air tersebut mengering dengan sendirinya, jika sudah lakukan pengeringan menggunakan kain mocrofiber.

Itulah beberapa tips sederhana untuk membersihkan noda yang menempel di stiker bodi mobil. Agar tidak cepat mengalami kerusakan sebaiknya pilih stiker yang memiliki kualitas, selain itu percayakan pemasangan stiker pada ahlinya meskipun mematok harga lebih tinggi namun hasilnya tidak akan mengecewakan Anda. Ada baiknya membeli stiker di tempat atau toko yang sudah memiliki nama besar.

Stiker mobil pun juga memiliki usia pakai dan apabila sudah terdapat tanda-tanda kerusakan sebaiknya segera dilepas, biasanya setelah stiker dilepas akan timbul bekas lem yang terdapat di bagian bodi mobil. Tidak disarankan menghilangkan lem tersebut dengan menggunakan cutter atau silet karena justru akan merusak bodi, sebaiknya setelah stiker dilepas anda bisa langsung mencucinya namun jangan langsung dikeringkan tetapi tunggu saja beberapa saat agar kertas maupun lem yang masih menempel berubah menjadi lemas.

Sebenarnya ada beberapa langkah mudah agar lem bisa cepat hilang yaitu dengan memberikan cairan seperti silicon wax, tar removal atau car polish. Setelah anda oleskan diamkan beberapa saat hingga cairan tersebut sedikit kering lalu gosok secara perlahan menggunakan kain lembut atau bisa juga memakai kain mikrofiber. Biasanya bagian bodi yang sudah lama tertutup oleh stiker akan terlihat belang dan nampak seperti masih baru dibandingkan area lain yang tidak tertutup stiker, sebaiknya jangan lakukan apapun karena secara lambat laun warnanya pun akan kembali sama akibat terkena panas. Baca Juga, Suzuki Swift Elegan Dengan Balutan Stiker dan Mazda2 Lebih Berwarna Dengan Ratusan Stiker.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here