Friday, June 26th, 2015 - Mobil, Oto Guide

OTONITY.com – Periksa Kondisi Mobil Saat Akan Mudik. Musim mudik sudah tiba dan masyarakat yang berada di perkotaan mulai bersiap-siap untuk pulang kampung ke halaman masing-masing, bagi yang memilih melakukan perjalanan dengan mobil pribadi sebaiknya lebih berhati-hati dan jangan lupa periksa terlebih dulu berbagai komponen yang perlu diperhatikan supaya anda dan keluarga bisa aman sampai tempat tujuan.

Sebelum berangkat mudik sebaiknya cek terlebih dulu komponen penting seperti minyak rem, minyak power steering, air radiator, oli mesin, oli transmisi hingga tekanan pada ban. Jangan lupa periksa juga bagian lampu maupun sein karena nantinya anda tidak hanya berkendara pada siang hari saja namun juga saat malam hari atau bahkan ketika turun hujan. Pastikan semua kelistrikan pada lampu normal dan tidak ada yang mengalami kerusakan sama sekali.

Jika ada beberapa tanda kerusakan sebelum digunakan untuk mudik sebaiknya segera bawa ke bengkel guna dilakukan pemeriksaan pada mesin, chasis, kelistrikan drive train dan kilometer pada kendaraan apakah masih layak digunakan atau tidak. Jangan lupa saat berada di bengkel mintalah untuk dilakukan pengecekan pada bagian setir kemudi.

Tips Mudik 2015

Biasanya kendaraan yang sudah lama tidak dilakukan servis akan mengalami masalah pada saat digunakan, untuk itu ganti beberapa komponen yang sekiranya sudah mulai aus seperti di sektor pengereman yang tidak pakem, ban gundul wajib dilakukan penggantian supaya tidak selip saat di jalan dan jangan lupa periksa dengan teliti piranti pada bagian sistem pengereman serta kopling.

Untuk memberikan rasa nyaman saat melakukan mudik lebih baik bersihkan dulu bagian ruang kabin mobil anda agar terlihat bersih dan rapi. Kondisi interior yang tertata dan harum bisa mengurangi stres dari pengemudi maupun penumpang di dalamnya. Jika tidak ada waktu untuk membersihkannya sendiri di rumah anda bisa membawanya ke salon cuci mobil yang tentunya dengan biaya tidak sedikit.

Jika sempat membersihkan sendiri yang perlu diperhatikan adalah kondisi jok, angkat semua kursi dan bersihkan bagian karpet menggunakan penyedot debut supaya kotoran-kotoran di dasar mobil menjadi hilang. Untuk membersihkan jok tidak boleh sembarangan dan caranya pun berbeda-beda sesuai dengan kualitas bahan yang digunakan.

Untuk jok kulit cukup menggunakan kanebo dan sedikit air saja supaya tidak merusak permukaan jok tersebut, sedangkan untuk jok berjenis kain bisa memakai sikat dan sedikit cairan pembersih agar kotoran yang sulit dihilangkan bisa terangkat. Jangan mencuci kursi atau jok menggunakan air dengan tekanan tinggi karena selain bisa mengakibatkan kerusakan juga memungkinkan air bisa masuk ke dalam busa yang pastinya sulit untuk dikeringkan.

Sebelum berangkat mudik selalu persiapkan peralatan seperti kunci-kunci, ban serep dan dongkrak supaya ketika mengalami hal-hal yang tidak diinginkan bisa segera diatasi dengan mudah. Tentu sangat tidak menyenangkan sekali jika anda mengalami pecah atau bocor ban ketika berada di jalan sepi dan malam hari apalagi jauh dari pemukiman.

Yang terakhir  adalah bawa smartphone beserta power bank untuk berjaga-jaga jika anda sedang tersesat maka bisa memakai peta yang terdapat pada Hp, selain itu dengan membawa HP juga bisa menghubungi keluarga apabila ada keperluan yang penting. Sekedar saran sebaiknya jangan lakukan perjalanan mudik ketika siang hari atau mulai jam 11.00 WIB sampai 13.00 WIB. Waktu yang paling tepat adalah ketika selesai subuh dan setelah tarawih. Dan yang tidak kalah pentingnya untuk mencegah terjadinya kecelakaan adalah  jangan lupa untuk selalu beristirahat sekitar 3 jam setiap melakukan perjalanan supaya badan tetap fit saat kondisi tubuh sedang berpuasa. Baca Juga, Tips Mengemudi Mobil Saat Puasa, Tips Mengendarai Mobil Matic Agar Hemat Bahan Bakar dan Tips Mengemudi Mobil Di Malam Hari.

Tips Mudah Saat Mobil Terjebak Kemacetan Di Jalan Tol

Tips Mudik Memakai Motor Matik Yang Aman

Tips Persiapan Sebelum Berangkat Mudik Dengan Mobil Pribadi

Motor Terbaru Yamaha Laris Terjual di Pertengahan 2015

Tips Melewati Jalan Yang Rusak Dengan Aman

Yamaha Jupiter MX 135 Harga, Fitur, Kelebihan Dan Kekurangan

Cara Mengurus Perpanjang SIM A, SIM C Dan SIM B

Yamaha MT-25 2017 Harga, Fitur Dan Kelebihan

Harga Moge Indian 2017 Di Indonesia Mulai Rp 400 – 800 Jutaan

Spesifikasi Mobil Porsche Macan Terbaru 2017 Indonesia