Home Mobil Harga Mobil Suzuki Indonesia Tengah Siapkan APV Airbag?

Suzuki Indonesia Tengah Siapkan APV Airbag?

1663
0

OTONITY.com – Fitur Keamanan Baru Suzuki APV 2015. Selain mengandalkan Suzuki Ertiga di segmen mobil keluarga di Indonesia PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) R4 juga memiliki satu model MPV lainnya yaitu Suzuki APV, di pasar tanah air sendiri mobil berkabin luas ini tersedia dalam dua varian di antaranya Suzuki APV Arena serta Suzuki APV Luxury. Memang secara dimensi maupun ruang kabin milik Suzuki APV jauh lebih luas dibandingkan Suzuki Ertiga namun sayangnya APV belum dilengkapi dengan fitur airbag sebagai sistem keamanan paling penting dalam sebuah kendaraan.

Suzuki APV hanya memiliki fitur keselamatan berupa kerangka TECT (Total Effective Control Technology) yang berfungsi mengalihkan energi benturan serta didukung dengan monocogue body dan ladder frame dengan sasis bahan lebih ringan namun tetap kokoh sehingga semakin aman ketika terjadi kecelakaan. Sebenarnya Suzuki APV juga sudah dilengkapi dengan Side Impact Beam pada bagian dalam pintu untuk mencegah engsel pintu terkunci ketika terjadi benturan. Tidak ketinggalan pula sabuk pengaman dengan dipadukan teknologi ELR (Emergency Lock Retractor). Beberapa fitur tersebut tentu terasa kurang lengkap jika tidak terdapat teknologi Airbag di dalamnya.

Kabar terbaru ternyata Suzuki Indonesia sudah menyiapkan Suzuki APV dengan fitur Airbag dan sudah tercantum di data TPT Online (Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor) di Kementrian Perindustrian dan pada daftar tersebut SIS membekalinya dengan transmisi manual. Sayangnya belum ada kabar dari pihak Suzuki apakah fitur airbag nanti akan terdapat di semua varian atau hanya di tipe APV Luxury saja. Semoga saja SIS segera meluncurkan generasi terbaru dari Suzuki APV tersebut dan dengan adanya fitur keselamatan tambahan ini diharapkan mampu mengurangi jumlah kecelakaan di jalan raya. Hanya saja tidak dijelaskan secara rinci kapan peluncuran generasi terbaru tersebut dan mengenai spesifikasi lengkapnya.

Suzuki APV Luxury 2014 Indonesia

Sekedar informasi PT SIS terakhir kali meluncurkan New Suzuki APV Luxury bertepatan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 silam. Versi termewah ini hadir dalam balutan yang lebih elegan dengan ornamen krom di beberapa bagian. Disematkan pula velg baru dengan dua ukuran yaitu 15 inci dan 17 inci. Sementara itu di dalam ruang kabin penumpang akan dimanjakan dengan adanya dua jok model dengan captain seat di baris kedua serta sudah disematkan lapisan kulit khusus.

Untuk harganya sendiri New Suzuki APV Luxury dibanderol dengan harga Rp 195 juta hingga Rp 213,1 juta dengan status on the road Jakarta. Perlu anda ketahui mobil yang mampu menampung hingga 8 penumpang ini mengusung mesin berkapasitas 1.5 liter 4 silinder 16 katup yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 105 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak hingga 126 Nm pada 3.000 rpm. Hadirnya dapur pacu tersebut membuat Suzuki APV mampu berakselerasi dengan sangat baik meskipun memiliki dimensi cukup besar dan diklaim memiliki konsumsi bahan bakar lebih hemat berkat disematkannya teknologi Stop and GO.

Bukan tidak mungkin untuk generasi terbaru Suzuki APV nanti jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga model lama karena terdapat fitur tambahan seperti airbag. Sampai saat ini belum ada kabar resmi dari pihak Suzuki Indonesia apakah untuk model anyar ini memiliki perubahan desain atau tidak. Diperkirakan untuk bagian dapur pacu tidak akan mengalami peningkatan karena SIS masih mempercayakan mesin 1.500 cc untuk mobil keluarga termasuk pada Suzuki Ertiga. Tunggu saja kabar selajutnya dan semoga generasi terbaru nanti memiliki perubahan yang cukup signifikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here