Home Motor Motor CBU Lebih Berkualitas Dari CKD?

Motor CBU Lebih Berkualitas Dari CKD?

1807
0

OTONITY.com – Sepeda Motor CBU Lebih Berkualitas Dari CKD. Selain mengenal kendaraan bermotor yang diproduksi secara lokal atau dibuat sendiri oleh pabrik yang ada di Indonesia, masyarakat juga mengenal dua istilah lain yaitu motor Completely Built Up (CBU) atau didatangkan secara utuh dari pabrik utama di sebuah negara dan motor completely knock down (CKD) atau rakitan dalam negeri namun sebenarnya menggunakan komponen yang sama.

CBU adalah semua unit motor dibuat sendiri di negara asalnya dan diimpor ke Indonesia dalam keadaan utuh, dari segi kualitas tidak mengalami penurunan sama sekali namun setelah masuk ke Indonesia dapat dipastikan harganya bisa lebih mahal dibandingkan dengan harga dari negara asalnya. Biasanya kendaraan jenis ini merupakan motor mewah yang hanya dijual dalam jumlah terbatas atau memang sengaja didatangkan ke pasar tanah air karena memiliki permintaan yang tidak terlalu tinggi. Biasanya kendaraan jenis seperti ini memiliki harga yang relatif mahal karena terkena imbas dari beban pajak pemerintah. Misalnya saja adalah Yamaha R1, Kawasaki Ninja H2 atau Honda NM4 Vultus.

Sedangkan CKD merupakan kendaraan yang didatangkan ke Indonesia dalam keadaan terpisah namun dengan komponen yang lengkap untuk dilakukan perakitan di pabrik yang ada di dalam negeri. Sebagai contoh adalah Honda CBR150R buatan Thailand masuk ke Indonesia dengan cara CKD. Setidaknya ada empat bagian komponen yang didatangkan ke Indonesia yaitu mesin, rangka, roda dan setang. Banyak konsumen yang sudah mengetahui motor CBU lebih baik dibandingkan CKD, salah satu alasannya adalah motor CKD hanya dikirim komponennya saja sedangkan untuk setelan mesin dari pabrikan utama tidak diberikan khususnya sistem komputerisasi dan elektrik. Tentu saja secara kualitas maupun performa tidak akan sama dengan motor CBU.

Honda NM4 Vultus 2014

Untuk itulah para pabrikan yang ada di Indonesia kebanyakan mendatangkan secara utuh dibandingkan harus merakit sendiri di dalam negeri. Sebut saja PT Kawasaki Motor Indonesia yang lebih banyak mendatangkan moge mereka langsung dari Jepang, hanya saja kelemahan utama dari motor CBU adalah harganya terus fluktuatif dan cenderung terus mengalami kenaikan karena harus disesuaikan dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar. Belum lagi kenaikan pajak yang dibebankan pemerintah membuat harganya semakin naik.

Namun demi memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumennya biasanya pabrikan tersebut tetap memilih untuk mendatangkan langsung. Sementara itu keunggulan utama dari motor rakitan CKD adalah memiliki harga yang relatif lebih murah karena selain hanya dikirim komponennya saja juga tidak terlalu mendapatkan pajak yang tinggi dari pemerintah. Meskipun demikian setiap konsumen memiliki selera yang berbeda-beda dalam menentukan pilihan, ada yang memilih membeli kendaraan CBU namun ada juga konsumen lebih memilih motor CKD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here