Home Motor Hasil dan Klasemen Sementara MotoGP 2015 Usai Seri Prancis

Hasil dan Klasemen Sementara MotoGP 2015 Usai Seri Prancis

1378
0

OTONITY.com – Klasemen Balap MotoGP 2015 Usai Race Le Mans Prancis. Meskipun memulai balapan dari posisi ke tujuh namun Valentino Rossi mampu memperlihatkan kelasnya sebagai sang legenda MotoGP. Dalam lanjutan balap MotoGP musim 2015 yang kali ini berlangsung di sirkuit Le Mans Perancis pada hari Minggu (17/5) kemarin pebalap berjuluk The Doctor ini sukses naik podium kedua atau di belakang rekan satu timnya sendiri yaitu Jorge Lorenzo. Hasil yang kurang memuaskan kembali dialami oleh juara bertahan Marc Marquez yang meskipun dirinya start dari posisi pertama namun akibat kesalahan kecil saat mulai balapan dirinya harus rela tersingkir dari tiga besar.

Sementara itu Andrea Dovisiozo dari tim Ducati kembali mencatatkan dirinya sebagai penantang serius bagi Honda dan Yamaha, terbukti dalam race kali ini pria kelahiran Italia tersebut sukses pecundangi Marquez yang sekaligus menempatkan dirinya di peringkat ketiga. Kejutan datang dari tim Repsol Honda karena Dani Pedrosa yang sempat absen di beberapa seri awal kini sudah mulai ikut kembali, sayang pasca cedera yang dialaminya Pedrosa harus terjatuh saat balapan baru berjalan 5 lap meskipun demikian dirinya masih tetap bisa melanjutkan perlombaan.

Jalannya balapan sendiri memang diwarnai banyak sekali insiden terjatuh, selain Marquez ada beberapa pebalap lain yang mengalami nasib serupa seperti saja Jack Miller. Ketika start dimulai sudah terjadi aksi yang sangat menarik ketika Marquez mengalami sedikit senggolan dengan Dovisiozo, bahkan ketika Marquez ingin merebut ke posisi pertama dirinya nyaris terjatuh saat memasuki tikungan kedua. Sementara itu Valentino Rossi juga mulai merangsek ke depan dengan berada di posisi kelima atau tepat di belakang Iannone, namun tidak berlangsung lama Rossi berhasil menempati posisi ketiga setelah melakukan aksi overtaking terhadap Marquez.

Hasil MotoGP 2015 Perancis

Menjelang 10 lap balapan tersisa Lorenzo masih berada di depan dan meninggalkan Dovisiozo sekitar 1 detik, sementara itu Rossi juga sudah mulai menempel ketat Dovi yang sejak awal balap selalu berada di depannya. Memasuki 8 lap terakhir Rossi sukses menyalip Dovi yang sekaligus menempatkan dirinya di posisi kedua. Aksi menarik justru terjadi dalam perebutan posisi keempat yang melibatkan tiga pebalap sekaligus yaitu Marc Marquez, Andrea Iannone dan Cal Crutchlow. Setidaknya 5 aksi saling susul terjadi antara ketiga pebalap tersebut meskipun Iannone sebenarnya lebih dominan namun akhirnya Marquez berhasil menyudahi perlawanan dua pesaingnya tersebut yang akhirnya mengantarkan dirinya finish di urutan ke empat.

Dengan hasil ini membuat Valentino Rossi masih bertengger di puncak klasemen dengan raihan 102 poin, di bawahnya ada rekan satu timnya dari Movistar Yamaha yaitu Lorenzo yang terpaut 15 poin. Andrea Dovisiozo yang harus rela digeser oleh Lorenzo kini baru mengumpulkan 83 poin saja dan di posisi ke empat di tempati Marc Marquez dengan 69 poin lalu Andrea Iannone di posisi kelima mengumpulkan 61 poin.

Berikut klasemen sementara MotoGP 2015 usai seri Perancis di sirkuit Le Mans Minggu (17/5) :

  1. Valentino Rossi – Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 102 poin
  2. Jorge Lorenzo – Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 87 poin
  3. Andrea Dovizioso – Ducati Team (Desmosedici GP15) 83 poin
  4. Marc Marquez – Repsol Honda Team (RC213V) 69 poin
  5. Andrea Iannone – Ducati Team (Desmosedici GP15) 61 poin
  6. Cal Crutchlow – CWM LCR Honda (RC213V) 47 poin
  7. Bradley Smith – Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 46 poin
  8. Pol Espargaro – Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 35 poin
  9. Aleix Espargaro – Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 31 poin
  10. Maverick ViƱales – Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 27 poin
  11. Danilo Petrucci – Pramac Racing (Desmosedici GP14.1) 25 poin
  12. Yonny Hernandez – Pramac Racing (Desmosedici GP14.2) 20 poin
  13. Scott Redding – Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 13 poin
  14. Hector Barbera – Avintia Racing (Desmosedici GP14 Open) 13 poin
  15. Dani Pedrosa – Repsol Honda Team (RC213V) 10 poin
  16. Nicky Hayden – Drive M7 Aspar (RC213V-RS) 8 poin
  17. Loris Baz – Athina Forward Racing (Forward Yamaha) 6 poin
  18. Jack Miller – CWM LCR Honda (RC213V-RS) 6 poin
  19. Hiroshi Aoyama – Repsol Honda Team (RC213V) 5 poin
  20. Alvaro Bautista – Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 3 poin
  21. Eugene Laverty – Drive M7 Aspar Honda (RC213V-RS) 2 poin
  22. Stefan Bradl – Athina Forward Racing (Forward Yamaha) 1 poin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here