Home Mobil Ini Posisi Tubuh Yang Benar Saat Mengemudi Mobil

Ini Posisi Tubuh Yang Benar Saat Mengemudi Mobil

1762
0

OTONITY.com – Posisi Tubuh Saat Mengendarai Mobil. Mengemudi jarak jauh ternyata bukan hal yang mudah karena membuat tubuh menjadi sangat lelah dan mudah capek. Namun sebenarnya jika posisi duduk dilakukan dengan benar maka bisa mengurangi ketegangan pada otot sekaligus membuat perjalanan lebih aman. Seperti yang dijelaskan oleh pebalap nasional bernama Rifat Sungkar bahwa ada beberapa cara agar selama berkendara menjadi lebih menyenangkan.

Yang pertama adalah posisi duduk harus benar, ini wajib dilakukan oleh pengemudi terutama saat melakukan perjalanan jauh. Hal yang wajib diperhatikan adalah tangan kaki bisa menginjak rem dan gas dengan tepat, namun jika merasa kurang nyaman pengemudi bisa mengatur posisi jok apakah dibuat sedikit lebih maju atau mundur. Rifat menambahkan untuk mengatur sandaran jok posisinya harus menempel rata dengan punggung bagian bawah hingga pundak. Dengan demikian tulang belakang menjadi lebih nyaman dalam bersandar.

Selain duduk atur posisi tangan jangan sampai terlalu jauh dengan setir kemudi. Sedangkan untuk bantalan kepala sebaiknya atur sesuai dengan postur pengemudi itu sendiri dan jangan lupa atur posisi spion dengan benar agar bisa melihat kondisi belakang serta pakai sabuk pengaman dan atur sesuai dengan kebutuhan saja seperti jangan terlalu kencang namun juga jangan terlalu longgar.

Mengemudi Mobil Yang Benar

Yang berikutnya posisi tangan saat memegang kemudi harus tepat dan sesuai dengan simbol jam. Maksudnya adalah posisi tangan perada pada pukul 9-3 atau 10-2. Tidak disarankan untuk memegang setir terlalu ke atas atau ke bawah karena justru mengganggu kenyamanan. Namun sebenarnya posisi 9-3 lebih baik karena untuk memegang tuas kontrol bisa lebih leluasa. Menurut Rifat sangat tidak dianjurkan mengemudi dengan satu sangan atau kedua tangan berada pada satu titik. Jika melakukan cara tersebut keseimbangan untuk memegang kemudi menjadi kurang nyaman dan bisa mengakibatkan kecelakaan.

Tips yang ketiga adalah posisi kaki juga harus tepat. Untuk mobil transmisi manual sebaiknya posisi kaki dibiasakan berada di sandaran kaki yang letaknya berada di sebelah kiri pedal kopling agar lebih siaga ketika ingin digunakan. Sedangkan pada mobil matik kaki kiri 100 persen harus berada di sandaran kaki dan tidak digunakan sama sekali sedangkan peran kaki kanan lebih banyak yaitu untuk menginjak rem dan gas. Saat menginjak rem posisi kaki kanan yang baik adalah tegak lurus dengan pedal rem dan sedikit miring ke kanan, selain itu posisi tumit harus menempel pada lantai mobil agar tetap seimbang.

Berikutnya adalah pandangan mata harus tetap ke depan dan tidak boleh banyak bergerak. Hal itu bertujuan agar pengemudi tetap fokus dalam melihat arah depan sekaligus bisa siaga apabila ada sesuatu yang mengejutkan. Untuk itulah disarankan sebelum mulai perjalanan atur terlebih dulu posisi spion dan baik bagian samping maupun spion yang terdapat di dalam mobil.

Jika sedang ada panggilan telepon sebaiknya gunakan handfree dan pelankan laju kendaraan anda, namun jika tidak terlalu penting jangan menggunakan handphone selam perjalanan karena bisa sangat membahayakan sekali. Apabila panggilan tersebut cukup penting alangkah baiknya anda menepi terlebih dulu dan matikan mesin mobil.

Jagalah jarak aman ketika berkendara dengan mobil lain yang ada di depan anda. Khusus seperti di jalan tol sebaiknya jika berkendara dalam kecepatan rendah ambil jalur kiri agar tidak mengganggu pengendara lain. Jangan memaksa untuk melakukan manuver dengan kecepatan tinggi meskipun jalan yang anda lalui terlihat sepi dan harus tetap waspada apabila ada pejalan kaki yang menyeberang atau kendaraan lain tiba-tiba berbelok. Baca Juga, Posisi Mengendarai Motor Yang Benar dan Posisi Berkendara Motor Supaya Tidak Cepat Lelah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here