Home Mobil Rio Haryanto Sukses Podium Pertama Di GP2 Austria 2015

Rio Haryanto Sukses Podium Pertama Di GP2 Austria 2015

1431
0

OTONITY.com – Balap GP2 Austria 2015. Pebalap Indonesia yang sedang berlaga di GP2 yaitu Rio Haryanto sukses meraih kemenangan saat seri sprint race Austria yang berlangsung di sirkuit Red Bull Ring pada hari Minggu (21/6) waktu setempat. Memulai start dari posisi kedua Rio langsung tancap gas dan berhasil melewati Artem Markelov dari tim Russian Time di tikungan pertama.

Selanjutnya Rio yang berasal dari Tum Campos Pertamina terus memimpin balapan selama 28 putaran tersebut dengan cukup bagus meskipun mendapatkan perlawanan ketat dari para pesaingnya. Menariknya selama balapan, mobil yang ditunggangi Rio dalam keadaan rusak pada bagian sayap depan. Kejadian cukup menegangkan terjadi saat memasuki lap 14 ketika Markelov berusaha untuk melakukan overtaking dari sisi kiri namun beruntung bagi Rio karena pesaingnya tersebut justru melebar.

Setelah kejadian tersebut pebalap yang berasal dari Solo, Jawa Tengah ini terus mempertahankan posisinya dan akhirnya finish di urutan pertama dengan catatan waktu 35 menit 57.944 detik. Sementara itu di posisi kedua ada Stoffel Vandoorne dari tim ART Grand Prix dengan selisih hanya 0.450 detik. Sedangkan podium ketiga ditempati oleh pebalap Jepang Nobuharu Matsushita yang juga dari tim ART Grand dengan selisih waktu 0.905 detik.

Hasil Formula GP2 2015

Kemenangan ini membuat Rio Haryanto memiliki tambahan 15 poin sekaligus menempati peringkat ketiga klasemen sementara dengan mengumpulkan sebanyak 70 poin. Sukses yang diraih pria asli Indonesia tersebut di seri Austria merupakan kali kedua dalam ajang balap GP2 2015, sebelumnya Rio juga pernah meraih podium teratas saat seri Bahrain yang berlangsung bulan April lalu.

Menurut Rio Haryanto saat diwawancari setelah balapan usai mengatakan jalannya seri kedua yang berlangsung di Austria tersebut sangat ketat sekali, bahkan setelah lepas start kejadian pun langsung terjadi dan beruntung bagi dirinya tidak ikut terlibat dalam insiden tersebut sehingga mampu memimpin balapan. Dirinya mengaku selama 28 lap yang sangat menegangkan Rio terus mendapatkan tekanan dari pebalap lain, namun dengan ketenangan akhirnya dirinya berhasil naik podium pertama.

Menurut Rio insiden yang terjadi pada lap 16 ketika bersenggolan dengan Markelov membuatnya cukup khawatir karena sayap depan mobilnya patah. Apalagi dengan jumlah putaran yang sangat sedikit tentu tidak ada waktu lagi untuk masuk ke pit stop. Dirinya berharap masih bisa mempertahankan konsistensinya untuk tetap berada di papan atas.

Peluang untuk menjuarai GP2 masih terbuka sangat lebar karena di musim 2015 ini masih ada 6 event yang tersisa dan untuk selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Silverstone Inggris. Dengan karakter sirkuit dan suhu yang berbeda tentu persaingan akan lebih ketat, meskipun demikian Rio bertekad untuk tetap bisa mengibarkan bendera merah putih di negeri Ellizabeth tersebut.

Sekedar Informasi Rio yang saat ini berusia 22 tahun sedang berjuang di GP2 atau satu tingkat di bawah ajang balap bergengsi Formula 1. Rio pun juga bercita-cita untuk bisa berlaga di ajang tertinggi tersebut dan nampaknya peluang itu sudah mulai ada, apalagi dengan performa yang cukup bagus bisa membuat tim-tim dari F1 akan tertarik untuk merekutnya.

Walaupun demikian Rio pernah mengatakan bahwa untuk saat ini sepertinya dirinya belum mampu untuk bersaing dengan pebalap-pebalap ternama di kelas tertinggi tersebut seperti Lewis Hamilton, Nico Rosberg, Felippe Massa hingga Kimi Raikkonen. Untuk itulah Rio terus berlatih dan berharap bisa tampil lebih baik lagi karena tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti dirinya bisa berlaga di F1.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here