Home Mazda Ratusan Mazda6 Indonesia Alami Recall Karena Airbag!

Ratusan Mazda6 Indonesia Alami Recall Karena Airbag!

1139
0

OTONITY.com – Airbag Mobil Mazda6 di Indonesia Bermasalah. Dalam beberapa tahun belakangan ini pabrikan Takata sedang menjadi sorotan dari berbagai pihak karena kualitas airbag mereka sering sekali mengalami masalah yang tentu saja berdampak pada keselamatan pengendara. Tidak hanya di Amerika dan Jepang saja ternyata masalah Takata juga mulai melanda mobil yang ada di Indonesia, salah satunya terjadi pada Mazda6 lansiran tahun 2002 hingga 2005. Setidaknya ada 150 unit mobil Mazda yang berada di periode tersebut dan siap untuk dilakukan penarikan untuk mendapatkan perbaikan.

Kabar tersebut diungkapkan langsung oleh Astrid Ariani Wijana selaku Senior Marketing Manager PT Mazda Motor indonesia (MMI), menurutnya pihaknya sedang melakukan investigasi mengenai recall bagi kendaraannya, Astrid menambahkan pihaknya masih terus mencari data karena PT MMI sendiri baru berdiri pada tahun 2006, sedangkan data untuk pemilik Mazda6 tahun 2002 sampai 2005 sulit ditemukan. Meskipun demikian pihak Mazda Indonesia akan terus berusaha untuk mencari data pemilik mobil yang mengalami recall.

Astrid menjelaskan tim aftersales juga sudah mulai melakukan pengecekan terhadap kondisi mobil konsumennya saat dilakukan servis mulai pekan lalu. Langkah tersebut bertujuan untuk mengurangi hal-hal yang tidak dilakukan serta memberikan pelayanan terbaik bagi para penggemarnya. Untuk itu Astrid menyarankan bagi pemilik Mazda6 keluaran 2002 hingga 2005 untuk menghubungi dealer resmi Mazda terdekat untuk kemudian dilakukan perbaikan yang akan dilakukan tanpa penarikan biaya sama sekali dan akan ditanggung sendiri oleh pihak Mazda.

Sedangkan untuk Mazda6 keluaran terbaru Astrid belum bisa mengatakannya karena masih menunggu informasi dari pihak prinsipal. Dirinya berjanji jika ada kepastian maka pihaknya akan langsung menginformasikannya ke para pemilik. Perlu anda ketahui New Mazda6 yang baru saja masuk ke Indonesia pada beberapa bulan lalu ini merupakan buatan Mazda Thailand dan sempat juga diperkenalkan di ajang Bangkok International Motor Show 2015.

Jika versi terbaru turut mengalami recall tentu saja pihak Mazda Thailand terlebih dulu melakukan hal tersebut yang kemudian menginformasikannya ke negara-negara konsumennya termasuk Indonesia. Seperti yang kita ketahui jutaan mobil di seluruh dunia terpaksa dilakukan recall akibat menggunakan airbag atau kantong keselamatan dari pabrik Takata Corp. Airbag mobil buatan Jepang tersebut tidak layak sehingga membahayakan keselamatan pengemudi maupun penumpang di dalamnya. Kantong udara milik Takata tidak mampu berkembang dengan semestinya saat kecelakaan terjadi.

Kabar terbaru mengungkapkan selain Mazda terdapat beberapa pabrikan lain yang turut mengalami penarikan, salah satunya adalah Toyota Motor Corp melakukan penarikan sebanyak 5 juta mobil dari 35 model keluaran tahun 2003 hingga 2007. Kabarnya pihak Toyota akan menggantikan kantong udara Takata dengan buatan Daicel Corp yang dianggap lebih sempurna dan pastinya lebih aman karena sudah melalui berbagai tahap uji coba di beberapa kendaraan.

Selain itu Nissan Motor Co juga melakukan recall sebanyak 1,56 juta unit mobilnya dengan produksi mulai tahun 2004 hingga 2007. Sementara itu Honda Motor Co juga melakukan hal serupa dengan jumlah yang sangat fantastis yaitu 14,4 juta unit mobil akibat masalah airbag Takata tersebut. Pemerintah Jepang dan Amerika Serikat pun tengah melakukan pengusutan terhadap produk Takata, sedangkan pihak Takata sendiri juga sudah melakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab rusaknya kantong udara tersebut. Akibat kejadian ini Takata Corp mengalami kerugian yang cukup besar dan sahamnya pun terus mengalami penurunan. Belum lagi denda yang diberikan akibat kerusakan tersebut terbilang tidak sedikit dan bukan tidak mungkin Takata mengalami kebangkrutan dalam waktu dekat. Baca Juga, Toyota Recall Jutaan Mobil Di Seluruh Dunia, Suzuki SX4  Indonesia Tidak Kena Recall dan Honda Brio Indonesia Alami Recall Karena Airbag.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here