Tanda Pendingin Mesin Kendaraan Alami Kerusakan

0

OTONITY.com – Ciri Pendingin Mesin Pada Kendaraan Rusak. Ada banyak alasan mengapa pabrikan selalu menghimbau kepada pemilik mobil untuk selalu melakukan perawatan maupun servis secara teratur, selain agar tampil prima juga bertujuan untuk mengetahui komponen apa saja yang mengalami kerusakan. Salah satu bagian di dalam mobil terutama di sektor dapur pacu yang sering sekali luput dari perhatian pemilik adalah sistem pendingin. Padalah komponen ini sangatlah penting dalam menjaga kenyamanan berkendara terutama saat cuaca sedang panas. Setidaknya ada beberapa gejala penyebab pendingin mesin mobil anda mengalami kerusakan dan yang paling sering timbul adalah overheating atau panas berlebihan di bagian mesin sehingga mengakibatkan kendaraan mogok saat digunakan.

Sayangnya banyak pemilik mobil mengabaikan sistem pendingin tersebut sehingga kerusakannya pun bertambah parah. Padahal dengan melakukan perawatan secara rutin bisa memperpanjang usia pendingin mesin seperti memeriksa pada bagian selang, belts, pompa air hingga cairan yang sesuai agar mesin tetap terasa dingin. Pendingin pada dapur pacu ini sendiri berfungsi untuk menghilangkan panas selama proses pembakaran yang terkadang bisa menyentuh angka hingga 200 derajat celcius. Jika semua bagian berjalan dengan normal maka kenyamanan selama perjalanan pun tidak akan terganggu dan bisa sampai tujuan tanpa kendala sama sekali.

Sistem pendingin pada mesin setidaknya ada tiga bagian yaitu radiator, udara dan pelumas. Radiator menjadi bagian yang harus diwaspadai oleh para pemilik karena sering sekali mengalami kerusakan. Ada beberapa komponen pendukung pada radiator tersebut seperti pipa yang berfungsi menyalurkan air pendingin menuju tempat pembakaran. Terutama di bagian sambungan pipa pastikan tidak terdapat kebocoran. Selanjutnya anda juga disarankan untuk selalu memeriksa bagian selang radiator, tekanan suhu terlalu tinggi dan terus menerus bisa mengakibatkan selang yang terbuat dari bahan karet tersebut menjadi melar dan akibatnya menghambat aliran air pendingin sehingga mempengaruhi kinerja dari radiator tersebut dan sebaiknya segera ganti dengan selang yang baru.

Terakhir periksa pula pada bagian penutup radiator dan pastikan sudah tertutup dengan rapat, bagian yang satu ini sangat sering dianggap sepele oleh para pemilik padahal untuk memeriksanya tidak membutuhkan waktu lama. Di dalam pendingin mesin juga terdapat kipas yang selalu menjaga kondisi suhu pada ruang dapur pacu agar tetap pada posisi 90 derajat celcius. Agar bagian ini tetap berputar semestinya disarankan untuk selalu memeriksa cairan silikon dan tali kipas. Untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan sebaiknya selalu membawa ke bengkel resmi agar dilakukan perbaikan, meskipun mematok harga yang sedikit lebih tinggi namun jika anda datang ke bengkel sesuai rekomendasi pabrikan maka pelayanan yang diberikan pun juga lebih maksimal serta mendapatkan garansi. Selain itu jika ada beberapa bagian yang mengalami kerusakan juga akan diganti dengan barang orisinil.

Masalah overheating pada mobil memang sering terjadi pada sebuah kendaraan yang jarang sekali mendapatkan perawatan terutama pada mobil dengan usia hampir 10 tahun. Bahkan tidak jarang pula akibat overheating kendaraan bisa terbakar, kejadian seperti ini tentu sangat berbahaya sekali bagi anda maupun keluarga. Tidak ada salahnya jika anda meluangkan sedikit waktu untuk mengecek sendiri di rumah sebelum mobil digunakan, apabila terdapat tanda-tanda seperti air menetes atau terdapat rembesan oli sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dealer sesuai dengan merek mobil anda.

Itulah beberapa ciri-ciri tentang kerusakan pendingin pada mesin mobil dan tips mudah cara mengatasinya. Penyebab mesin mobil cepat panas memang tidak hanya disebabkan oleh pendingin mesin saja namun juga akibat pemilik yang tidak pernah melakukan servis dan terus memakainya setiap hari. Baca Juga, Penyebab & Cara Mengatasi Mesin Mobil Cepat Panas dan Tips Membersihkan Mesin Mobil Dengan Efektif.

ciri2 kipas pendingin motor matic bermasalah, Gejala motor cb150r, kenapa motor stater dapat berputar secara teratur, kerusakan pipa pendingin radiator, kipas radiator cb150r, seputar kipas kipas radiator brio, servis pompa oli dan radiator vario lama, tanda tanda kerusakan sistim pendingin mesin mobil, tujuan sistem pendingin pada mesin mobil

SHARE
Previous articlePenyebab Electric Starter Motor Susah Dinyalakan
Next articleModifikasi Yamaha MX King 150 Ala Street Racing
Sudah memiliki hobi menulis dari SD, tembok kamar dan tembok tetangga pun sudah pernah jadi sasaran. Sekarang lebih baik mengetik saja tidak perlu tipe-X dan sudah pasti bisa dibaca! Keep Riderhood!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY