Home Chevrolet Chevrolet Siapkan SUV Barunya di Indonesia, Chevrolet Trax?

Chevrolet Siapkan SUV Barunya di Indonesia, Chevrolet Trax?

2248
0

OTONITY.com – SUV Chevrolet Terbaru di Indonesia. Meskipun sudah dipastikan akan menutup pabriknya pada pertengahan tahun ini namun untuk tetap memberikan kepercayaan kepada masyarakat tanah air, kabarnya General Motor (GM) Indonesia tengah bersiap untuk meluncurkan mobil terbaru mereka di segmen SUV-B yang rencananya akan diperkenalkan di ajang pameran pada bulan Agustus mendatang. Dapat dipastikan produk anyar tersebut tidak dibuat di Indonesia melainkan diimpor langsung dari Korea Selatan, walaupun sampai saat ini belum ada keterangan resmi mengenai mobil apa yang dimaksud tersebut namun jika melihat pada situs Chevrolet Korea Selatan SUV itu adalah New Chevrolet Trax.

Meskipun demikian Meilita Iskandar selaku Direktur Marketing perusahaan General Motors Indonesia tidak mau menjelaskan secara rinci. Dirinya hanya menjelaskan bahwa segmen SUV-B akan terus tumbuh sesuai dengan tren yang saat ini sedang berkembang, meskipun mobil low MPV masih menguasai pasar namun dalam beberapa tahun terakhir perkembangan segmen SUV-B dan SUV-C terus meningkat. Namun salah satu sumber internal dari GM Indonesia mengungkapkan bahwa mobil baru yang dimaksud memang New Chevrolet Trax.

Chevrolet Trax 2015

Menurutnya kehadiran Cherolet Trax ke Indonesia akan menjadi penyelamat perusahaan di tengah kondisi terpuruk yang sedang mereka alami, apalagi dalam beberapa bulan terakhir penjualan Chevrolet Spin sebagai tulang punggung juga mengalami penurunan. Tentu saja hadirnya model terbaru nanti bisa memberikan angin segar bagi pecinta mobil asal Amerika tersebut.

Dapat dipastikan di pasar tanah air nanti New Chevrolet Trax akan bersaing dengan low SUV lainnya seperti Honda HR-V, Toyota Rush, Ford EcoSport, Daihatsu Terios maupun Nissan Juke. Seperti yang kita ketahui dalam lima bulan awal pada tahun 2015 ini permintaan mobil di Indonesia terus mengalami penurunan hampir di seluruh segmen.

Namun menariknya menurut data yang dirilis oleh Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) terhitung sejak Januari-Mei 2015 penjualan mobil low SUV mencapai 33.094 unit atau naik drastis dibandingkan periode sama di tahun 2014 lalu yang hanya meraih 23.425 unit. Tentu ini menjadi kesempatan cukup baik bagi GM Indonesia karena akan meluncurkan SUV baru di tengah menaiknya permintaan di segmen tersebut.

Sekedar informasi New Chevrolet Trax memiliki dimensi yang sebenarnya terlihat lebih kecil dibandingkan dengan para pesaingnya, mobil SUV bertampang sporty ini memiliki panjang 4.245 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.670 mm. Sementara itu ukuran tubuh Honda HR-V mencapai panjang 4.294 mm, lebar 1772 mm dengan tinggi 1.580 mm. Sedangkan untuk Daihatsu Terios dan Toyota Rush mempunyai panjang 4.420 mm, lebar 1.745 mm dan tinggi 1.740 mm.

Meskipun demikian untuk soal kekuatan tidak perlu diragukan lagi karena Chevrolet Trax yang ada di Korea Selatan mengusung mesin berkapasitas 1.4 L dengan teknologi Turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 140 hp dan torsi 200 Nm. Kemungkinan besar varian mesin ini pula yang akan masuk ke pasar Indonesia dan dengan dibekali daya cukup besar tentu menjadi kelebihan tersendiri dari mobil SUV ini.

Sedangkan untuk harganya New Chevrolet Trax di Korea Selatan dibanderol 19,55 juta won atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 236 juta. Namun menurut salah seorang sumber dari GM Indonesia mengatakan jika masuk ke pasar dalam negeri harganya nanti tidak akan lebih dari Rp 300 juta, hal itu disebabkan karena ada mobil yang dikirim secara utuh tersebut didukung oleh perjanjian kerjasama antara Indonesia dengan korea Selatan dalam klausul AKFTA (ASEAN-Korea Free Trade Area) sehingga harganya pun bisa terjangkau.

Sebelumnya GM Indonesia juga sudah pernah melakukan perjanjian perdagangan bebas tersebut saat melakukan impor Chevrolet Orlando dari Korea Selatan, saat itu harga awalnya di negeri Korsel mencapai 20,69 juta won atau Rp 250 juta sedangkan saat masuk ke Indonesia hanya dipasarkan dengan harga Rp 299 juta atau Cuma naik Rp 49 juta. Baca Juga, Chevrolet Captiva Sport Edition 2015, Chevrolet Colorado 2015 dan Chevrolet Spark Terbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here