Home Motor Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP Tahun 2017?

Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP Tahun 2017?

1987
0

OTONITY.com – Indonesia Gelar MotoGP Tahun 2017. Kabar gembira bagi pecinta motor balap di tanah air, pasalnya sesuai dengan pertemuan antara Carmelo Ezpelata selaku CEO Dorna Sport dan juga Menteri Pariwisata Arief Yahya pada hari Rabu (20/5) kemarin memunculkan spekulasi bahwa Indonesia berpeluang besar untuk menjadi salah satu tuan rumah di ajang MotoGP musim 2017 mendatang. Dorna sendiri yang merupakan penyelenggara ajang balap paling bergengsi di dunia tersebut memang menginginkan Indonesia bisa menjadi salah satu tuan rumah ajang balap MotoGP karena pihaknya menyadari masyarakat Indonesia merupakan salah satu penggemar MotoGP paling besar.

Hal itu terbukti dengan setiap adanya seri MotoGP pasti ada aktivitas nonton bareng meskipun terkadang harus diselenggarakan pada malam hari. Selain itu adanya beberapa merek motor yang turut membantu mempromosikan MotoGP di Indonesia juga salah satu bukti bahwa di negara ini memiliki potensi yang cukup bagus sebagai penyelenggara. Sebut saja pabrikan Yamaha, Honda dan Suzuki selalu meraih penjualan yang cukup bagus ketika meluncurkan motor baru dengan livery MotoGP. Sayangnya kendala utama bagi Indonesia untuk bisa menyelenggarakan ajang MotoGP adalah kurang tersedianya fasilitas dan juga SDM kurang memadai sehingga sangat sulit sekali untuk bisa memenuhi syarat yang telah ditetapkan.

Menanggapi hal tersebut Irawan Sucahyono selaku Advisor Sirkuit Sentul sudah berbicara dengan Menteri Pariwisata mengenai kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2017, meskipun demikian Ezpelata tidak bisa memastikan apakah Indonesia benar-benar bisa menjadi salah satu penyelenggara mengingat sampai detik ini Sirkuit Sentul yang merupakan trek balap paling besar di Indonesia masih jauh dari harapan. Namun peluang tersebut tetaplah ada apabila Indonesia bisa melakukan penyegaran pada Sirkuit Sentul terutama di bagian aspal dan Paddock pebalap.

Balap MotoGP di Sirkuit Sentul

Pihak Dorna sendiri sudah memberikan batas akhir hingga 2021 mendatang bagi Indonesia untuk segera berbenah diri. Ezpelata pun berjanji akan terus bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata untuk bisa menggelar MotoGP di tanah air. Bahkan dalam tiga bulan ke depan akan dibuat nota kesepahaman untuk rencana tersebut. Perlu anda ketahui balap MotoGP mulai musim 2016 mendatang akan memakai 20 seri yang biasanya hanya 19 seri. Dapat dipastikan salah satu tuan rumah baru adalah Thailand dan ini membuktikan bahwa negara-negara tetangga sudah memiliki infrastruktur yang lebih maju dibandingkan Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan Indonesia juga mampu menjadi tuan rumah ajang balap ini.

Sebelumnya sudah ada Malaysia dengan sirkuit Sepang yang sudah terlebih dulu menjadi bagian MotoGP dan Formula 1. Selain itu ada juga Sirkuit jalanan dari Singapura juga ikut serta dalam salah satu seri balap Formula 1. Indonesia dengan penggemar balap terbesar di Asia Tenggara justru belum mampu menyelenggarakan ajang bergengsi tersebut, padahal bukan tidak mungkin dengan adanya MotoGP maupun balap F1 di Indonesia secara tidak langsung juga mendongkrak nilai ekonomi dari sektor pariwisata. Bahkan Menteri Pariwisata Arief Yahya menyadari Indonesia bisa meraih keuntungan besar terutama jika menyelenggarakan MotoGP. Pasalnya hanya dalam 4 hari berlangsungnya balapan pihak MotoGP sudah melakukan pengeluaran sebanyak 91,73 juta dolar atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 1,4 triliun.

Tentu ini menjadi kesempatan yang sangat bagus bagi pecinta balap di tanah air karena bisa menyaksikan secara langsung para riders idolanya bisa beraksi langsung di depan mata. Indonesia sendiri sudah sering kedatangan beberapa bintang balap MotoGP seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Marc Marquez, Pol Espargaro, Nicky Hayden dan masih banyak lagi. Hanya saja kedatangan mereka ke Indonesia hanya sebatas kerjasama promo produk saja. Bahkan beberapa waktu lalu tim Repsol Honda MotoGP memilih Bali sebagai tempat launching dua motor sport yang akan digunakan oleh Pedrosa dan Marquez untuk musim 2015 ini.

Update : Sirkuit Sentul Indonesia Batal Gelar MotoGP 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here