Home Mazda Mazda Belum Bawa Varian Diesel Ke Indonesia, Ini Alasannya

Mazda Belum Bawa Varian Diesel Ke Indonesia, Ini Alasannya

1292
0

OTONITY.com – Mobil Mazda Diesel Belum Masuk Indonesia. Hingga tahun 2015 ini ternyata PT Mazda Motor Indonesia (MMI) masih enggan untuk mendatangkan mobil dengan mesin diesel. Padahal para pesaingnya di pasar dalam negeri sudah banyak yang meluncurkan mobil barunya dengan dibekali mesin diesel. Selain itu para konsumen pun juga sudah mulai beralih untuk memakai mesin diesel meskipun secara harga memang perlu diakui jauh lebih mahal.

Astrid Ariani Wijaya selaku Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia mengatakan pihaknya masih mempertahankan varian mesin bensin dan hingga kini belum berniat untuk memboyong mobil diesel ke Indonesia. Selain itu dirinya juga menambahkan bahwa untuk pertimbangan regulasi terkait emisi gas buang yang dihasilkan oleh mesin diesel kurang begitu bagus jika dibandingkan dengan mesin bensin.

Tidak hanya itu saja masih menurut Astrid bahwa teknologi mesin diesel yang dimiliki oleh mobil Mazda harus memakai bahan bakar yang cocok dan tidak boleh dipakai dengan sembarangan BBM, apalagi jika melihat bahan bakar di Indonesia yang masih jauh dari kualitas standar sehingga sangat rawan sekali bagi kendaraan itu sendiri. Pihak Mazda sendiri harus kualifikasi Euro 4 yang tentunya menawarkan tingkat emisi lebih rendah.

Mazda CX-5 2015

Jika pengguna Mazda mesin diesel tidak merawat dengan baik dan mengisi bahan bakar sembarangan maka dampaknya mesin tidak akan bisa tahan lama dan hal terburuk adalah harus dilakukan perbaikan secara besar-besaran. Teknologi yang dimiliki oleh Mazda memang sudah cukup canggih namun menurut Astrid jika dimasukkan ke Indonesia sepertinya kurang cocok. Permasalahan lainnya adalah masyarakat Indonesia masih sulit untuk bisa beralih ke bahan bakar dengan oktan tinggi karena memiliki harga lebih mahal. Jika mobil Mazda mesin diesel diisi dengan bahan bakar kualitas rendah bisa dipastikan kerugian tidak hanya pada mobil itu sendiri namun juga bagi pemiliknya.

Salah satu mobil paling laris milik MMI pada tahun 2015 ini yaitu Mazda2 pun di Indonesia juga hanya tersedia varian bensin. Meskipun demikian mobil hatchback yang satu ini tetap diminati oleh konsumen tanah air dan terbukti sepanjang januari hingga Juni kemarin Mazda2 mampu menyumbang hingga 47 persen dari total keseluruhan penjualan Mazda Indonesia yang mencapai 4.806 unit.

Selain itu ada juga Mazda CX5 yang menjadi varian terlaris kedua dengan menyumbang sebanyak 32 persen. Tahun ini PT MMI menargetkan penjualan produknya bisa mencapai 10.000 unit dan meskipun pasar otomotif dalam negeri sedang mengalami keterpurukan namun pihak Mazda Indonesia tetap yakin bisa meraih target yang telah ditentukan.

Penjualan Mazda di awal semester kedua ini sepertinya bakal sedikit naik karena masyarakat mulai membeli mobil baru saat mendekati lebaran. Apalagi pada bulan Agustus mendatang PT MMI memastikan bakal mengikuti ajang pameran otomotif bertajuk Gakindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Seperti biasa pastinya Mazda bakal menampilkan berbagai produk andalannya guna menarik perhatian pengunjung lebih banyak untuk membelinya.

Hingga kini belum ada kabar model baru apa saja yang nantinya PT MMI perkenalkan pada GIIAS 2015. Sebenarnya dalam ajang ini pihak Mazda bisa saja menghadirkan mobil SUV terbaru mereka yaitu Mazda CX-3 jika pihak prinsipal pusat di Jepang mengijinkannya. Mazda CX-3 sendiri sudah mulai dipasarkan di beberapa negara dengan harga bervariasi tergantung dengan tipenya. Namun untuk Indonesia sepertinya baru bisa diluncurkan pada tahun 2016 mendatang karena harus ada beberapa hal yang perlu dipenuhi. Menariknya Mazda CX-3 di beberapa negara hanya tersedia mesin diesel dan bisa jadi varian tersebut pula yang nantinya turut dijual di Indonesia. Baca Juga, Mazda Indonesia Siapkan Low SUV Terbaru, New Mazda CX-3 Indonesia, Harga Mazda CX-5 dan Mazda6 2015 di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here