Home Jenis Mobil City Car Suzuki Bakal Stop Produksi Splash?

Suzuki Bakal Stop Produksi Splash?

2028
0

OTONITY.com – Mobil Suzuki Splash Berhenti Produksi. Dalam beberapa hari terakhir kabar mengenai diberhentikannya produksi Suzuki Ritz atau di Indonesia sendiri lebih dikenal dengan mana Splash oleh pabrik Maruti Suzuki India semakin santer terdengar. Berita terbaru yang dilansir Motorbeam menjelaskan bahwa saat ini produksi dari mobil tersebut di negara Bollywood hanya untuk memenuhi permintaan armada taksi saja dan tidak lagi dipergunakan untuk menyuplai konsumen umum.

Tentu saja dengan diberhentikannya produksi Suzuki Splash di India turut berdampak pada Indonesia karena hingga saat ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih mengimpor mobil kota tersebut langsung dan secara utuh dari India. Sementara itu Seiji Itayama selaku Automobile Marketing Managing Director SIS mengatakan pihaknya masih belum mendapatkan informasi secara pasti dari kabar itu. Namun jika berita tersebut benar maka kemungkinan besar Suzuki Splash yang ada di tanah air bakal discontinue terlebih dulu karena sudah tidak ada lagi pasokan dari negara pembuatnya.

Sebenarnya selain di India produksi Suzuki Splash juga pernah dilakukan Suzuki yang berada di Esztergom, Hongaria. Hanya saja unit di sana hanya untuk pasar Eropa saja dan bahkan mulai sejak tahun lalu produksi di negara tersebut telah dihentikan. Dengan demikian dapat dipastikan Suzuki Splash bakal hilang apabila tidak ada lagi yang memproduksi. Itayama menambahkan jika nantinya Suzuki Splash punah namun konsumen di tanah air akan tetap mendapatkan pelayanan seperti pada umumnya dan akan berlaku hingga 10 tahun mendatang.

harga spesifikasi suzuki splash terbaru 2015 indonesia

Sementara itu Makmur selaku 4W Marketing Planning Dealer Network Development Section Head SIS mengatakan dirinya juga belum mendapatkan informasi dan dalam waktu dekat ini pihaknya bakal cek langsung ke India untuk memastikan apakah kabar tersebut benar atau tidak. Makmur menambahkan sebenarnya penjualan Suzuki Splash di Indonesia cukup bagus dan selalu masuk menjadi penyumbang terbanyak bagi SIS dalam beberapa tahun terakhir. Dengan tubuhnya yang mungil serta memakai basis dari Suzuki Swift maka tidak mengherankan jika Suzuki Splash cukup tangguh digunakan di perkotaan.

Perlu anda ketahui Suzuki Indonesia sendiri selama ini selalu mengimpor Suzuki Splash dari India dengan jumlah sebanyak 6 ribu unit per tahun. Sedangkan menurut Davy J Tulian yang menjabat sebagai Deputy 4W Managing Director PT SIS mengatakan bahwa penghentian produksi di India tidak akan mengganggu penjualan Suzuki Splash yang ada di Indonesia karena sampai saat ini stoknya masih tersedia. Apalagi peminat mobil mungil tersebut di pasar tanah air masih tergolong tinggi, dirinya menambahkan ada banyak cara agar Suzuki Splash bisa tetap dijual di Indonesia seperti melakukan perakitan di dalam negeri. Sekedar informasi di tahun 2015 ini penjualan City Car tersebut mencapai 300 unit setiap bulannnya mengingat Suzuki Splash sendiri menjadi andalan bagi PT SIS selain Suzuki Celerio dan Suzuki Swift.

Sementara itu secara spesifikasi mesin Splash memang tidak terlalu besar yaitu hanya mengusung dapur pacu berkapasitas 1.200 cc dan di pasar Indonesia tersedia dalam dua varian transmisi yaitu otomatis serta manual. Meskipun tergolong kecil namun mobil ini sudah standar Euro 4 sehingga dapat dipastikan sangat ramah lingkungan. Sementara itu untuk urusan harga Suzuki Splash dibanderol mulai dari Rp 150 jutaan. Dengan harga yang cukup terjangkau tersebut Suzuki Indonesia lebih menyasar produk andalannya ini ke konsumen usia muda karena memiliki tampilan stylish serta didukung ruang interior nyaman sehingga cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti ke kampus atau jalan-jalan. Baca Juga, Harga Suzuki Splash Terbaru di Indonesia, Suzuki Celerio & Suzuki Swift GS Terbaru Meluncur di PRJ 2015.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here