Home Jenis Mobil City Car Suzuki Splash Terbaru Akan Dibuat di Indonesia?

Suzuki Splash Terbaru Akan Dibuat di Indonesia?

2022
0

OTONITY.com – Produksi Mobil Suzuki Splash 2015 Indonesia. Kabar mengenai diberhentikannya produksi Suzuki Splash di India memang cukup disayangkan sekali oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek resmi mobil Suzuki di pasar tanah air. Padahal selama ini SIS selalu mendatangkan Suzuki Splash dari Maruti India sehingga jika nantinya benar-benar tidak diproduksi maka secara otomatis city car tersebut bakal punah termasuk yang ada di Indonesia.

Meskipun demikian ternyata PT SIS berharap dan akan melakukan berbagai upaya agar mobil kecil tersebut bisa tetap dijual di Indonesia. Apalagi penjualan Suzuki Splash di tanah air tergolong tinggi dengan rata-rata 300 unit per bulan sehingga sangat disayangkan sekali jika nantinya sudah tidak lagi didistribusikan. Menurut pihak Suzuki Indonesia minat konsumen untuk mobil ini sangat tinggi karena memiliki bodi ramping dan mesin halus sehingga sangat nyaman digunakan untuk melalui kemacetan.

Sementara itu Davy J Tulian selaku head of 4W sales marketing & DND director PT SIS mengatakan kalau penjualan Suzuki Splash di Indonesia terus bagus bisa saja pihaknya membawa alat perakitan mobil tersebut dari India lalu kemudian memproduksinya sendiri di Indonesia. Jadi tidak menutup kemungkinan nantinya setelah dibuat di tanah air, city car ini memiliki harga lebih terjangkau.

Suzuki Splash Indonesia

Sekedar informasi di India sendiri Suzuki Splash kabarnya bakal berhenti diproduksi dan hanya melayani permintaan untuk armada taksi saja dan itu pun dalam jumlah sangat terbatas sedangkan untuk masyarakat umum sudah tidak lagi disediakan. Di pasar Bollywood mobil kecil tersebut memiliki nama Suzuki Ritz dan sudah cukup lama beredar di pasaran. Hanya saja sampai saat ini belum ada kabar jelas apa alasan dari pihak Suzuki India menghentikan produksi dari pesaing Hyundai i10 tersebut.

Sedangkan menurut Seiji Itayama yang menjabat sebagai Automobile Marketing Managing Director SIS hingga kini juga belum mengetahui apakah berita tersebut benar atau tidak. Untuk itulah pihaknya dalam waktu dekat ini akan mengecek langsung ke India guna mendapatkan informasi pastinya. Selain di India Suzuki Splash juga sempat diproduksi di Hungaria dan hanya untuk memenuhi permintaan di Eropa, namun sayangnya produksi di negara tersebut juga dihentikan.

Suzuki Splash sendiri termasuk kendaraan yang ramah lingkungan serta cukup hemat bahan bakar dengan dibekali mesin berkapasitas 1.200 cc yang dipadukan transmisi otomatis dan manual. Dari segi harga Suzuki Splash tergolong murah yaitu mulai Rp 150 jutaan, mungkin alasan ini pula yang membuat masyarakat Indonesia tertarik untuk memboyongnya. Namun sayangnya menurut Makmur selaku 4W Marketing Director SIS mengatakan stok Suzuki Splash di Indonesia hampir habis, walaupun demikian pihaknya bakal tetap memberikan pelayanan hingga 10 tahun ke depan.

Satu-satunya jalan keluar agar Suzuki Splash tetap hidup adalah dengan memproduksinya sendiri di Indonesia. Dengan demikian PT SIS tidak mengalami kesulitan untuk bisa memenuhi permintaan para konsumennya. Sebenarnya jika Splash tidak lagi dipasarkan di tanah air pihak Suzuki Indonesia masih memiliki dua tiga varian lain di kelas hatchback kota dengan banderol cukup terjangkau. Yang pertama adalah Suzuki Karimun Wagon R AGS, berada di segmen LCGC mobil ini mampu mendongkrak penjualan SIS di tengah kondisi pasar yang sedang lesu. Berikutnya ada New Suzuki Celerio yang baru saja mendapatkan penyegaran baru dan dibanderol dengan harga Rp 146 jutaan. Sedangkan hatchback lainnya adalah Suzuki Swift dengan tampilan lebih sporty dan dijual paling murah Rp 214 juta on the road Jakarta. Baca Juga, Suzuki Stop Produksi Splash Terbaru, Harga Suzuki Karimun Wagon R AGS 2015 Indonesia, Suzuki Celerio & Suzuki Swift GS Terbaru Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here