Home Mobil Tips Mengemudi Mobil Dengan Aman Saat Puasa

Tips Mengemudi Mobil Dengan Aman Saat Puasa

1371
0

OTONITY.com – Tips Aman Mengendarai Mobil Saat Menjalankan Ibadah Puasa. Bulan suci Ramadhan tinggal hitungan hari lagi, bagi umat muslim yang menjalankannya tentu saja bulan penuh berkah ini tidak hanya untuk mencari pahala namun juga sebagai tantangan dalam menghadapi segala sesuatu, khususnya bagi para pekerja menjadi terasa sangat berat terutama pada siang hari karena badan akan terasa sangat lelah dan mata pun sulit untuk dibuka karena harus bangun pada pagi hari untuk menjalankan sahur. Bagi yang terbiasa berangkat kerja atau menjalankan aktivitas dengan menggunakan mobil diharapkan untuk tetap berkonsentrasi terutama ketika jam-jam pulang kerja, stress biasanya akan terjadi ketika memasuki sore hari di mana waktu untuk berbuka sudah tiba namun masih terjebak dengan kemacetan.

Hasnul Arifin Pulungan selaku instruktur keselamatan berkendara dari Rifat Drive Labs (RDL) memberikan tips-tips sederhana untuk mengatasi hal-hal tersebut. Menurutnya saat puasa pengemudi jangan terlalu memaksakan untuk tetap bepergian, namun jika memang terpaksa apalagi ingin menempuh perjalanan jauh diharapkan beristirahat lebih sering atau setidaknya setiap 2 jam sekali. Jika berkendara pada sore hari lebih baik berhenti sejenak untuk melepas lelah sambil menunggu adzan magrib seperti di tempat makan atau di tempat ibadah.

Menurut Arifin beristirahat saat menempuh perjalanan terutama ketika bulan puasa sangatlah penting, meskipun tidak bisa tidur namun dengan beristirahat bisa memulihkan kebugaran dan tetap menjaga konsentrasi. Apalagi saat mengemudi pasti terasa membosankan sekali dan pastinya bisa mengakibatkan kejenuhan. Sebaiknya selalu gunakan sabuk pengaman untuk menjaga keselamatan selama perjalanan.

Hindari provokasi dari pengendara lain dan lebih baik menahan emosi, alangkah baiknya jangan mengemudi dengan kecepatan di atas 80 km/jam karena tenaga saat bulan puasa berbeda dengan saat normal. Untuk memberikan ketenangan nyalakan AC sesuai dengan kondisi, jika keadaan luar terasa sangat panas anda bisa menyetel pendingin ruangan pada posisi yang lebih dingin.

Apabila anda ingin melakukan perjalanan terutama saat mudik sebaiknya lakukan istirahat yang tepat, siang hari adalah waktu di mana anda harus menenangkan pikiran dan menghemat tenaga, anda bisa beristirahat di tempat ibadah atau bisa juga di lokasi yang telah disediakan oleh pihak kepolisian. Setelah itu kembali lanjutkan perjalanan anda saat menjelang sore hingga memasuki magrib untuk kemudian kembali beristirahat sekaligus mengisi perut yang kosong.

Sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan terlalu banyak dan lebih baik secukupnya saja supaya nantinya saat melakukan perjalanan tidak merasa lemas akibat terlalu banyak makan. Berkendara di malam hari saat mudik belum tentu aman bagi anda karena biasanya waktu seperti ini dimanfaatkan oleh pemudik lainnya untuk menempuh perjalanan sehingga kemacetan pun bisa bertambah parah.

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya pilih jalur alternatif jika anda mengetahuinya atau bisa juga tetap mengikuti jalur utama namun dengan kecepatan sedang. Kembali beristirahat setelah jam memasuki pukul 11 dan lebih baik beristirahat di tempat yang bisa anda gunakan untuk sahur, misalnya saja di SPBU atau lokasi yang dekat dengan warung.

Ketika makan sahur pilihlah makanan yang penuh gizi terutama dalam menjaga kebugaran tubuh anda. Minumlah dengan jumlah yang cukup banyak untuk menghindari dehidrasi di siang hari dan kembali lakukan perjalanan ketika matahari sudah mulai terbit atau setidaknya setelah subuh. Saat ini hampir semua mobil terbaru sudah dilengkapi dengan petunjuk arah atau bisa juga menggunakan smartphone untuk membantu anda mengetahui jalur alternatif mana yang bisa dilalui. Pastikan semua persediaan anda selama perjalanan tetap terpenuhi seperti bahan bakar. Baca Juga, Tips Agar Tidak Cepat Lelah Saat Mengemudi, Tips Redam Amarah Saat Mengemudi dan Tips Mengemudi Mobil Di Malam Hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here