Friday, June 19th, 2015 - Mobil, Motor, News

OTONITY.com – Bahan Bakar Pertalite Segera Dipasarkan. BBM baru bernama Pertalite kini kembali mencuat, sempat berencana akan diluncurkan pada bulan Mei silam namun pihak Pertamina memilih untuk menundanya terlebih dulu karena menganggap sosialisasi yang dilakukan masih dirasa kurang. Namun kabar terbaru mengungkapkan bahwa Pertalite siap diluncurkan secara resmi setelah lebaran nanti.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ifki Sukarya selaku Media Manager PT Pertamina (Persero) beberapa waktu yang lalu. Menurutnya sampai saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi untuk memperkenalkan produk barunya tersebut ke masyarakat tanah air sehingga nantinya konsumen pun bisa mengetahui apa saja kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Pertalite tersebut.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya Pertalite dihadirkan bukan untuk mengganti bahan bakar bensin seperti perkiraan banyak orang, akan tetapi Pertalite sengaja diciptakan untuk memberikan lebih banyak pilihan Bahan bakar kepada para masyarakat. Menurut pihak Pertamina jarak antara BBM Pertamax RON 93 dengan BBM premium RON 88 terlalu jauh sehingga perlu meluncurkan BBM baru yang memiliki RON di tengah-tengah keduanya.

Pertalite sendiri diklaim memiliki RON mencapai 90 dan dapat dipastikan kualitas serta harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan bensin namun akan lebih rendah dari Pertamax. Pihak Pertamina juga mengungkapkan bahwa rencana untuk menghapus Premium sampai saat ini belum mereka bicarakan dan kewenangan untuk menghilangkan bensin dari pasar Indonesia sepenuhnya ada di tangan pemerintah.

Ifki menambahkan Pertamina hanya sebagai distributor atau penyedia saja sedangkan pemerintah memiliki kendali yang lebih luas sehingga penetapan penghapusan ada di Pemerintah dan bukan dari Pertamina. Sampai saat ini pun pemerintah Indonesia juga belum ada kabar untuk menghilangkannya karena premium hingga kini memiliki jumlah konsumen yang paling besar. Selain itu masyarakat lebih memilih premium karena memiliki banderol paling murah.

Jika benar Pertalite bakal diluncurkan setelah lebaran tentu ini menjadi kabar bagus karena kualitas yang dimiliki oleh bahan bakar jenis terbaru tersebut membuat mesin kendaraan bermotor akan lebih baik dibandingkan dengan Premium. Hanya saja sampai saat ini belum diketahui berapa harga resminya meskipun dapat dipastikan lebih murah dibandingkan dengan Pertamax.

Jika banderolnya nanti memiliki selisih yang cukup jauh dibandingkan Premium bukan tidak mungkin sulit bagi masyarakat untuk beralih menggunakan Pertalite dan bahkan bisa saja memilih untuk membeli Pertamax jika harganya nanti tidak jauh berbeda. Setidaknya dengan hadirnya Pertalite bisa membuat masyarakat memiliki pilihan yang lebih banyak dalam menentukan bahan bakar bagi kendaraannya.

Pertalite memiliki kualitas yang lebih baik sehingga membuat sistem pembakaran juga lebih sempurna, sedangkan pada premium biasanya masih menimbulkan kerak karena proses pembakaran kurang begitu baik sehingga terdapat bahan bakar yang terbuang percuma. Dengan demikian mesin kendaraan pun menjadi lebih ringan dan terdengar lebih halus.

Selain itu dengan hadirnya Pertalite tentu juga sangat berdampak bagi perekonomian dalam negeri karena sampai saat ini  pemerintah masih mendatangkan premium secara impor dengan jumlah yang sangat besar. Pihak pertamina yakin dengan adanya Pertalite bisa mengurangi ketergantungan impor tersebut yang mencapai 60 persen setiap tahunnya.

Bisa jadi hadirnya Pertalite juga bisa membantu masyarakat yang memiliki kendaraan dengan emisi standar EURO 4 karena jika menggunakan Pertamax tentu harganya lebih mahal namun apabila memakai Premium jelas sangat merugikan sekali sebab bisa membuat mesin kendaraan menjadi cepat rusak. EURO 3 maupun EURO 4 sendiri dirancang agar memiliki pengeluaran karbon lebih sempurna sehingga membutuhkan bahan bakar yang baik pula. Baca Juga, Bahan Bakar Pertalite Pilihan Baru Bagi Masyarakat dan Pertalite Siap Dipasarkan.

Pertamina Dexlite Dijual Mulai Jumat Ini, Harga Rp 6.750

Pertamina Segera Rilis Bahan Bakar Solar Dexlite Bulan April 2016

Pertamina Bakal Hapus Pertamax Plus, Diganti Pertamax Turbo RON 98

Solarlite, BBM Baru Khusus Mesin Diesel Yang Siap Diluncurkan Tahun ini

Pertalite Cocok Untuk Semua Motor Buatan Yamaha

Yamaha Jupiter MX 135 Harga, Fitur, Kelebihan Dan Kekurangan

Cara Mengurus Perpanjang SIM A, SIM C Dan SIM B

Yamaha MT-25 2017 Harga, Fitur Dan Kelebihan

Harga Moge Indian 2017 Di Indonesia Mulai Rp 400 – 800 Jutaan

Spesifikasi Mobil Porsche Macan Terbaru 2017 Indonesia