Home Jenis Mobil City Car Mudik Lebaran Naik City Car? Perhatikan Hal Ini!

Mudik Lebaran Naik City Car? Perhatikan Hal Ini!

1442
0

OTONITY.com – Tips Mudik Dengan City Car. Kendaraan berjenis city car memang tidak diperuntukkan untuk jarak jauh seperti kegiatan mudik, namun tidak ada salahnya jika mobil kota berbentuk mungil ini dipakai untuk pulang kampung asalkan tetap memperhatikan keselamatan dan kenyamanan selama berkendara. Dimensi dari mobil jenis ini memang jauh lebih kecil dibandingkan dengan MPV atau SUV, apalagi secara spesifikasi mesin juga tidak lebih dari 1.0 liter. Meskipun demikian city car banyak dipilih oleh masyarkat Indonesia untuk mudik karena dengan ukuran yang tidak begitu besar membuatnya bisa lebih lincah ketika berada di jalur berkelok-kelok.

Selain itu alasan lain masyarakat tetap menggunakan city car adalah efisiensi bahan bakarnya jauh lebih irit. Meskipun demikian ada baiknya sebelum melakukan mudik tetap melakukan pemeriksaan terlebih dulu seperti halnya pada mobil-mobil lain, yang paling penting adalah cek kondisi ban karena ukurannya sangat kecil maka rawan sekali bocor atau kempes saat digunakan apalagi dengan membawa barang bawaan cukup banyak.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut anda juga bisa membawanya ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Biasanya bagian saringan bahan bakar menjadi yang paling bermasalah saat digunakan untuk perjalanan jauh. Ditambah lagi masyarakat lebih cenderung menggunakan BBM jenis premium pada city car miliknya sehingga kualitasnya pun juga tidak begitu bagus.

Tidak hanya itu saja jangan lupa untuk meminta dilakukan pengecekan pada bagian pengereman agar lebih maksimal dan pakem. Selain itu jika kondisi lampu depan, sein dan lampu belakang sudah redup atau tidak layak digunakan segera ganti dengan yang baru supaya bisa lebih jelas. Yang paling penting adalah bawa peralatan-peralatan seperti kunci dan dongkrak mobil untuk mengantisipasi apabila saat digunakan mudik terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti ban bocor atau overheat.

Kapasitas ruang kabin yang cukup sempit memang menjadi permasalahan sendiri bagi pemudik dengan city car. Tidak jarang pemilik menambahkan roof box di bagian atap sehingga bisa menampung barang yang lebih banyak. Namun sebaiknya penggunaan aksesoris tersebut jangan terlalu berlebihan dan diharuskan membawa beban sekitar 80 kg sampai 100 kg saja. Jika melebihi beban tersebut dikhawatirkan bisa merusak bagian atap dan yang paling parah membuat handling menjadi lebih berat sehingga sulit untuk dikendalikan.

Selain itu pemasangan roofbox pada city car juga ada panduannya dan tidak boleh dipasangkan secara asal-asalan. Jarak ideal atap dengan roofbox sebaiknya sekitar 5-10 cm dan sangat tidak disarankan melebihi ukuran tersebut karena apabila terlalu tinggi maka angin yang menerpa bagian atas akan membuat keseimbangan city car menjadi terganggu serta efek suara yang dihasilkan juga semakin jelas.

City car sebenarnya memang lebih cocok digunakan untuk jarak dekat saja karena mesin yang digunakan juga sangat kecil namun jika anda menggunakannya dengan benar dan tahu tata caranya bisa saja perjalanan anda menjadi lebih menyenangkan. Beberapa mobil kota yang bisa menjadi pilihan saat mudik di antaranya adalah Honda Brio, Suzuki Swift, Suzuki Karimun Wagon R, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun GO+ dan Mitsubishi Mirage.

Walaupun mobil-mobil mungil ini lebih lincah dan bisa menembus kemacetan namun demi keselamatan sebaiknya tetap mematuhi peraturan yang ada serta berkendara pada batas kecepatan standar. Agar city car anda tidak mengalami overheat saat perjalanan disarankan untuk beristirahat setiap 3 jam sekali dalam waktu 15-30 menit. Selain membuat suhu mesin menjadi turun juga berguna untuk menghilangkan lelah bagi pengemudi itu sendiri. Baca Juga, Perhatikan Hal Ini Saat Mudik Dengan MobilTips Mengendarai Mobil Dengan Barang Berlebihan dan Tips Mengemudi Mobil Dengan Aman Saat Puasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here