Friday, July 3rd, 2015 - Motor, Oto Guide

OTONITY.com – Perlengkapan Pemudik Sepeda Motor. Mudik menjadi hal yang lazim bagi masyarakat Indonesia khususnya di kota-kota besar menuju kampung halaman masing-masing. Bagi yang berasal dari daerah jauh biasanya akan memakan perjalanan hingga berhari-hari dan bagi pengguna sepeda motor harus rela terkena panas matahari dan juga dinginnya angin malam demi bertemu dengan keluarga. Sayangnya sampai saat ini banyak pengendara masih mengabaikan keselamatan dan kenyamanan dirinya padahal untuk bepergian yang menempuh jarak hingga ratusan kilometer dibutuhkan tenaga prima serta perlengkapan yang memadai.

Pihak kepolisian pun terus menghimbau bagi pemudik sepeda motor untuk tetap taat peraturan lalu lintas dan melengkapi dirinya dengan peralatan keamanan saat berkendara. Beberapa peralatan yang wajib digunakan selama menempuh perjalanan menggunakan motor di antaranya adalah memakai helm standar dan ber-SNI, lalu menggunakan jaket yang tidak terlalu berat, rompi pelindung untuk mengantisipasi dingin saat malam hari, sarung tangan, sepatu khusus, masker pelindung mulut dan pelindung lutut.

  1. Helm

Helm motor menjadi perlengkapan yang paling wajib digunakan oleh semua pengendara sepeda motor tanpa terkecuali, fungsi dari alat ini tentu saja untuk melindungi kepala dari benturan apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Selain itu dengan menggunakan helm bisa mengurangi dehidrasi akibat terkena sengatan matahari dan juga bisa menahan dingin ketika malam hari. Penggunaan helm yang benar adalah dengan mengaitkan tali di bawah hingga berbunyi klik. Saat ini banyak merek helm yang dilengkapi dengan sun visor gunanya yaitu mengurangi silau pada siang hari.

  1. Jaket

Meskipun tidak diwajibkan namun menggunakan jaket juga sama pentingnya dengan memakai helm, namun sebaiknya ketika menggunakan jaket harus disesuaikan dengan kondisi atau suhu. Misalnya saja ketika siang hari yang sangat panas lebih baik memakai jaket agak tipis dan ringan supaya tetap membuat nyaman biker, namun ketika memasuki malam hari disarankan menggunakan jaket lebih tebal guna menghindari masuk angin. Banyak pabrikan otomotif menciptakan jaket khusus bagi pengendara motor seperti suda dilengkapi pelindung pada bagian siku dan bahannya pun juga lebih ringan sehingga keringat bisa cepat hilang.

  1. Rompi

Yang dimaksud rompi di sini adalah pelindung tubuh pada bagian depan dan berfungsi untuk mencegah angin menerpa tubuh, biasanya rompi khusus pengendara memiliki bahan tebal dan melindungi bagian bawah leher hingga perut serta pada bagian punggung belakang.

  1. Sarung tangan

Khusus untuk sarung tangan sebaiknya memilih yang memiliki kontur agak kasar supaya saat memegang setir masih tetap nyaman dan tidak licin. Selain itu sarung tangan juga menghindari sengatan panas matahari yang menerpa pada bagian tangan tersebut. Namun bagi pengendara yang tidak terbiasa bisa memilih sarung tangan dengan bentuk jari-jari tidak tertutupi.

  1. Sepatu

Sepatu yang dipakai khusus untuk pengendara motor berbeda dengan sepatu-sepatu biasa, selain memiliki sol yang terbuat dari karet mentah biasanya sepatu bikers tersebut memiliki leher yang lebih tinggi hingga betis. Hal tersebut berfungsi untuk melindungi kaki dari panas mesin apabila sedang menempuh jarak cukup jauh. Namun disarankan untuk memilih sepatu yang memiliki sol tipis supaya jika menginjak rem atau melakukan pergantian gigi bisa tetap terasa.

  1. Masker

Ketika melakukan mudik dapat dipastikan udara akan terkontaminasi dengan debu-debu serta asap kendaraan, untuk itulah demi menjaga kesehatan sebaiknya pakai masker yang bisa anda beli di toko-toko aksesoris otomotif. Jangan memakai masker dari apotik karena kurang tebal dan masker tersebut hanya untuk orang sakit flu, bukan untuk pengendara motor.

  1. Pelindung lutut

Terakhir adalah pelindung lutut yang wajib digunakan untuk menghindari cedera apabila terjadi kecelakaan. Meskipun tidak diwajibkan namun dengan memakai pelindung lutut bisa mengantisipasi luka atau robekan pada lutut bertambah parah. Baca Juga, Resiko Naik Motor Saat Mudik Lebaran, Matic Murah Bagasi Besar Cocok Buat Mudik dan Cara Berboncengan Yang Aman Saat Mengendarai Motor.

7 Tips Membeli Helm Baru Yang Perlu Anda Ketahui Demi Keselamatan

Hati-Hati Naik Motor Saat Mudik Lebaran, Ini Resikonya!

Penjualan Sepeda Motor Indonesia Tahun 2015, Terus Merosot!

Ini Kegunaan Rompi Motor Bagi Kesehatan!

Penjualan Motor Anjlok Pada Bulan April 2015

Motor Matic Yamaha XMAX 250 Meluncur, Ada 4 Pilihan Warna

Daftar Harga Aksesoris Suzuki GSX-R150 2017

Harga Aksesoris Resmi Suzuki GSX-S150 2017

Toyota Great Corolla – Harga, Spesifikasi Dan Review Singkat

Toyota Soluna Bekas – Harga, Spesifikasi Dan Review Singkat