Home Motor Harga Motor Harga Moge Kawasaki Indonesia Alami Kenaikan!

Harga Moge Kawasaki Indonesia Alami Kenaikan!

1301
0
harga moge kawasaki terbaru 2015 indonesia

OTONITY.com – Kawasaki Indonesia Naikkan Harga Moge. Pemerintah Indonesia baru saja menaikkan pajak penghasilan (PPh) yang sebelumnya hanya 2,5 persen kini menjadi 7,5 persen. Tentu saja dengan adanya kenaikan tersebut berdampak pada para pabrikan otomotif yang mendatangkan kendaraan mereka secara utuh atau CBU dari negara lain. Salah satu yang mengalami hal tersebut adalah PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) selaku agen pemegang merek motor Kawasaki untuk pasar tanah air. Seperti yang kita ketahui KMI sering sekali mendatangkan unit kendaraan secara impor termasuk berbagai moge ke Indonesia dengan harga mencapai ratusan juta rupiah.

Sekedar informasi keputusan untuk menaikkan pajak dari pemerintah sudah ditetapkan oleh Kementrian Keuangan melalui penerbitan peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 90 Tahun 2015 yang sekaligus untuk merevisi peraturan PMK Nomor 253 Tahun 2008 mengenai wajib pajak badan tertentu atas barang yang tergolong mewah. Sesuai peraturan yang berlaku bahwa bagi sepeda motor impor utuh atau CBU dengan mesin 250 cc atau dengan banderol mencapai Rp 300 juta ke atas wajib dikenakan pajak PPh impor lebih besar.

Menanggapi hal tersebut Michael Chandra selaku Deputy Head Sales Promotion Department KMI menjelaskan penjualan motor dipastikan akan cukup berdampak, selain itu pihaknya akan mempertimbangkan untuk melakukan kenaikan harga untuk semua model yang masuk ke dalam kategori CBU dengan mesin 250 cc ke atas. Dirinya menambahkan rata-rata harga baru yang akan diberikan oleh Kawasaki Indonesia nanti bakal naik sekitar 6-7 jutaan untuk yang saat ini harga kendaraannya Rp 150 juta. Sementara itu untuk harga motor di atas Rp 200 juta kenaikannya bisa mencapai Rp 10 jutaan dan untuk harga yang lebih mahal tinggal dikalikan saja dengan rata-rata kenaikan tersebut.

harga moge kawasaki baru 2015 indonesia

Chandra mengatakan setidaknya ada lima motor yang masuk ke dalam kategori tersebut dan diperkirakan potensi penurunan permintaan moge Kawasaki Indonesia bisa mencapai 20 persen akibat kenaikan harga baru tersebut. Dirinya menjelaskan dampak penurunan penjualan hanya akan berlaku untuk motor sport dengan harga sekitar Rp 150 jutaan sedangkan untuk yang banderolnya mencapai Rp 200 jutaan ke atas sepertinya tidak terlalu berdampak signifikan. Pasalnya konsumen di segmen tersebut rata-rata adalah orang kalangan atas yang hanya sekedar hobi atau koleksi saja sehingga kenaikan harga yang hanya Rp 10 jutaan tidak akan terlalu berpengaruh.

Chandra memprediksi akibat kenaikan harga ini bakal membuat permintaan motor sport Kawasaki di Indonesia sedikit menurun namun hanya akan berlaku pada tiga bulan awal saja, setelah itu sepertinya permintaan moge impor ini akan kembali membaik karena konsumen sudah menyesuaikan dengan harga baru. Menurutnya sampai saat ini total moge Kawasaki di pasar tanah air bisa mencapai 1.500 hingga 2.000 unit per tahun.

Sekedar informasi di tahun 2015 ini PT Kawasaki Motor Indonesia sudah meluncurkan beberapa model moge seperti Kawasaki Ninja ZX6R, Kawasaki Versys 650, Kawasaki Vulcan, Kawasaki Ninja 300, Versys 1000, Ninja ZX-10R dan motor sport sangar New Kawasaki Ninja H2. Kabarnya pada tahun ini KMI bakal kembali memperkenalkan beberapa model terbaru lagi dari segmen sportbike yang rencananya bakal diluncurkan bertepatan dengan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 yang akan berlangsung pada bulan Agustus mendatang.

Kita tunggu apa saja yang akan kembali dirilis oleh Kawasaki Indonesia, dapat dipastikan berbagai moge terbaru yang didatangkan secara utuh dari Jepang tersebut bakal bersaing dengan moge Honda Indonesia yang saat ini sudah mulai diperkenalkan di Jakarta Fair 2015 mulai 29 Mei-5 Juli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here