Home Honda Honda Vario 125 eSP CBS ISS Vs Yamaha Soul GT 125 Terbaru,...

Honda Vario 125 eSP CBS ISS Vs Yamaha Soul GT 125 Terbaru, Lebih Baik Mana?

6584
0

OTONITY.com – Matic Baru Yamaha Soul GT 125 Blue Core Vs Honda Vario 125 eSP CBS ISS. Tahun 2015 ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sudah meluncurkan banyak sekali varian motor matik yang sudah dilengkapi dengan teknologi baru bernama Blue Core. Salah satu model yang sudah dibekali dengan fitur tersebut adalah New Yamaha Soul GT 125. Mengusung desain sangat elegan dan dilengkapi pula berbagai piranti canggih di dalamnya sehingga tidak mengherankan saat pertama kali diperkenalkan langsung banyak masyarakat yang memesan motor ini.

Namun ketenaran Yamaha Soul GT 125 Blue Core sedikit terganggu dengan hadirnya New Honda Vario 125 eSP ISS. Motor matik berdesain eksklusif buatan PT Astra Honda Motor (AHM) ini juga langsung menarik banyak perhatian konsumen terutama pecinta skuter. Keduanya memang memiliki market dan kelebihan masing-masing namun dengan mengusung mesin berkapasitas sama yaitu 125 cc tentu kedua motor ini juga ingin menjadi produk yang paling laris. Berikut sedikit ulasan perbandingan mengenai kedua motor matic terbaru ini :

Mesin

Dari segi dapur pacu keduanya memang sama-sama berkubinasi 125 cc, namun untuk Yamaha Soul GT 125 Blue Core memakai teknologi air cooled 4 stroke satu silinder SOHC yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 9,3 hp @ 8.000 rpm dan torsi puncak 9,6 Nm @ 5.500 rpm. Sementara itu New Honda Vario eSP ISS memakai mesin berkapasitas 124,8 cc dengan daya maksimal 11,1 hp pada putaran 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm pada 5.500 rpm.

Dimensi

Beralih ke bagian dimensi sepertinya Honda Vario 125 eSP ISS sedikit lebih besar berkat panjang yang mencapai 1.921 mm, lebar 683 mm dan tinggi 1.096 mm dengan bobot 109 kg. Sedangkan untuk All New Yamaha Soul GT 125 Blue Core hanya memiliki panjang 1.870 mm, lebar 685 mm, tinggi 1.070 mm serta bobot 96 kg. Walaupun dari ukuran sedikit lebih kecil namun sepertinya untuk kelincahan motor matik dari YIMM lebih cocok digunakan untuk menembus kemacetan. Sedangkan pada Honda Vario 125 eSP memiliki kelebihan ruang pijakan kaki yang lebih lebar sehingga terasa nyaman saat menempuh perjalanan jauh.

Desain

Untuk desain keduanya memiliki karakter yang sangat berbeda, New Yamaha Soul GT 125 Blue Core lebih mengedepankan tampilan yang sporty dengan didukung striping menarik, sementara itu pada Honda Vario 125 terkesan elegan dan kalem dengan sedikit memainkan warna ditambah lagi bentuk tubuh cukup besar membuat konsumennya terlihat semakin gagah. Honda Vario sendiri memiliki kenyamanan yang lebih baik terutama pada riding position. Berbeda dengan Yamaha Soul GT 125 yang terkesan stylish.

Fitur

Dari segi fitur maupun teknologi keduanya memiliki kelebihan masing-masing. New Honda Vario eSP ISS dibekali dengan fitur Answer Back System yang berguna dalam membantu pemilik dalam menemukan kendaraan saat parkir di tempat keramaian, selai itu ada juga kunci magnet serta kunci bagasi yang bisa dibuka dengan hanya menekan tombol seat. Di bagian kaki-kaki motor ini juga sudah dilengkapi dengan CBS (Combi Brake System) yang bisa melakukan kombinasi pengereman bagian depan dan belakang. Terakhir tentu saja teknologi eSP dengan fungsi utamanya mampu meminimalkan gesekan piston sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Sedangkan pada Yamaha Soul GT 125 Blue Core memang tidak lengkap seperti milik pesaingnya tersebut, namun kelebihan dari motor matik ini adalah hadirnya Eco Lap Indikator yang bisa membantu pengendara dalam menjaga efisiensi bahan bakar, hadir pula teknologi LED pada bagian lampu serta bagasi cukup luas mencapai 14 liter. Yang paling penting adalah teknologi Blue Core sebagai fitur baru berfungsi mampu mengoptimalkan pembakaran dan membuat gesekan lebih minim. Dengan demikian tenaga dari motor tersebut tetap besar namun memiliki bahan bakar yang lebih hemat. Baca Juga, Yamaha R15 Vs Honda CBR150R Lokal 2014 & Perbandingan Yamaha R25, Kawasaki 250 dan Honda CBR250R.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here