Home Motor Harga Motor Kawasaki Garap Ninja 2-Tak Jadi Euro 3, Ninja 150 4-Tak?

Kawasaki Garap Ninja 2-Tak Jadi Euro 3, Ninja 150 4-Tak?

2811
0

OTONITY.com – Motor Kawasaki Ninja 150cc 4-Tak. Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya pemerintah Indonesia akan menerapkan peraturan mengenai kendaraan bermotor harus sesuai standar Euro 3. Beberapa pabrikan pun juga sudah mulai mengubah motor-motor mereka untuk tetap bisa mengaspal di tanah air dengan cara memberikan teknologi baru sehingga lebih ramah lingkungan. PT Kawasaki Indonesia (KMI) yang sampai saat ini masih memiliki motor dua tak sedang berusaha agar kendaraannya tersebut bisa lebih ramah lingkungan meskipun nantinya tetap mempertahankan mesin 2 tak.

Seperti yang dijelaskan oleh Michael Chandra Tanadhi selaku Deputi Departemen Head Sales & Promotion Division KMI bahwa Kawasaki Ninja 2 tak sedang dikembangkan agar bisa standar Euro 3 dan saat ini sudah mulai didaftarkan untuk kemudian menunggu kepastiannya pada bulan Juli ini. Salah satu model yang masih memakai mesin 2 tak milik KMI adalah Kawasaki Ninja RR 150. Motor sport ini banyak disukai oleh kaum muda karena tenaganya yang lebih baik diantara pesaing lainnya.

Hanya saja dengan adanya regulasi dari pemerintah bisa saja motor-motor dua tak tersebut akan berhenti produksi meskipun sebenarnya KMI dapat mengubahnya agar memenuhi standar Euro 3 dengan konsekuensi biaya produksi menjadi bertambah karena disematkan teknologi baru. Chandra menambahkan saat ini motor tersebut masih terus dikembangkan namun belum diketahui apa saja yang berubah agar motor dua tak tersebut bisa sesuai standar Euro 3.

Kawasaki Ninja 2-tak 2015

Regulasi baru tersebut tentu saja membuat semua pabrikan yang ada di Indonesia harus melakukan perubahan pada produk mereka. KMI sendiri sebenarnya masih berat untuk menghentikan produksi motor 2 tak mereka yang secara dapur pacu memakai karburator. Padahal setiap bulannya Kawasaki Indonesia selalu memproduksi dan menjual motor dua tak miliknya sebanyak 2.800 sampai 3.000 unit setiap bulannya, bahkan menurut Chandra saat ini masih banyak konsumen yang memesan motor tersebut ke dealer-dealer.

Selain mempunyai Kawasaki Ninja RR sebenarnya KMI juga memiliki motor dua tak lainnya yaitu Kawasaki KLX, namun saat ini motor trail tersebut sudah diubah menjadi 4-tak sehingga kini lebih ramah lingkungan. Kendaraan dengan dapur pacu 2-tak memang memiliki kelebihan dari segi kecepatan, tidak mengherankan jika di dunia balap tanah air banyak sekali yang memakai motor jenis ini. Namun sayangnya emisi yang dihasilkan kurang begitu ramah lingkungan dan bahkan suara dari knalpotnya pun juga cukup mengganggu pendengaran.

Pemerintah Indonesia sudah menerapkan semua kendaraan harus sesuai standar Euro 3 pada bulan Agustus 2015 lalu. Jadi bulan Juli tersebut menjadi penentu nasib dari motor-motor dua tak milik Kawasaki. Jika ingin tetap bisa menjual produknya KMI bisa saja menerapkan teknologi baru pada motor 2-tak yang tentu saja secara penjualan harganya nanti juga turut naik. Meskipun demikian KMI sudah siap apabila harus menambah biaya produksi asalkan produknya itu bisa tetap di jual di Indonesia.

Update: Kawasaki Ninja 150cc 2-Tak Resmi Berhenti Diproduksi

Kawasaki Ninja 150 RR 2-tak saat ini dibanderol mulai Rp 29 juta hingga 38 juta. Jika nantinya disematkan teknologi baru maka harga termahalnya bisa saja mencapai Rp 40 jutaan. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari pihak Kawasaki Indonesia dan semoga saja produk terbarunya nanti tetap bisa diminati oleh para penggemarnya khususnya anak-anak muda.

Memang motor-motor sport dengan mesin 150 cc di pasar tanah air kebanyakan sudah menganut teknologi injeksi seperti R15, CBR150R, Yamaha V-Ixion, Byson FI dan Honda CB150R. Hanya saja dari segi kecepatan memang masih kalah dibandingkan dengan Kawasaki Ninja 150 2-tak.

Meskipun pihak KMI telah menyatakan jika RR Mono 250 menjadi penerus Ninja 150 2-tak, tetapi beberapa waktu lalu KMI pernah menampilkan sejumlah sketsa motor sport dua jenis, yaitu model fairing dan naked. Apakah sketsa motor sport tersebut merupakan indikasi bahwa Kawasaki sedang mengembangkan sport 150 cc barunya yaitu Kawasaki Ninja 150 4-Tak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here