Home Kawasaki Perbandingan Suzuki Satria F115 dan Kawasaki Athlete Pro 125

Perbandingan Suzuki Satria F115 dan Kawasaki Athlete Pro 125

1935
0

OTONITY.com – Perbedaan Kawasaki Athlete Pro dan Suzuki Satria F115 2015. Meskipun pasar motor bebek mengalami penurunan permintaan dalam beberapa tahun terakhir namun sepertinya tidak menyurutkan niat PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) untuk menghadirkan underbone terbaru bernama Kawasaki Athlete Pro, secara tidak langsung produk buatan KMI tersebut bakal bersaing ketat dengan Suzuki Satria F115 Young Star yang juga baru saja dirilis oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pekan lalu. Kedua motor tanpa kopling ini memang tidak memiliki spesifikasi mesin yang sama karena untuk Satria F115 mengusung dapur pacu berkapasitas 115 cc sedangkan untuk Kawasaki Athlete memakai mesin 125 cc.

  • Harga

Meskipun demikian bukan berarti persaingan keduanya terhenti, karena dari segi harga juga tidak jauh berbeda yaitu Rp 16,5 juta untuk Suzuki Satria F115 dan Rp 17 juta on the road bagi Kawasaki Athlete. Tentu saja perbedaan harga yang sangat tipis ini bisa membuat konsumen memiliki pilihan cukup berat untuk bisa memilih di antara kedua model tersebut. Apalagi khusus untuk Suzuki Satria F115 merupakan pendatang baru.

  • Dimensi

Beralih ke sektor dimensi antara keduanya juga tidak jauh berbeda, misalnya saja untuk Kawasaki Athlete Pro memiliki panjang sekitar 1.920 mm, lebar 695 mm, tinggi 970 mm, jarak terendah dengan tanah 150 mm dan jarak poros roda mencapai 1.240 mm. Sedangkan untuk bobotnya sendiri motor ini mencapai 140 kg pada saat tangki bahan bakar dalam kondisi kosong. Sementara itu untuk Suzuki Satria F115 mempunyai bentuk sedikit lebih kecil yaitu dengan panjang 1.915 mm, lebar 655 mm, tinggi 1.000 mm serta memiliki jarak terendah dengan tanah 145 mm dan jarak poros roda 1.220 mm. Untuk bobotnya terbilang jauh lebih ringan karena hanya mempunyai berat 95 kg saja.

Kawasaki Athelete Pro 2015

  • Kaki-Kaki

Baik Suzuki Satria F115 maupun Kawasaki Athlete sama-sama memakai suspensi depan jenis teleskopik fork, hanya saja untuk bagian belakang pada Athlete memakai model monoshock sehingga nampak lebih sporty sedangkan pada Satria F115 justru menggunakan shock ganda sama seperti motor bebek pada umumnya, padahal untuk kakaknya yaitu Suzuki Satria F150 sudah mengusung model monoshock. Sementara itu di sektor ban antara keduanya tidak jauh berbeda karena memakai ukuran 70/90 – 17 untuk yang depan dan 80/90 – 17 di bagian belakang.

  • Spesifikasi mesin

Seperti yang sudah dijelaskan di atas untuk sektor dapur pacu tentu New Kawasaki Athlete Pro lebih diunggulkan karena mengusung mesin lebih besar yaitu berkapasitas 125 cc satu silinder SOHC dua katup 4 langkah dengan transmisi manual empat percepatan yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 9,7 hp pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak hingga 8,6 Nm pada 6.000 rpm. Sedangkan untuk Suzuki Satria F115 Young Star masih memakai mesin 113 cc dengan air cooled 2 katup serta bore dan stroke berukuran 51 mm x 55,4 mm. Salah satu keunggulan dari Suzuki Satria F115 adalah sudah menganut teknologi fuel injection sehingga diklaim lebih hemat bahan bakar serta ramah lingkungan, bandingkan dengan Kawasaki Athlete Pro yang masih mengusung teknologi karburator di sektor pengapiannya.

  • Review

Sekedar informasi bahwa New Suzuki Satria F115 Young Star sengaja dirilis guna memperluas minat konsumen dengan usia remaja dan sekaligus memanfaatkan ketenaran saudaranya yaitu Suzuki Satria FU150, meskipun secara mesin jauh lebih rendah namun untuk urusan desain versi mungil ini memiliki tampilan yang tidak kalah menarik termasuk di bagian batok kepala tetap mempertahankan ciri khas. Sementara itu untuk Kawasaki Athlete diluncurkan oleh PT KMI tanpa seremonial dan sengaja diberikan penyegaran baru karena banyak penggemar yang menginginkan produk selain motor sport.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here