Home Motor Klasemen Sementara MotoGP 2015 Usai Seri Belanda

Klasemen Sementara MotoGP 2015 Usai Seri Belanda

1310
0

OTONITY.com – Balap MotoGP 2015 Race Assen. Drama yang sangat menegangkan terjadi dalam lanjutan MotoGP 2015 yang berlangsung di sirkuit Assen Belanda, Sabtu (27/6) waktu setempat. Aksi saling overtaking antara dua pebalap dunia yaitu Valentino Rossi dari tim Movistar Yamaha bertarung ketat dengan juara bertahan Marc Marquez dari Repsol Honda. Pada balapan kali ini berlangsung selama 26 putaran dan dengan panjang lintasan mencapai 4,5 kilometer.

Mengawali start dari posisi pertama Rossi langsung tampil bagus dan berhasil menempati barisan terdepan saat memasuki lap pertama, sementara itu Pol Espargaro dari Suzuki yang mengawali lomba dari urutan kedua justru tidak mampu memaksimalkan kesempatan tersebut dan harus rela merosot ke posisi ke lima saat lap satu. Cal Crutchlow sempat naik posisi ke tiga di belakang Marquez sebelum akhirnya Lorenzo sukses melakukan overtake.

Sementara itu saat memasuki lap kedua insiden terjadi melibatkan Nicky Hayden dan Hector Barbera saat terjadi senggolan, bahkan akibat kecelakaan tersebut Barbera tidak mampu berdiri dan harus diangkat keluar untuk mendapatkan pertolongan medis. Beruntung dirinya masih sadar dan terlihat hanya mengalami cedera pada bagian kaki. Namun insiden kembali terjadi saat balapan tinggal 20 lap lagi dan kali ini melibatkan Bradl namun tidak terlalu parah.

Hasil MotoGP 2015 Belanda

Marquez mencoba untuk mengganggu Rossi di lap 23 dan bahkan nyaris menempati pertama, namun dengan pengalaman yang dimiliki The Doctor masih bisa mempertahankannya. Kedua pebalap ini pun semakin meninggalkan Jorge Lorenzo yang berada di urutan ketiga dengan selisih waktu hampir 5 detik. Persaingan ketat sebenarnya terjadi dalam perebutan posisi 4 sampai 8 yang melibatkan beberapa pebalap seperti Iannone, Dovisiozo, Pedrosa, Crutchlow dan Espargaro hingga Aksi saling overtake pun tersaji.

Setelah hanya membuntuti Rossi akhirnya Marquez sukses menempati posisi terdepan pada saat balapan tinggal 7 putaran, pebalap kelahiran Spanyol ini berhasil memanfaatkan kesalahan Rossi yang sedikit melebar. Bahkan Marquez mampu mempertahankan posisi hingga 0,5 detik di depan pesaingnya tersebut. Namun ketika memasuki putaran ke 23 The Doctor kembali merebut posisi pertama.

Drama yang sangat menegangkan terjadi ketika dua pebalap papan atas ini bertarung di putaran terakhir, Valentino Rossi yang menjadi pemimpin balapan terus dibayangi Marquez dan ketika memasuki tikungan terakhir Rossi yang sempat melebar kemudian dimanfaatkan oleh Marquez namun langsung ditutup oleh Rossi dan akhirnya senggolan pun terjadi hingga mengakibatkan pebalap Italia ini keluar jalur, beruntungnya juara bertahan 9 kali ini masih bisa tenang dan kembali ke lintasan dengan finish di posisi pertama. Sementara itu Marquez harus puas menyelesaikan balapan di peringkat kedua meskipun sebenarnya merasa kecewa.

Podium ketiga ditempati oleh Lorenzo yang tertinggal hampir 7 detik di belakang Rossi, sementara itu pebalap Ducati Andrea Iannone menempati posisi ke empat dan di peringkat ke lima ada Espargaro. Dengan hasil ini membuat Rossi menambah perolehan angka menjadi 163 poin, sedangkan di daftar peringkat kedua ada Lorenzo dengan 153 lalu posisi ketiga Andrea Iannone dengan 107 poin dan ke empat Marc Marquez 89 poin.

Berikut klasemen sementara MotoGP 2015 usai seri Belanda :

  1. Valentino Rossi – Yamaha – 163
  2. Jorge Lorenzo – Yamaha – 153
  3. Andrea Iannone – Ducati – 107
  4. Marc Marquez – Honda – 89
  5. Andrea Doviozo – Ducati – 87
  6. Bradley Smith – Yamaha – 77
  7. Cal Crutchlow – Honda – 57
  8. Pol Espargaro – Yamaha – 56
  9. Maverick Vinales – Suzuki – 52
  10. Dani Pedrosa – Honda – 47
  11. Danilo Petrucci – Ducati – 44
  12. Aleix Espargaro – Suzuki – 38
  13. Henry Redding – Honda – 30
  14. Yonny Hernandez – Ducati – 28
  15. Hector Barbera – Ducati – 16
  16. Loris Baz – Yamaha Onward – 14
  17. Alvaro Bautista – Aprilia – 11
  18. Jack Miller – Honda – 11
  19. Stefan Bradl – Yamaha – 9
  20. Michele Pirro – Ducati – 8
  21. Nicky Hayden – Honda – 8
  22. Eugene Laverty – Honda – 7
  23. Hiroshi Aoyama – Honda – 5
  24. Dave Di Meglio – Ducati – 2
  25. Alex De Angelis – ART – 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here