Home Kawasaki Kawasaki Stop Produksi Ninja 2 Tak Bulan Juli 2015!

Kawasaki Stop Produksi Ninja 2 Tak Bulan Juli 2015!

3165
0

OTONITY.com – Produksi Kawasaki Ninja RR 150cc Dihentikan. Kabar mengejutkan datang dari PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang mengungkapkan bahwa mulai bulan Juli 2015 nanti motor sport Kawasaki Ninja bermesin 2-tak bakal berhenti produksi. Kabar tersebut diungkapkan langsung oleh Bobby Bharata selaku Head of Sales and Promotion Department PT KMI beberapa waktu yang lalu. Dirinya menjelaskan pada pertengahan tahun ini produksi semua motor dua tak dari Kawasaki akan discontinue dan belum jelas kapan bakal kembali hadir.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya bahwa Kawasaki Ninja RR 2-tak bakal diberhentikan produksi maupun penjualannya karena terkendala oleh regulasi pemerintah Indonesia mengenai kandungan emisi Euro 3, selain itu motor ini juga terkendala oleh suara knalpot yang terlalu keras sehingga dianggap mengganggu pengendara lain. Kabarnya sebagai penggantinya PT KMI akan digantikan oleh Kawasaki Ninja RR Mono dengan mesin 250 cc dan berpenggerak 4-tak.

Kawasaki Ninja RR Mono terbaru nantinya akan memakai mesin yang sama seperti milik Kawasaki KLX 250 atau dari motor sport trail lain yang sudah pernah mereka luncurkan sebelumnya. Menurut Bobby perakitannya nanti bakal dilakukan di Indonesia atau tepatnya di pabrik baru milik KMI yang ada di kawasan Cibitung. Hal itu dilakukan selain mempermudah dalam pengiriman juga berpengaruh terhadap nilai jual.

Kawasaki Ninja RR 2-Tak Berhenti Produksi

Cukup disayangkan memang jika melihat Kawasaki Ninja 2-tak harus discontinue, padahal motor sport yang satu ini sudah memiliki penggemar cukup banyak dan bahkan menjadi penyumbang penjualan KMI yang sangat besar. Meskipun demikian tetap harus diakui bahwa Ninja mesin 2-tak ini memang belum memenuhi regulasi emisi yang sudah ditetapkan pemerintah dalam menjaga kualitas udara. Bobby mengatakan Ninja 2-tak akan menjadi sepeda motor legendaris yang bakal diburu oleh para kolektor karena memiliki sejarah cukup pajang di Indonesia

Sebenarnya KMI sudah berhasil membuat kadar karbondioksida (CO2) dari Kawasaki Ninja 2-tak  menjadi lebih ramah lingkungan serta sesuai standar. Hanya saja untuk bagian suara kebingisan pada knalpot dan mesin belum memenuhi syarat. Jika KMI memaksakan Ninja mesin 2-tak untuk sesuai aturan Euro3 kemungkinannya sangat kecil sekali dan jika benar-benar bisa dilakukan hasilnya pun akan mengecewakan karena harus mengorbankan tenaga dari motor tersebut.

Beberapa varian Kawasaki Ninja 2 tak yang kemungkinan bakal berhenti produksi diantaranya adalah Ninja R, Ninja RR dan Ninja SS. Semoga saja Kawasaki Indonesia memiliki cara lain untuk bisa mempertahankan motor sport dua tak andalannya tersebut agar bisa tetap dijual di pasar tanah air. Meskipun saat ini sudah banyak pesaing dari pabrikan lain yang menggunakan teknologi canggih serta didukung dengan tingkat emisi lebih baik namun nama Ninja 2-tak masih menjadi yang paling terkenal terutama dari kalangan usia muda dan dewasa.

Keunggulan dari motor ini adalah memiliki akselerasi yang sangat baik serta mempunyai tingkat responsif mengesankan sejak awal masuk gigi satu, ditambah lagi suara knalpot yang mirip seperti motor sport balap membuat Ninja 2-tak banyak diburu oleh para pecinta roda dua. Hanya saja suara yang terlalu keras tersebut dianggap mengganggu kenyamanan dari pengendara lain, bahkan ada juga para pengguna jalan yang mengatakan bahwa pemilik Kawasaki Ninja 2-tak identik dengan perilaku ugal-ugalan.

Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari Kawasaki Indonesia dan mudah-mudahan saja pengganti dari Ninja 2-tak nanti bisa lebih baik atau setidaknya memiliki tenaga yang lebih bagus namun sudah sesuai regulasi Euro 3.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here