Home Mobil Harga Mobil Nissan Indonesia Stop Penjualan March 1.5L?

Nissan Indonesia Stop Penjualan March 1.5L?

2399
0

OTONITY.com – Penjualan Mobil Nissan March 1.5L Dihentikan. Kabar mengejutkan datang dari PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang berencana untuk menghentikan penjualan bagi mobil mungil mereka yaitu Nissan March tipe 1.5 L dalam waktu dekat. Menurut pihak NMI alasan diberhentikannya mobil hatchback ini adalah karena kalah bersaing dengan varian 1,2 L yang secara penjualan memang lebih laris serta memiliki banderol lebih murah.

Padahal Nissan March 1.5 L sempat memberikan hasil penjualan yang cukup bagus saat pertama kali diperkenalkan pada Desember tahun 2013 silam dan bahkan bisa bersaing dengan produk lain seperti Honda Jazz, Mazda2 atau Toyota Yaris. Namun sayangnya dalam kurun waktu sekitar 2 tahun setelah itu penjualan mobil ini terus mengalami penurunan hingga akhirnya terpaksa dilakukan pemberhentian.

Budi Nur Mukmin selaku General Manager Marketing Strategy and Communication Division NMI mengatakan dengan melihat market konsumen yang cenderung memilih Nissan March tipe 1.2 L maka secara terpaksa varian 1.5L harus berhenti produksi. Masyarakat ternyata lebih memilih membeli mobil dengan mesin lebih kecil karena dianggap memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Nissan March 2015 Indonesia

Budi menambahkan jika dirata-rata penjualan Nissan March 1.2 L setiap bulannya bisa terjual hingga 600 an unit sedangkan pada versi 1.5 L tidak mencapai setengahnya. Tentu jika terus dibiarkan justru akan menambah beban pihak dealer untuk terus bisa menjual produk tersebut, saat ini Nissan masih memiliki sisa dari Nissan March 1.5 L sekitar 100 unit. Setelah itu baik secara produksi maupun penjualan pada mobil ini resmi diberhentikan.

Perlu anda ketahui Nissan March tipe mesin 1.5 L dibekali dapur pacu tipe HR15DE yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 102 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum hingga 108 NM di putaran 4.400 rpm. Sedangkan untuk harganya sendiri dibanderol mulai Rp 181 juta pada tipe manual dan Rp 191 juta untuk versi otomatis.

Secara dimensi mobil mungil ini sebenarnya sangat cocok sekali digunakan di jalanan perkotaan berkat panjangnya yang hanya 3.780 mm, lebar 1.665 mm dan tinggi 1.515 mm dengan jarak wheelbase mencapai 2.450 mm. Sedangkan dari segi tampilan menawarkan desain yang lebih futuristik dengan desain lebih modern. Misalnya saja hadirnya bumper depan yang berbentuk besar dan dipadukan dengan foglamp elegan, belum lagi disematkannya teknologi LED pada lampu depan dan belakang membuat Nissan March versi 1.5 L semakin mewah.

Kelebihan ylain yang dimiliki oleh mobil hatchback ini adalah dibekalinya kaki-kaki baru yaitu berupa velg alloy berukuran 15 inci sehingga nampak lebih mungil dan rendah. Hanya saja masyarakat lebih memilih Nissan March tipe 1.2 L karena memiliki banderol yang lebih murah meskipun secara desain maupun fitur lebih lengkap milik tipe 1.5 L.

Perlu anda ketahui New Nissan March 1.2 L dibanderol paling murah Rp 149,8 juta untuk varian manual, sedangkan pada tipe MID AT dijual dengan harga mencapai Rp 159,9 juta dan untuk varian XS AT seharga Rp 169,9 juta. Banyak konsumen lebih memilih mesin lebih kecil karena selain harganya yang murah juga lebih hemat bahan bakar. Harga yang ditawarkan oleh NMI sendiri masih bisa bersaing dengan berbagai produk dari segmen LCGC seperti Toyota Agya maupun Honda Brio Satya.

Nissan March sendiri diperkenalkan secara global sejak tahun 2010 silam, meskipun memiliki banderol yang sangat terjangkau namun di dalam mobil ini memiliki fitur keamanan yang cukup lengkap, misalnya saja ABS, EBD, brake assist, dual SRS airbags, seatbelt pretensioner dan vehicle dynamic control (VDC) sehingga sangat berfungsi sekali dalam membantu kenyamanan selama berkendara. Baca Juga, Nissan March Limited Edition 2015 dan Modifikasi Nissan March 2014.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here