Home Mobil Ini Penyebab Kelelahan Saat Mengemudi Mobil

Ini Penyebab Kelelahan Saat Mengemudi Mobil

1132
0

OTONITY.com – Penyebab Kelelahan Saat Mengendarai Mobil. Musim mudik lebaran memang menjadi sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, momen tersebut biasanya dimanfaatkan untuk pulang kampung sekaligus bertemu dengan para sanak keluarga. Bagi orang yang sudah sukses saat berada di kota besar biasanya lebih memilih untuk melakukan mudik memakai mobil pribadi karena selain lebih praktis juga bisa sambil bersantai menikmati perjalanan.

Meskipun musim mudik selalu dilakukan saat bulan puasa diharapkan para pengemudi selalu bisa menjaga kondisi tubuhnya agar tidak kelelahan. Sebab jika tubuh dalam kondisi tidak fit namun memaksa untuk tetap berkendara bisa saja terjadi kecelakaan yang justru merugikan diri sendiri. Rifat Sungkar pebalap nasional sekaligus pendiri Rifat Drive Labs memberikan beberapa tips yang berkaitan dengan mengemudi mobil. Salah satunya adalah penyebab mengapa pengemudi menjadi cepat lelah saat perjalanan, biasanya kelelahan mengakibatkan pengendara tidak lagi konsentrasi dan akhirnya sulit untuk mengendalikan kemudi. Selain itu lelah juga bisa menyebabkan mata cepat mengantuk sehingga tidak jarang kecelakaan pun sering terjadi di saat seperti ini. Beberapa faktor penyebab kelelahan menurut Rifat adalah :

  • Kesehatan menurun

Tidak dapat dipungkiri jika kondisi tubuh sedang tidak fit maka semangat pun juga hilang. Semakin parah kesehatan maka tenaga pun juga semakin hilang. Untuk itu sebelum berangkat mudik sebaiknya pastikan terlebih dulu bahwa anda tidak sedang mengalami gangguan kesehatan. Jika merasa tidak enak badan segera konsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter. Setelah kesehatan mulai membaik anda boleh melakukan mudik namun dengan syarat harus sering beristirahat atau setidaknya setiap 3 jam sekali agar kondisi tubuh kembali bugar.

  • Kurang tidur

Kurang tidur ternyata menjadi kendala yang paling sering sekali dilakukan oleh para pemudik. Biasanya karena terlalu bersemangat untuk segera pulang kampung pemudik bahkan rela untuk melakukan packing hingga larut malam. Namun sayangnya cara tersebut sangatlah tidak benar karena justru membuat mata menjadi berat ketika mengemudi. Padahal tubuh manusia memerlukan tidur kurang lebih 7 sampai 8 jam setiap harinya dan jika sampai kurang dari itu maka efeknya sangat tidak baik sekali. Bagi anda yang ingin mudik sebaiknya lakukan packing dua hari sebelum berangkat dan pastikan barang bawaan penting tidak ada yang tertinggal. Setelah itu satu hari sebelum berangkat anda bisa beristirahat dengan nyenyak.

  • Memaksa untuk tetap mengemudi

Mengemudi merupakan hal yang cukup melelahkan karena hampir seluruh bagian tubuh harus fokus selama perjalanan seperti mata, tangan dan kaki. namun banyak pemudik lebih memilih untuk tetap melanjutkan perjalanan meskipun tubuh sudah waktunya untuk beristirahat. Padahal cukup berhenti selama 20 menit setiap 3 jam sekali sudah membuat tubuh kembali fit sekaligus membuat mata menjadi lebih fresh kembali. Apalagi jika tubuh dalam keadaan berpuasa tentu sangat dianjurkan sekali untuk beristirahat. Pengemudi biasanya memilih untuk tetap melanjutkan perjalanan karena ingin cepat sampai tujuan dan tidak jarang mereka hanya berhenti ketika berbuka puasa saja.

Itulah beberapa penyebab mengapa tubuh menjadi cepat lelah saat berkendara, duduk terlalu lama di balik ruang kemudi tentu membuat tubuh menjadi jenuh dan tidak jarang membuat otot menjadi malas. Beristirahat sejenak di rest area pasti membuat tubuh kembali segar. Apalagi jika anda bersama keluarga juga untuk mengusir lelah bagi anak-anak. Mudik memang menjadi suat kegiatan yang sepertinya wajib dilakukan oleh masyarakat Indonesia, namun jika tidak mematuhi peraturan dan ketentuan bukan tidak mungkin rencana untuk bertemu keluarga justru berakhir tidak menyenangkan akibat kesalahan anda sendiri. Baca Juga, Posisi Tubuh Yang Benar Saat Mengemudi Mobil Menurut Rifat Sungkar dan Tips Mengatasi Mobil Mogok Karena Banjir Ala Rifat Sungkar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here