Home Motor Penyebab Electric Starter Motor Susah Dinyalakan

Penyebab Electric Starter Motor Susah Dinyalakan

7698
0

OTONITY.com – Penyebab Sepeda Motor Sulit Distarter. Ada kalanya motor anda menjadi sangat sulit sekali menyala jika menggunakan elektrik starter, padahal sebelumnya tidak ada masalah mengenai bagian tersebut dan setelah dilakukan pengecekan di bagian aki ternyata juga tidak ada kerusakan sama sekali. Padahal sebenarnya masalah pada elektrik starter tidak hanya disebabkan oleh aki saja melainkan juga bisa saja terjadi karena sekring putus atau kabel yang terkelupas sehingga menyebabkan korsleting. Untuk itulah selalu periksa bagian kelistrikan terutama kabel yang terhubung ke bagian depan, sistem kelistrikan menjadi komponen paling penting pada sebuah kendaraan dan harus selalu dilakukan perawatan secara berkala.

Meskipun sebenarnya jika starter elektrik mengalami kerusakan tetap saja pemilik bisa menyalakan dengan menggunakan kick starter, namun bagi motor matik tentu menjadi kesulitan tersendiri karena harus menggunakan standar tengah sehingga memakan waktu lebih lama. Bahkan untuk motor injeksi kelistrikan pada sebuah kendaraan harus selalu optimal agar pasokan bensin menuju injektor bisa mengalir sempurna. Saat ini para pabrikan sudah memberikan pengamanan yang lebih baik pada bagian kabel supaya tidak mudah terkelupas maupun korsleting ketika terkena air. Meskipun demikian seiring berjalannya waktu tetap saja kelistrikan termasuk kabel akan mengalami kerusakan sehingga perlu diganti dengan yang baru.

Sebenarnya untuk merawat kelistrikan pada kendaraan bermotor tidak terlalu susah terutama pada bagian kabel. Biasanya cover kabel yang aus tandanya adalah mengeras dan mudah robek sehingga mengakibatkan kawat kabel keluar dari pelindungnya. Tentu sangat berbahaya sekali jika sampai terkena air atau kotoran karena mengakibatkan korseleting atau bisa juga menyebabkan aki cepat soak. Selain memeriksa bagian cover kabel jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi soket-soket penghubung antar kabel dan apabila terdapat kotoran maupun sudah mulai berkarat sebaiknya segera bersihkan, caranya pun juga sangat mudah sekali yaitu anda tinggal menyingkirkan kotoran menggunakan sikat gigi lalu untuk mengusir karatan pakai kain lembut dan kering kemudian gosok secara perlahan. Kalau anda tidak ingin repot bisa juga dengan cara lebih simpel lagi yaitu menggunakan semprot cair penghilang kerak.

Cara Merawat Kelistrikan Motor

Namun jika motor anda sudah berusia lebih dari 3 tahun dan terdapat tanda-tanda kerusakan pada bagian kelistrikan disarankan untuk mengganti satu set kabel beserta aki agar kelistrikan kembali normal seperti baru. Tentu biaya yang dikeluarkan juga lebih besar dan untuk itulah sebaiknya selalu cek kondisi kendaraan anda terutama di bagian kabel. Disarankan membeli langsung di dealer resmi dan pastikan mendapatkan suku cadang orisinil. Untuk memasangnya bisa dilakukan di tempat anda beli jadi tidak perlu repot-repot memasangnya sendiri.

Tips bagi anda yang sering bepergian terutama saat cuaca hujan sebaiknya segera cuci atau semprot kendaraan anda menggunakan air keran, langkah ini dilakukan untuk menghindari karatan di beberapa bagian terutama pada soket penghubung, khusus bagi motor injeksi disarankan untuk tidak menyemprot dengan tekanan air terlalu kuat supaya tidak masuk ke dalam ruang injektor. Setelah selesai mencuci langsung bersihkan menggunakan kain dengan serap air cukup tinggi seperti kanebo supaya tidak menimbulkan bercak bekas sabun maupun cairan di bagian bodi.

Itulah beberapa tips sederhana mengenai cara merawat kelistrikan dan juga tips mengetahui penyebab starter elektrik mati pada kendaraan bermotor. Sebenarnya jika anda selalu rutin melakukan servis di dealer resmi tentu motor tidak akan mudah rusak dan yang paling penting tetap mendapatkan onderdil asli sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Baca Juga, Penyebab Electric Starter Motor Matik Sulit Dihidupkan dan Tips Merawat Aki Motor Agar Tidak Cepat Tekor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here