Home Mobil Toyota Avanza dan Agya Bantu Penjualaan Saat Pasar Lesu!

Toyota Avanza dan Agya Bantu Penjualaan Saat Pasar Lesu!

1634
0

OTONITY.com – Penjualan Toyota Indonesia Menurun di April 2015. Melemahnya perekonomian otomotif dalam negeri ternyata juga berdampak pada pabrikan PT Toyota Astra Motor (TAM). Hasil kurang memuaskan diraih Toyota Indonesia pada bulan April kemarin dan menurut data yang telah dirilis penjualan secara Wholesales atau pabrik ke dealer hanya mampu meraih 30.053 unit saja sepanjang April 2015. Angka tersebut sebenarnya turun tipis dibandingkan bulan Maret silam yang sukses mencapai 31.801 unit, meskipun demikian ternyata dari segi pangsa pasar Toyota justru mengalami kenaikan cukup signifikan yaitu dari 32 persen menjadi 36,8 persen pada April 2015.

Menurut Suparno Djasmin selaku Vice President Director PT Toyota Asta Motor menjelaskan sejak akhir tahun 2014 penjualan di industri otomotif terus mengalami penurunan yang tidak hanya terjadi pada Toyota saja namun turut berimbas ke seluruh pabrikan di Indonesia. Tentu ada beberapa upaya dari pihak Toyota untuk keluar dari keterpurukan tersebut seperti melakukan penyegaran pada berbagai produk seperti hadirnya Toyota Rush Facelift beberapa waktu lalu serta rencana untuk menambahkan line up baru. Selain itu TAM juga melakukan Continuous Improvement terhadap layanan purna jual untuk memberikan peningkatan pelayanan terhadap konsumennya.

Sementara itu menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) pada bulan April 2015 ini tercatat ada 81.600 unit mobil yang sudah terjual secara wholesales dan Toyota Avanza masih menjadi penguasa dengan meraih penjualan sebanyak 11.686 unit, sedangkan Toyota Agya yang berada di segmen LCGC berhasil terjual hingga 4.506 unit. Di urutan berikutnya ada MPV bongsor Toyota Innova dengan sukses memperoleh penjualan mencapai 4.162 unit dan SUV Toyota Rush meraih 3.068 unit. Hatchback berdesain elegan yaitu Toyota Yaris justru terus mengalami penurunan penjualan dengan hanya meraih 1.450 unit saja.

mobil terbaru toyota agya 2015 indonesia

Memang kelas MPV masih banyak diminati konsumen tanah air dengan alasan lebih nyaman digunakan serta memiliki ruang kabin cukup luas. Di tambah lagi semakin banyaknya pilihan membuat segmen mobil keluarga terus mendominasi penjualan. Di Indonesia Toyota Avanza memiliki beberapa pesaing berat seperti saudaranya sendiri Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga hingga Chevrolet Spin.

Sedangkan untuk segmen hatchback meskipun relatif lebih kecil namun ternyata Toyota Agya masih mampu bertahan dari para pesaing lainnya di kelas LCGC yang kini semakin ketat. Untuk harga memang Toyota Agya memiliki banderol yang lebih tinggi namun dari segi desain memiliki tampang lebih agresif dan sporty. Sementara itu di segmen SUV Toyota Rush generasi terbaru meluncur bersamaan dengan saudaranya New Daihatsu Terios untuk bersaing dengan SUV lainnya seperti Honda HR-V maupun Nissan Juke. Tampilan keduanya memang tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya namun sudah mendapatkan beberapa pembaruan baik dari segi fitur maupun kenyamanan.

PT TAM masih mempercayakan Toyota Yaris di segmen hatchback menengah, meskipun dalam beberapa bulan terakhir ketenaran mobil pesaing Honda Jazz ini sedikit menurun namun tetap saja menjadi pilihan utama bagi para konsumen tanah air berkat desain stylish baik dari sisi depan maupun belakang. Toyota Indonesia berharap pada semester kedua mendatang penjualan mobil bisa kembali bergairah apalagi pada bulan Agustus akan ada dua pameran otomotif terbesar di tanah air bertajuk IIMS dan GIIAS 2015.

Semakin memburuknya nilai tukar rupiah terhadap dolar yang kini sudah menyentuh angka Rp 13.100 memang menjadi penyebab utama menurunnya penjualan mobil di Indonesia. Terutama bagi pabrikan yang mendatangkan produknya dari luar negeri semakin menambah sulit dalam melakukan pemasara karena secara otomatis harganya pun harus disesuaikan dengan nilai rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here