Home Motor Motor Sport Perbandingan Yamaha Byson FI Indonesia Dengan India

Perbandingan Yamaha Byson FI Indonesia Dengan India

1737
0

OTONITY.com – Motor Terbaru Yamaha Byson Injeksi Indonesia Vs India. Baru ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan motor sport Yamaha Byson FI yang notabene dari segi desain jauh lebih baik dan terlihat semakin elegan, selain itu di sektor dapur pacunya pun juga lebih sempurna berkat disematkannya teknologi Fuel Injection. Namun sebenarnya sebelum dipasarkan di Indonesia Yamaha Byson anyar ini sudah terlebih dulu mengaspal di Indonesia dengan nama Yamaha FZ Series.

Meskipun memiliki konsep yang sama yaitu bertubuh besar dan juga didukung teknologi injeksi, antara versi Indonesia dengan India sebenarnya tidaklah sama. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh M Abidin, GM Aftersales and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing selaku distributor motor Yamaha di tanah air bahwa ada beberapa perbedaan, misalnya saja dari segi kode jelas tidak sama.

Jika di hindustan mengusung kode 2GS maka Yamaha Byson yang ada di Indonesia justru menggunakan kode 2UP. Selain itu secara performa keduanya pun juga sedikit mengalami perbedaan. Di India motor sport berkapasitas 150 cc ini lebih fokus ke konsep fuel consumption sedangkan yang ada di Indonesia lebih mengutamakan kombinasi antara fuel consumption dan performance sehingga lebih irit namun tetap bertenaga.

New Yamaha FZ Series mengusung mesin berkapasitas 149 cc yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 12,9 bhp serta torsi puncak hingga 12,8 Nm. Sedangkan untuk Yamaha Byson FI Indonesia memiliki dapur pacu dengan kapasitas sama namun memiliki tenaga 9,61 kW (12,89 bhp) pada putaran 8000 rpm dan torsi maksimum 12,98 Nm pada 6000 rpm.

Sedangkan untuk persamaannya antara versi Indonesia dan India bisa anda lihat pada bagian tangki yang mengusung grafis lebih tajam dan terlihat bongsor. Sementara itu untuk bagian headlamp juga tidak jauh berbeda yaitu sama-sama memiliki bentuk lebih mungil dengan dilengkapi lampu halogen. Selain itu bentuk setang setir pun lebih lebar sehingga membuat nyaman pengendara.

Yang paling menarik tentu terlihat jelas di bagian jok yang kini dibuat terpisah, mirip seperti motor sport full fairing Yamaha R15 ataupun Yamaha R25. Selain itu tampilan speedometer juga lebih elegan karena tampil full digital. Generasi terbaru pada Yamaha Byson ini memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih hemat mencapai 14 persen serta penurunan emisi gas buang hingga 33 persen dibandingkan sebelumnya.

Selain itu bobotnya kini juga lebih ringan mencapai 3 kg sehingga secara akselerasi menjadi sedikit lebih baik. Desain Knalpot yang lebih pendek membuat Yamaha Byson FI maupun Yamaha FZ tampil elegan dan terlihat gagah serta bentuk behel belakang yang semakin mempertegas aura motor sport garang. Untuk versi India motor ini memiliki beberapa warna yang sangat keren di antaranya Panther Black dan Scorching Red pada varian standar. Sedangkan tipe FZ-S tersedia dalam empat pilihan warna yaitu Astral Blue, Moonwalk White, Cyber Green dan Molten Orange.

Untuk Yamaha Byson Injeksi milik PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) hadir dalam tiga pilihan warna yaitu Black Fighter, Red Combat, dan Silver Bold. Secara dimensi baik versi India maupun di pasar Indonesia sama-sama memiliki panjang 1.990 mm, lebar 780 mm dan 1.045 mm dengan jarak sumbu roda 1.340 mm yang didukung kapasitas tangki bensin mencapai 12 liter.

Sementara itu untuk tipe rangka sama-sama memakai tipe diamond dengan Suspensi depan teleskopik dan Suspensi belakang swing arm. Di bagian kaki memakai ukuran 100/80-17M/C pada sektor depan serta 130/70-17M/C untuk yang belakang dengan didukung single disc brake untuk depan dan drum brake di bagian belakang. Baca Juga, Harga Yamaha Byson FI 2015 Indonesia dan Beda Yamaha Byson Injeksi Baru dan Byson Lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here