Home Mobil Tips Memilih Mobil Sewaan Untuk Mudik Lebaran

Tips Memilih Mobil Sewaan Untuk Mudik Lebaran

824
0

OTONITY.com – Tips Memilih Mobil Yang Akan Disewa. Lebaran sudah semakin dekat dan bagi yang ingin melakukan mudik tentu mulai bersiap-siap untuk menentukan melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan sewa atau transportasi umum. Seperti yang ktia ketahui pada umumnya bahwa sebagian masyarakat lebih memilih mudik dengan transportasi umum seperti bis atau kereta karena dianggap lebih murah dan tidak membuang-buang tenaga, hanya saja perlu merelakan banyak waktu untuk bisa mendapatkan tiket mudik.

Namun tidak sedikit pula masyarakat yang memilih pulang kampung memakai kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Keuntungannya adalah bisa berangkat kapan saja dan tidak perlu cemas kehabisan tiket, meskipun demikian sebelum berangkat pemudik diharapkan melakukan pengecekan terlebih dulu kepada kondisi kendaraannya apakah layak untuk digunakan atau tidak. Selain itu selama perjalanan juga harus mematuhi peraturan yang berlaku serta disarankan tidak membawa barang bawaan melebihi kapasitas agar lebih nyaman dan aman.

Selain itu tidak jarang pula para pemudik yang memilih melakukan mudik menggunakan mobil sewaan karena bisa menentukan jenis kendaraan seperti apa yang cocok untuk dipakai. Walaupun begitu bagi anda yang ingin mudik memakai mobil sewaan sebaiknya perhatikan beberapa hal penting agar tidak terjadi kendala selama perjalanan. Berikut tips memilih mobil sewaan untuk mudik :

  • Periksa ruang kabin

Yang pertama cek terlebih dulu fungsi di dalam ruang kabin seperti pedal utama, head unit, dan instrumen dashboard pastikan pada kondisi normal. Hindari memakai mobil yang sudah memiliki jarak kilometer sudah cukup banyak karena biasanya usia sebuah kendaraan juga menentukan kenyamanan di dalam interior.

  • Ban

Berikutnya cek kondisi keempat roda secara teliti. Jika kondisinya masih baru dan bukan ban vulkanisir maka mobil masih layak digunakan untuk jarak jauh, namun apabila sudah mulai aus, alur atau batik halus serta ada retakan-retakan di permukaan ban sebaiknya jangan di pilih.

  • Body

Cek bodi mobil sebelum memilih dan pastikan tidak ada tanda cacat, kalau perlu foto terlebih dulu mobil tersebut secara keseluruhan untuk membuktikan kalau kendaraan yang anda pilih tidak terdapat lecet sama sekali. Terkadang meskipun anda sudah mengeceknya dan merasa tidak ada yang rusak di bagian eksterior namun ketika dikembalikan dan di cek oleh si penyewa justru ada cacat. Tentu saja ini merugikan bagi anda karena mau tidak mau anda harus melakukan ganti rugi.

  • Lampu

Setelah memeriksa bodi lalu lanjutkan pada bagian lampu dan lakukan tes apakah semua penerangan bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Jangan lupa cek lampu jauh dan dekat serta lampu sein depa maupun belakang.

  • Mesin

Yang paling penting adalah kondisi mesin mobil sewaan tersebut. Sebaiknya anda periksa secara teliti dan kalau perlu bawa saudara atau mekanik bengkel handal untuk bisa melakukan pemeriksaan pada mesin tersebut.

  • Pelumas mobil

Pastikan saat anda memilih mobil semua pelumas seperti oli mesin, air aki, minyak rem, minyak kopling pembersih kaca hingga air radiator sudah terisi dengan penuh. Jika belum anda bisa meminta pemilik untuk menggantinya terlebih dulu karena itu adalah hak ada.

  • Wiper

Jangan lupa periksa kondisi wiper karena bisa sangat berguna sekali jika anda berkendara ketika hujan, tes terlebih dulu dan jika wiper tersebut macet sebaiknya minta untuk diperbaiki atau ada bisa memilih mobil sewaan yang lain.

  • AC mobil

Saat mudik di musim kemarau seperti ini tentu panas matahari akan sangat mengganggu pengemudi dan penumpangnya selama perjalanan. Untuk itu periksa terlebih dulu kondisi pendingin udara di dalam mobil dan pastikan masih berfungsi dengan baik tanpa menimbulkan tanda-tanda kerusakan seperti bau tidak sedap.

  • Lakukan Pengetesan

Terakhir yaitu lakukan sesi test drive untuk merasakan kondisi sebenarnya dari mobil tersebut. Mobil yang masih dalam kondisi bagus tentu lebih mudah dikendalikan dan tetap nyaman saat bermanuver, sebaliknya jika kemudi terasa berat serta kurang responsif dapat dipastikan mobil tersebut jarang dilakukan perawatan. Baca Juga, Tips Mudik Lebaran Naik City Car, Tips Mudik Lebaran Gunakan Mobil dan Tips Mengemudi Mobil Dengan Aman Saat Puasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here