Home Honda Honda Indonesia Ekspor BeAT eSP Ke Filipina

Honda Indonesia Ekspor BeAT eSP Ke Filipina

1443
0

OTONITY.com – Motor Matic Honda BeAT eSP Diekspor Ke Filipina. Untuk pertama kalinya PT Astra Honda Motor (AHM) mengekspor motor matik terbarunya yaitu New Honda BeAT eSP baik untuk tipe CW maupun CBS-ISS. Negara pertama yang menjadi tujuan dari AHM adalah Filipina dan saat acara pelepasan disaksikan langsung oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin serta Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementrian Perdagangan, Nus Nuzulia Iskak dari AHM Cikarang dan ditemani oleh Daiki Mihara selaku President Director Honda Filipina.

Menurut Toshiyuki Inuma selaku President Director PT AHM menjelaskan dua tipe dari Honda BeAT eSP yang dipilih tersebut dianggap sebagai produk terbaik dan sesuai untuk para konsumen di pasar Filipina. Hadirnya teknologi baru yang disematkan di motor matik terlaris tersebut menjadikannya lebih hemat bahan bakar serta ramah lingkungan. Untuk tahap pertama pihak AHM akan mengekspor sebanyak 30.000 unit Honda BeAT eSP ke Filipina dan rencananya jumlah tersebut akan terus bertambah secara bertahap. Bahkan untuk tahun depan Honda Indonesia menargetkan volume ekspor diharapkan mampu menembus angka hingga 50.000 unit per tahun.

Inuma sangat yakin sekali Honda BeAT generasi terbaru ini mampu diterima dengan baik oleh konsumen Filipina karena motor matik andalannya tersebut sudah dibekali berbagai fitur baru serta memiliki kualitas terbaik sehingga diharapkan mampu bersaing di pasar global. Honda BeAT eSP yang diekspor ke negara tetangga tersebut memiliki kandungan dalam negeri sebesar 98 persen dan secara total terdapat 420 komponen yang terdapat di dalamnya. Menurut pihak AHM semua komponen tersebut disuplai dari 86 perusahaan lokal baik dari kerjasama dengan UKM binaan AHM maupun perusahaan swasta.

Honda BeAT eSP 2015 Ekspor

Sementara itu Menteri Perindustrian Saleh Husin berharap dengan adanya pengiriman unit ke beberapa negara membuktikan bahwa produk buatan dalam negeri memiliki kualitas yang tidak kalah dengan negara lain di kawasan Asia seperti Thailand. Husin memberikan target kepada PT AHM untuk terus meningkatkan ekspor menjadi 100 ribu unit per tahun karena dirinya menilai jumlah pengiriman motor ke Filipina masih tergolong kecil dibandingkan dengan volume produksi pabrik AHM di Cikarang yang mampu membuat hingga 1,1 juta unit per tahun.

Saleh Husin berpesan agar AHM juga melakukan ekspor kendaraan dengan mesin di atas 150 cc karena untuk menembus pasar global produk dengan mesin besar lebih banyak diminati terutama di pasar Eropa. Sayangnya Honda Indonesia belum banyak memiliki motor dengan mesin di atas 150 cc sehingga permintaan dari Menteri Perindustrian tersebut belum bisa terlaksana dalam waktu dekat. Namun tidak menutup kemungkinan pula AHM bakal mulai menjual motor dengan kubinasi besar untuk menjaring lebih banyak konsumen dari negara luar.

Sekedar informasi Honda BeAT eSP yang di ekspor ke Filipina masih memakai mesin 125 cc dan dipastikan bakal bersaing dengan Yamaha Mio buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Menurut Daiki Minaha selaku Presiden Direktur Honda Filipina pasar Yamaha memang masih cukup kuat dan terus mendominasi dalam beberapa tahun terakhir.

Honda BeAT eSP didatangkan secara utuh dari Indonesia ke Filipina dan akan menemani dua motor matik lain yang juga didatangkan secara impor yaitu Honda Zoomer serta Honda Click dari Thailand. Di Filipina Honda menguasai pasar mencapai 45 persen namun jumlah tersebut masih kalah jauh dibandingkan dengan Indonesia karena secara penduduk juga kalah besar. 30.000 ribu unit Honda BeAT sudah siap di ekspor namun belum di ketahui berapa harga resminya untuk pasar Filipina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here