Home Motor Motor Matik Perbedaan Skutik Yamaha NMax 125 dan 150!

Perbedaan Skutik Yamaha NMax 125 dan 150!

3775
0

OTONITY.com – Perbandingan Motor Yamaha NMax 125 dan NMax 150 Terbaru. Baru-baru ini Yamaha Eropa kabarnya bakal segera menjual New Yamaha NMAX 125 di beberapa negara untuk menjadi pesaing baru bagi Honda PCX 125 yang sudah terlebih dulu menguasai pasar motor matik bongsor di negara benua biru tersebut. Menariknya motor matik berkapasitas 125 cc dari Yamaha itu merupakan hasil buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di pabrik Pulo Gadung, Jakarta Timur. Yamaha Eropa sendiri mendatangkannya dari Indonesia secara utuh dengan kode 2DS.

Seperti yang dijelaskan oleh M Abidin selaku GM Aftersalses Service and Motorsport PT YIMM beberapa waktu lalu bahwa mesin dari Yamaha NMAX vers 125 cc tersebut hampir sama dengan NMAX 150 yang juga diproduksi di Indonesia, Abidin juga membenarkan bahwa untuk pasar Eropa tersebut telah memakai teknologi yang sama seperti Yamaha Soul GT atau Mio M3 dan didukung pula penggunaan Variable Valve Actuation (VVA). Fitur baru ini sendiri memiliki fungsi sebagai pengatur camshaft yang membuat torsi maksimum terus terjaga di setiap putaran mesin.

Selain kapasitas mesin yang berbeda tentu ada beberapa perubahan lain antara Yamaha NMAX 125 dengan NMAX 150, sebut saja setelan rasio gir dan juga injeksi tidak sama, namun untuk urusan desain dan juga fitur Abidin memastikan antara keduanya tidak mengalami perubahan sama sekali termasuk teknologi ABS sebagai sistem pengamanan standar. Sampai saat ini belum ada kabar dari pihak Yamaha Indonesia apakah motor matik berkapasitas 125 cc terbarunya tersebut juga bakal dijual di Indonesia atau tidak.

Yamaha NMax 150 2015

Namun diprediksi apabila nantinya ada permintaan dari penggemarnya yang semakin banyak, bukan tidak mungkin YIMM juga akan menjualnya ke masyarakat tanah air mengingat harganya pun juga akan lebih murah dibandingkan dengan Yamaha NMAX 150. Untuk versi 125 cc ini hanya mampu menghasilkan tenaga mencapai 9,0 kw pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak 11,7 Nm pada 7.250 rpm dengan didukung teknologi SOHC 4 valve liquid cooler 4 stroke silinder tunggal.

New Yamaha NMAX 125 memiliki panjang 1.955 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.115 mm serta jarak terendah dengan tanah mencapai 135 mm. Meskipun memiliki bobot mencapai 127 kg namun motor matik ini tetap nyaman saat digunakan berakselerasi karena telah didukung oleh sasis tubular baru dan juga diklaim pihak Yamaha mampu menghasilkan bahan bakar lebih hemat yaitu 42,51 kilometer per liter.

Belum ada kabar apakah PT YIMM mengekspor Yamaha NMAX 125 tersebut ke benua Eropa saja atau ke beberapa negara lain, namun sebelumnya Masykur pernah menyampaikan bahwa pihaknya memiliki rencana untuk mengekspor ke seluruh dunia dengan kualitas lebih sempurna dan juga dengan teknologi lebih modern. Sebenarnya langkah YIMM dalam melakukan ekspor ke berbagai negara sudah cukup lama dilakukan, selain Yamaha NMAX ada motor sport seperti Yamaha R15, R25 hingga Yamaha V-Ixion yang rata-rata dikirim ke negara tetangga.

Jadi kualitas dari motor buatan Yamaha ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena beberapa negara mulai mempercayakan YIMM sebagai basis produksi, misalnya saja Yamaha R25 dengan fitur ABS dikirim ke Jepang untuk ikut meramaikan pasar motor 250 cc. Meskipun Yamaha sendiri berasal dari negara Jepang namun dipilihnya Indonesia sebagai tempat produksi adalah bukti bahwa kualitas dan kuantitas dari YIMM tidak kalah dengan negara lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here