Thursday, June 4th, 2015 - Honda, Motor, News

OTONITY.com – Motor Honda 150cc Siap Diekspor. Menanggapi permintaan Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin yang beberapa waktu lalu sempat meminta pada PT Astra Honda Motor (AHM) untuk mengekspor motor dengan mesin 150 cc ke atas, Honda Indonesia pun ternyata langsung merespon dan akan terus berusaha sebaik mungkin. Hal itu diungkapkan sendiri oleh Toshiyuki Inuma selaku Presiden Direktur AHM bahwa bisa saja pihaknya mengirim model dengan mesin 150 cc ke atas asal ada permintaan dari negara lain. Dirinya menambahkan pihak Honda Indonesia merasa sangat senang sekali jika produk buatannya bisa diterima dengan baik di negara lain baik di segmen motor bebek, matik maupun motor sport.

Sebelumnya pada hari Selasa (26/5) PT Astra Honda Motor dengan didampingi oleh Menperin Saleh Husin memulai upacara pelepasan 30 ribu unit Honda BeAT eSP ke negara Filipina. Semua unit tersebut diekspor secara utuh dan rencananya akan menyusul beberapa model lagi dalam waktu dekat meskipun tidak diumumkan secara pasti motor apa yang dimaksud tersebut. Honda BeAT yang dikirim ke negara tetangga tersebut diproduksi di pabrik Honda Indonesia di kawasan Cikarang, Bekasi dan mampu memproduksi sebanyak 1 juta unit setiap tahunnya.

Salah satu alasan Menperin yang meminta AHM untuk mengekspor motor dengan mesin di atas 150 cc adalah karena pasar permintaan terutama di negara Eropa jauh lebih tinggi dibandingkan dengan motor di bawah 150 cc. Dengan memberikan lebih banyak produk yang dikirim ke luar negeri maka bisa meningkatkan daya saing Indonesia dengan negara lain. Apalagi hampir semua komponen yang digunakan hasil buatan dalam negeri seperti milik Honda BeAT eSP dengan kandungan lokal mencapai 98 persen. Sayangnya jika dibandingkan dengan pesaing utamanya yaitu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) jumlah ekspor dari AHM memang jauh tertinggal.

Honda BeAT eSP 2014

Meskipun Honda mendominasi pasar dalam negeri namun untuk urusan ekspor YIMM lebih diunggulkan dan bahkan sudah mulai mengirim produknya ke Jepang dan Eropa. Terakhir ada New Yamaha NMAX dengan mesin 125 cc akan dikirim ke Inggris dan beberapa negara lain, sementara itu motor sport Yamaha R25 dan Yamaha R15 juga sudah merambah negara tetangga seperti Malaysia, Thailand bahkan India. Tidak hanya itu saja New Yamaha V-Ixion bahkan menjadi raja sebagai motor paling banyak diekspor berkat permintaan yang sangat tinggi di negara Asean.

Sedangkan PT Astra Honda Motor baru mengirim Honda Supra X ke negara Timor Leste dan Honda BeAT ke Filipina. Meskipun demikian AHM optimis dalam beberapa tahun mendatang jumlah ekspor produknya akan terus bertambah dan diharapkan bisa menyamai jumlah pesaingnya tersebut. Memang sudah seharusnya Honda Indonesia bisa berbicara banyak untuk masalah ekspor, jika di dalam negeri pabrikan berlogo sayap kepak ini bisa menguasai pasar mencapai 60 persen lebih maka bukan tidak mungkin berbagai model motor andalannya seperti di segmen matik turut meramaikan pasar luar negeri.

Honda CBR250RR Versi Repsol Edition, Cuma Tersedia 1.000 Unit

Honda Vario 110 eSP 2017 Usung Warna Baru, Harga Tetap

Honda PCX 2017 Warna Baru Hadir Di Indonesia

Ini Daftar Harga Motor Sport 250cc Maret 2017

Kelebihan Lampu LED Honda Vario 110 FI eSP Terbaru 2017

Yamaha Jupiter MX 135 Harga, Fitur, Kelebihan Dan Kekurangan

Cara Mengurus Perpanjang SIM A, SIM C Dan SIM B

Yamaha MT-25 2017 Harga, Fitur Dan Kelebihan

Harga Moge Indian 2017 Di Indonesia Mulai Rp 400 – 800 Jutaan

Spesifikasi Mobil Porsche Macan Terbaru 2017 Indonesia