Home Mobil Penjualan Mobil Alami Penurunan Pada Bulan April 2015

Penjualan Mobil Alami Penurunan Pada Bulan April 2015

948
0

OTONITY.com – Penjualan Mobil Menurun Pada Bulan April 2015. Tidak hanya sepeda motor saja yang sedang mengalami penurunan penjualan bahkan di pasar roda empat pun juga mengalami hal serupa. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) di bulan April kemarin total hanya 81.526 unit saja yang mampu terjual secara wholesale atau mengalami penurunan hingga 17,9 persen dibandingkan bulan Maret lalu yang sukses terjual mencapai 99.1410 unit. Salah satu penyebab menurunnya permintaan mobil dalam beberapa bulan terakhir ini adalah karena faktor perekonomian dalam negeri yang masih lemah dan bahkan di bulan Mei saja nilai rupiah sudah menyentuh angka Rp 13 ribu per dolar.

Sementara itu penjualan selama Januari-April 2015 ini hanya mampu meraih 363.871 unit saja, angka tersebut jauh lebih rendah hingga 16 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu dengan perolehan sebesar 434.624 unit. Pihak GAIKINDO pun juga kurang begitu optimis kalau tahun 2015 ini mampu terjual hingga 1 juta unit, melihat kondisi yang terjadi saat ini memang sangat sulit sekali untuk bisa mencapai penjualan seperti tahun lalu. Bahkan di bulan April kemarin semua pabrikan melakukan penurunan pasokan terhadap dealernya.

Seperti PT Toyota Astra Motor (TAM) yang secara wholesale terjual sebanyak 31.801 unit di bulan Maret atau turun mencapai 5,4 persen menjadi 30.053 unit pada April 2015. Tidak jauh berbeda dengan Toyota ternyata PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pun juga mengalami nasib serupa dan bahkan mengalami penurunan hingga 8,6 persen. Jika di bulan Maret lalu sukses mencatat penjualan sebesar 16.258 unit maka pada April kemarin hanya mampu tercatat sebesar 14.855 unit.

Daihatsu Sirion 2015 Terbaru

PT Honda Prospect Motor (HPM) yang biasanya mendapatkan penjualan stabil juga harus rela turun drastis mencapai 24,1 persen. Mengalami penurunan mencapai 10.583 unit dari bulan April, padahal pada Maret lalu Honda Indonesia sukses menjual kendaraannya sebesar 13.951 unit. Terakhir yaitu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang mengalami penurunan paling besar yaitu mencapai 35,2 persen dengan raihan sebesar 8.019 unit di bulan April 2015 dari sebelumnya yang mencapai 12.387 unit.

Sebenarnya penurunan permintaan mobil ini sendiri sudah diprediksi oleh pihak GAIKINDO, apalagi dengan melihat perekonomian dalam negeri yang masih belum stabil sehingga sulit sekali untuk bisa mendapatkan penjualan lebih baik dari tahun lalu. Bahkan GAIKINDO sudah melakukan perubahan target untuk tahun ini yang semula ditetapkan 1,2 juta unit kini menjadi 1,1 juta unit saja. Sementara itu menurut Masahiro Nonai selaku Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia mengatakan target tersebut bisa saja lebih buruk, dirinya menargetkan tahun ini GAIKINDO hanya akan mampu menjual sebanyak 1,05 juta unit saja..

Meskipun beberapa pabrikan baru saja meluncurkan produk terbaru namun nyatanya tetap saja tidak mampu menarik minat para calon konsumen untuk membeli mobil. Di  empat bulan awal tahun ini varian SUV lebih sering diluncurkan seperti Honda HR-V, Toyota Rush, Daihatsu Sirion, Mazda CX-5, Nissan Juke dan beberapa model lainnya. Sementara itu di segmen LCGC juga sudah mulai melakukan perubahan baik dari segi tampilan maupun harga, sebut saja Toyota Agya dan Daihatsu Ayla dengan teknologi keamanan baru serta Suzuki Karimun Wagon R dengan disematkannya teknologi mesin modern bernama AGS. Kabarnya dalam waktu dekat duo varian Datsun juga akan mengalami penyegaran. Kita lihat saja apakah berbagai produk baru yang sudah diluncurkan tersebut mampu mendongkrak penjualan untuk tahun ini atau tidak mengingat sampai detik ini kondisi rupiah juga belum membaik. Baca Juga, Penjualan Motor Anjlok Bulan April 2015 dan Penjualan Mobil Bekas Indonesia Stabil Awal 2015.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here